Sabtu, 04 Desember 2021

Pelayanan Farmasi Jangka Panjang : Hubungan Sosial dan Profesi







Photo by Adam NieÅ›cioruk on Unsplash - 

Perawatan telah lama didefinisikan sebagai berbagai layanan yang membahas kesehatan, perawatan pribadi, dan kebutuhan sosial individu yang membutuhkan bantuan dalam merawat diri mereka sendiri.

1. Keperawatan Rumahan atau Rumah Jompo
  • Struktur dan fungsi dari rumah jompo modern yang dipengaruhi oleh tindakan keamanan sosial dari tahun 1935 dan program Medicare dan Medicaid diberlakukan pada tahun 1960-an.
  • Rumah jompo saat ini memberikan lingkungan perawatan kesehatan tradisional institusi yang menggabungkan beberapa karakteristik rumah sakit serta orang-orang dari perawatan perumahan.
  • Perawatan pasien di rumah jompo terdiri dari perawatan pribadi (misalnya, kebersihan,olahraga pribadi, makan, dll).
  • Sehingga rumah jompo mempekerjakan staf teknis / dukungan lebih tanpa izin dari rumah sakit
  • Dimana rumah jompo menawarkan berbagai layanan kesehatan (misalnya, administrasi, farmasi, makanan, pekerja sosial, terapis fisik dan dokter profesional). Biasanya, dokter meresepkan pasien, perawatan khusus, dan perawat terdaftar (RNS) yang memimpin tim kesehatan rumah jompo dalam memberikan perawatan.
  • Apoteker berpartisipasi sebagai anggota tim perawatan dengan menyediakan sistem distribusi obat yang aman dan efektif serta berbagi tanggung jawab klinis dengan dokter untuk mencapai pharmacothherapeutic yang di inginkan.
  • Pasien panti jompo biasanya tidak mampu melengkapi pengobatan sendiri (dengan beberapa pengecualian) dan biasanya memiliki kelengkapan pengobatan oleh praktek perawat berlisensi (LPN) yang berfungsi di bawah pengawasan seorang RN. Obat biasanya diberikan dari unit dosis (UD) sistem dengan pelayanan farmasi tambahan yang diberikan oleh ahli farmasi
  • Sistem unit dosis dapat menjadi umum dengan karakteristik 24 jam - 30 hari, semua dijadwalkan secara rutin dan “sesuai kebutuhan” obat dipersiapkan dengan dosis tunggal atau dosis satuan.
  • Kontainer satuan dosis secara individual diberi label dengan nama obat, dosis, nomor lot, tanggal kadaluwarsa dan persyaratan penyimpanan khusus (biasanya disimpan di lemari pendingin atau kulkas) di dalamnya harus dilengkapi dengan obat / bahan tambahan lain (seperti jarum, jarum suntik, alkohol, perban, cangkir sekali pakai, dan teko air dll ). Setiap pasien mendapat catatan pemberian pengobatan (MAR).
  • Catatan pemberian obat adalah bagian permanen dari catatan medis pasien dan perawat mendokumentasikan administrasi dosis masing-masing. Catatan administrasi medis dapat digunakan sebagai dokumen penagihan untuk obat yang diberikan. Layanan apoteker konsultan mungkin banyak, yang terdiri sebagian dari dosis farmakokinetik, pasien dan pendidikan staf dan ulasan rejimen obat.
  • Apoteker diperlukan untuk menawarkan pasien diskusi tentang isu-isu farmakoterapi dianggap penting. Misalnya, nama obat, rute, dosis, frekuensi dosis, durasi terapi, teknik administrasi yang tepat, penanganan khusus dan tindakan pencegahan, tanda dan gejala efek samping, reaksi yang merugikan dan interaksi dengan obat lain dan makanan, dan tindakan untuk mengambil dalam hal kesalahan administrasi diri.
  • Untuk mencapai hal ini, apoteker harus menjaga (meminimalkan) data tertentu dalam catatan farmasi masing-masing pasien.misalnya, demografi spesifik pasien tersebut. Seperti nama, alamat, umur, suku, dan jenis kelamin, medis yang bersangkutan, riwayat pengobatan, komentar klinik yang bersangkutan.
2. Bantuan Hidup
  • Bantuan hidup berarti yang menawarkan fasilitas  kombinasi dari fasilitas rumah sakit swasta dan rumah jompo. Tempat tinggal individu dalam hidup dibantu biasanya memiliki sebuah kamar tidur privat, dan kamar mandi, makanan umum, area rekreasi.
  • Farmasi sering di panggil oleh pasien terkait mengulang obat dan informasi kepedulian kesehatan yang lain. Pada komunikasi khusus dengan pasien dan pengasuh mereka, farmasi menemukan kesalahan pengobatan, salah manajemen pengobatan, atau status kesehatan berubah kebutuhan farmakoterapi berubah. Ketika ini terjadi, farmasi mendiskusikan yang ditemukan dan merekomendasikan farmakoterapi dengan pasien atau dengan anggota tim peduli untuk memastikan kemungkinan terbaik yang berkaitan dengan terapi obat pasien.
3. Komunitas perawatan setelah pensiun
  • Komunitas perawatan setelah pensiun, pengaturan tempat tinggal yang relatif baru, menyediakan individu dengan perumahan memiliki kegiatan budaya dan rekreasi dapat diakses dengan mudah dan menarik serta perumahan permanen untuk makan pribadi, tidur, dan interaksi sosial, jenis ini masyarakat juga.
  • Dalam lingkungan ini, mungkin seseorang ingin melihat juga keseluruhan cakupan layanan farmasi seperti masyarakat menjalankan praktek dasar keperawatan termasuk sistem distribusi unit dosis obat. Terapi parentral dan konsultan pelayanan farmasi.
4. Perawatan kesehatan dirumah (rawat jalan)
  • Perawatan kesehatan dirumah dapat dianggap sebagai layanan yang diberikan kepada pasien yang berpenyakit kronis dan akut di tempat yang sudah ditentukan oleh dokter. Layanan kesehatan dirumah termasuk di dalamnya perawatan, pelayanan sosial, perawatan pribadi, pembantu kesehatan rumah, dukungan nutrisi, terapi wicara, terapi okupasi dan layanan pendukung kesehatan.
  • Sejak tahun 1965, sebagian besar (tetapi tidak semua) obat-obatan dan pelayanan farmasi yang dapat diganti melalui pembayaran pihak ketiga, misalnya: perusahaan asuransi dan dikelola organisasi kesehatan. Sudah banyak dilakukan yaitu sekitar sepuluh kali lipat dalam lembaga pelayanan kesehatan di rumah (HHCA) di U.S.A HHCSA memberikan pandangan terhadap pelayanan kesehatan di rumah terkait barang dan jasa, dari layanan bantuan pribadi untuk obat parenteral dan terapi oksigen. 
Faktor yang telah diusulkan untuk menjelaskan pertumbuhan ini :
  • Populasi yang sudah lanjut usia
  • Pemula, lebih bersahabat (pengguna) pada perlengkapan dan peralatan medis.
  • Bagi orang tua tunggal atau keluarga utuh mendapatkan upah (sehingga mengurangi kemungkinan kurang biaya sehingga setidaknya satu anggota keluarga ada yang bertanggung jawab di rumah untuk merawat sakit, atau anggota keluarga tinggal di rumah lain).
  • Inisiatif pengurangan atau penurunan biaya (terutama oleh rumah sakit dan asuransi kesehatan) yang dihasilkan rumah sakit pada awal melepaskan pasien yang membutuhkan pelayanan yang diinginkan lebih banyak dari pada sebelumnya.
  • Peningkatan keinginan pasien untuk menerima perawatan kesehatan di rumah bukan di kelembagaan.
  • Apoteker yang melakukan perawatan di rumah sering berkomunikasi dengan penyedia perawatan di rumah dan/atau pembantu pasien untuk mendiskusikan sejarah pengobatan, nutrisi yang diperoleh di rumah, potensial interaksi obat dengan obat dan obat dengan makanan, alergi, hasil terapi yang diinginkan dan obat-obatan yang bagus serta pelayanan yang diperlukan untuk mencapai hasil terapi. Untuk review lengkap dari apoteker dalam perawatan rumah disarankan membaca Panduan Apoteker Rumah Sakit Masyarakat Amerika.
5. Pelayanan Farmasi : Suatu Pandangan
  • Profesi farmasi selanjutnya ditantang dengan perubahan hebat dalam hal ekonomi, sosial, politik, teknologi dan lingkungan.  Perubahan tersebut, apakah dilihat dari prespektif makro atau mikro. Dicirikan secara bersamaan dan untuk berbagai tingkat intensitas; namun, ketika waktu habis maka dilihat lebih kritis, perubahan angka tersebut mungkin penjelasan terbaik sebagai bagian dari evolusi darurat sistem pelayanan kesehatan Amerika.
  • Pelayanan farmasi telah didefinisikan oleh Hepler dan Strand seperti : Penanggung jawab pengadaan terapi obat untuk mencapai hasil yang pasti bahwa meningkatkan kualitas hidup pasien. 
Meningkatkan kualitas hidup pasien  :
  1. Menyembuhkan penyakit
  2. Penghapusan atau pengurangan symtomatologi pasien
  3. Memperlambat proses penyakit 
  4. Mencegah suatu penyakit atau symtomatologi
Pelayanan farmasi melibatkan dimana seorang apoteker bekerjasama dengan pasien dan profesi lainnya dalam merancang, melaksanakan dan memantau rencana terapi yang akan menghasilkan terapi khusus pada pasien.

Pelayanan farmasi melibatkan 3 fungsi utama :
  1. Mengidentifikasi kemungkinan dan kebenaran masalah obat yang bersangkutan 
  2. Menyelesaikan masalah hubungan obat yang sebenarnya 
  3. Mencegah kemungkinan permasalahan obat yang terkait
Pelayanan farmasi adalah elemen penting dari perawatan kesehatan dan harus diintergrasikan dengan unsur- unsur lain namun disediakan untuk manfaat langsung dari pasien dan apoteker yang bertanggung jawab langsung kepada pasien untuk kualitas perawatan.

Pelayanan farmasi adalah komponen praktek farmasi yang dapat dilakukan oleh siapapun selain apoteker yang kompeten berkomitmen untuk membangun hubungan timbal balik dari kebenaran, kerahasiaan dan loyalitas dengan pasien yang membutuhkan farmakoterapi penuh melalui penerapan pengetahuan dan prinsip kemanusiaan.

Strand dan rekan menunjukkan bahwa apoteker melakukan urutan berikut dalam memberikan pelayanan farmasi :
  • Membangun hubungan antara apoteker dan pasien
  • Mengumpulkan, mensintesa, dan menginterpretasikan informasi terkait pasien secara relevan
  • Daftar dan peringkat obat terkait masalah pasien
  • Membangun hasil farmakoterapi yang diinginkan untuk setiap masalah terkait obat
  • Menentukan alternatif farmakoterapi yang layak
  • Memilih solusi farmakoterapi yang ideal dan individual regimen terapi
  • Merancang rencana pemantauan farmakoterapi
  • Melaksanakan individual rejimen dan monitoring rencana
  • Menindaklanjuti untuk mengukur keberhasilan
Smith dan rekan mengusulkan dasar fungsi umum apoteker untuk semua tingkat pelayanan farmasi :
  • Mengembangkan dan menggunakan profil pengobatan pasien.
  • Menafsirkan, pertanyaan, mengklarifikasi, memverifikasi, dan memvalidasi semua pesanan obat terkait.
  • Menyediakan sistem dispensing obat yang aman dan efisien.
  • Memantau terapi obat untuk keamanan, khasiat, dan hasil  klinis yang diinginkan datang.
  • Layar untuk alergi obat, interaksi obat-obat, interaksi obat-makanan dan penggunaan narkoba bersamaan.
  • Mendeteksi dan melaporkan alergi obat dan efek samping.
  • Merekomendasikan terapi obat awal atau alternatif.
  • Menanggapi permintaan informasi obat dari dokter, perawat dan pasien.
  • Mengajar penyedia perawatan kesehatan dan pasien tentang penggunaan narkoba.
  • Mendapatkan sejarah pengobatan dengan mewawancarai pasien.
  • Membantu dalam pemilihan obat dari bentuk pilihan dan dosis.
  • Melakukan evaluasi penggunaan narkoba untuk mengukur ketepatan penggunaan obat dan pencapaian theraupetic diinginkan keluar datang.
  • Menerapkan prinsip-prinsip farmasi untuk terapi obat yang dipilih.
Smith dan kawan-kawan juga mengatakan bahwa ada empat faktor yang mempengaruhi kebutuhan perawatan farmasi pasien dan hubungan apoteker-pasien :
  • Kondisi medis pasien (misalnya, diagnosis, penyakit akut, status fisiologis, respon terhadap penggunaan narkoba, jumlah dokter peduli).
  • Pasien menerima terapi obat (misalnya, semakin besar pasien menerima jumlah obat, semakin besar kebutuhan untuk keterlibatan langsung apoteker dalam farmakoterapi)
  • Tingkat tindakan yang diperlukan oleh apoteker
  • Hubungan interprofesional antara apoteker dan penyedia pelayanan kesehatan lainnya (misalnya, hubungan kolaboratif yang ideal)
Dalam memberikan pelayanan farmasi, apoteker, bersama-sama dengan anggota tim pelayanan kesehatan lainnya, menentukan pasien secara spesifik :

(1) THW tingkat perawatan yang tepat,
(2) proses yang harus diikuti,
(3) fungsi klinis untuk dipertunjukkan. Penerapan prinsip-prinsip tersebut ditunjukkan dalam kasus AAA, seorang pasien panti jompo.

Studi Kasus

Kasus AAA : Pelayanan Farmasi Dalam Aksi
  • AAA, berusia 100 tahun perempuan Caucasia dan penduduk XYZ. Fasilitas perawatan jangka panjang selama kurang lebih lima tahun, dirawat di fasilitasunit perawatan sub-akut telah mengalami kebingungan, disorientasi, mual dan muntah, diare, nyeri perut bagian bawah dan demam. Satu minggu sebelum kondisi tersebut dia terlihat dengan jelas, menulis surat kepada keluarganya, dengan bantuan ambulating, dan memiliki tanda-tanda vital berikut; Tekanan darah (BP) = 132/91, denyut nadi (P) = 68/menit (1-2 melewatkan denyut/menit, tingkat pernafasan (RR) = 19, suhu rektal (RT) = 99,3 of. Berat badannya sudah 102 -105 lbs.
  • Untuk tiga bulan terakhir, dan suara paru-parunya yang jelas. Selama pengakuan minggu sebelumnya masuk ke unit perawatan sub akut. Gejala tersebut secara bertahap muncul, sehingga meningkatkan keparahan selama ini. Dia mendapatkan banyak resep obat: digoxin 0,125 mg setiap pagi, hydrochlorothiazide 50 mg setiap pagi, KCL obat mujarab 20 mEq setiap pagi, flurazepam 15 mg sebelum tidur, dan ibuprofen 200 mg setiap 6 jam sekali ketika nyeri sendi.
1. Pemeriksaan dokter di unit sub-akut
  • Selama pemeriksaan, AAA mengeluh mual dan muntah sekitar 200 ml dari emesis hijau gelap diikuti dengan lembek, tinja berair sekitar 100 ml. Tercatat bahwa urin AAA selama 24 jam terakhir adalah sekitar 250 ml dan berwarna gelap kuning, penampilan berawan dan kuat, bau busuk.
  • Tinja tidak mengandung darah yang tersembunyi. Spesimen urin bersih diambil, dikirim ke laboratorium untuk di analisis, termasuk kulturdan sensitivitas. Satu-satunya dokter yang relevan telah menemukan 3+ bipedal edema dimana tidak pernah ada edema dua minggu sebelum masuk ke unit perawatan sub akut.
2. Radiografi dan laboratorium temuan

Studi radiografi abdomen mengungkapkan tidak ada penyakit yang jelas. Kultur darah dipasangkan diambil dan kemudian ditemukan negatif.

Tes kultur urin dan sensitivitas terbukti positif bagi spesies proteus.

Hasil sensitivitas awal dari kultur urin menunjukkan organisme peka terhadap ciprofloxacin. Tingkat digoxin serum ditarik dan ditemukan 2.2 mg/ml.

Proses Pelayanan Farmasi
  • Kondisi Pertama Pelayanan Farmasi : Membentuk Hubungan
  • Kondisi Kedua Pelayanan Farmasi : Mengumpulkan dan Menafsirkan Pasien-Terkait Informasi
  • Ketiga Peristiwa Perawatan Farmasi : Menentukan Masalah Obat-Terkait Aktual dan Potensial.
  • Keempat Peristiwa Farmasi Perawatan : Membentuk Hasil Diinginkan untuk Setiap Masalah Obat-Terkait.
  • Kelima Farmasi Perawatan:Tentukan farmakoterapi Alternatif Kemungkinan
  • Kondisi keenam pelayanan farmasi : Pilih dan memilih farmakoterapi individu.
  • Kondisi ketujuh pelayanan farmasi : Mengembangkan rencana untuk memantau terapi obat
  • Kondisi kedelapan pelayanan farmasi : Memulai terapi obat dan memulai pemantauannya
*Kelompok : Nurannisa Hasibuan, Cecilia Nova Wahyudiana, Kurniawati, Nurbaity Octaviana, Baiq Linda Lestari, Ayunita Utami, Nitya Wita Utama, Ayu Andira, Fahrummisa Abdullah, Siti Latihfah, Ikhsanty Triyunita, Ayu Febrianty Utami, Nindri Leni Marlina, Baiq Nala Adriyana, Lady F Manullang
Baca Juga :

Artikel Terkait