Kamis, 24 November 2016

Sejarah, Pengertian, Pendapat, Cara Kerja SSL







Foto oleh Pixabay dari Pexels - 

Sejarah

SSL merupakan salah satu metode enkripsi dalam komunikasi data yang dibuat oleh Netscape Communication Corporation.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam SSL Protocol Internet Draft (The SSL Protocol, Version 3.0 oleh ALAN O. FREIER dan PAUL C. KOCHER, bisa anda cek http://home.netscape.com/eng/ssl3/ssl-toc.html

Pengertian dan Pendapat

SSL adalah suatu protokol kriptografi menggunakan algoritma yang berbeda untuk mengimplementasikan keamanan menggunakan autentikasi dengan sertifikat, algoritma pertukaran kunci sesi, enkripsi dan memeriksa integritas.

Ini adalah protokol umum, sering digunakan untuk memastikan bahwa komunikasi antara www-server dan www-klien aman dan dienkripsi pada dasarnya protokol dikembangkan untuk membuat sambungan aman antar web server dan browser.

Cara Kerja

Teknologi SSL menggunakan konsep dan teknologi krifotografi kunci publik untuk bisa mencapai komunikasi yang aman ini antara server dan pengunjungnya.

Saat server dan pengakses saling bertukar data yang disamarkan dan untuk membacanya digunakan sandi dan kunci yang hanya dimiliki kedua pihak yang berkomunikasi tersebut, sehingga pihak lain yang mencoba menyadap data yang dikirim tersebut tidak akan bisa membacanya karena sandi dan kunci yang dibutuhkan tersebut hanya dimiliki oleh kedua pihak yang berkomunikasi tadi. 

Secara sederhana, komunikasi internet dengan SSL ini bisa dilihat dengan cara akses alamat URL-nya yang diawali dengan "https://" (misalnya https://www.namadomainanda.com), sedangkan yang tanpa SSL alamatnya hanya http biasa (misalnya http://www.namadomainanda.com)

*Sumber: Arief V.R.
Baca Juga :

Artikel Terkait