Sabtu, 11 Juli 2020

Apa itu Niche Marketing ? Serta Bedanya Pemasaran Offline dan Internet






Artikel I. Apa itu Niche Marketing?

Kata Niche/ ceruk/ spesialisasi didefinisikan sebagai: "Area permintaan khusus untuk suatu produk atau layanan".
Photo by Roman Kraft on Unsplash

Sedangkan pemasaran didefinisikan sebagai: "Kesempatan untuk membeli atau menjual". Jika Anda menyatukan keduanya, niche pemasaran berarti membeli atau menjual produk atau layanan di area permintaan khusus.

Semua yang benar-benar berarti adalah bahwa suatu produk atau layanan itu sedang dijual kepada orang-orang yang paling tertarik pada produk atau layanan tertentu dan tidak kepada dunia pada umumnya.

Seringkali bisnis besar menggunakan niche pemasaran. Misalnya, perusahaan yang membuat komputer dan aksesori komputer dapat mengiklankan mesin fotokopi / printer / pemindai all-in-one kepada pengguna komputer di rumah, sementara pada saat yang sama mereka juga mengiklankan mesin fungsi tunggal ke beberapa bisnis besar.

Salah satu hal yang membuat niche pemasaran begitu menarik bagi penjual adalah bahwa anggaran iklan mereka akan lebih terjangkau.

Lebih murah untuk beriklan di pasar khusus daripada beriklan di pasar yang lebih luas.

Pemasaran niche ini harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan unik dari konsumen yang ditargetkan.

Pemasar niche tertentu harus menyesuaikan produk mereka untuk memenuhi kebutuhan unik tersebut.

Misalnya, Anda telah mendesain produk untuk membuat perawatan anjing pudel cukup mudah bagi profesional yang tidak terlatih untuk melakukannya, mereka yang memiliki anjing pudel akan sangat tertarik dengan produk Anda.

Mereka yang memiliki Blood Hound atau kucing tidak akan peduli dengan produk itu. Jika Anda telah menulis di e-book yang akan menjelaskan cara memulai dan sukses di bisnis online, pastikan mereka yang mencari informasi itu adalah niche pasar Anda.

Tetapi bagi mereka yang telah senang melakukan pekerjaan harian mereka dan tidak ingin belajar bisnis online, maka akan tidak tertarik sama sekali dengan materi itu.

Pemasaran pada niche adalah cara yang sangat efektif dan hemat biaya untuk mengiklankan dan menjual produk atau layanan tertentu kepada khalayak tertentu, kepada pembeli produk atau kepada penyuka layanan itu.

Artikel II. Niche Pemasaran Offline vs. Niche Pemasaran Internet

Membandingkan niche pemasaran biasa dan niche pemasaran Internet sama dengan membandingkan apel dengan jeruk.

Maksudnya adalah bahwa Apel dan jeruk sama-sama buah. Niche pemasaran offline dan niche pemasaran Internet keduanya juga merupakan bentuk pemasaran berbasis Internet tetapi berbeda seperti apel dari jeruk.

Istilah niche pemasaran berarti menjual produk tertentu ke jenis pembeli tertentu. Ada niche toko yang jauh lebih kompetitif dibandingkan niche pemasaran Internet.

Sebagian besar niche pasar biasa juga lebih terbuka terhadap strategi pemasaran terbaru. Niche pasar kecil ini tidak penuh dengan senior dan orang-orang canggih dan jadi lebih mudah bagi pemasar pemula untuk beradaptasi.

Dengan niche pasar memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk Anda sendiri atau produk afiliasi dengan orang lain.

Ada niche pasar untuk barang apa pun dan segala sesuatu yang dapat Anda bayangkan. Yang diperlukan untuk masuk ke niche pasar adalah ide yang bagus, produk bagus yang dibuat oleh Anda atau orang lain yang akan menarik bagi orang-orang tertentu, serta beberapa iklan dan keinginan untuk sukses.

Tentang niche pemasaran Internet, di sisi lain, berarti bahwa Anda akan mempromosikan produk pemasaran dengan jaringan Internet Anda sendiri.

Ini adalah bidang usaha yang sangat padat dan sangat sulit untuk dimasuki. Dunia maya penuh dengan senior dan orang pintar yang telah lama bermain dan memenangkan permainan.

Ini tidak berarti bahwa tidak mungkin untuk melariskan dagangan dengan niche pemasaran lewat Internet ,karena tentu saja Anda bisa.

Pemasaran di Internet ini adalah dunia yang masih dibangun berdasarkan permintaan dan itu berarti bahwa jika Anda memiliki produk yang dapat bersaing dan jika Anda memiliki kemauan untuk bermain serius dengan orang-orang besar maka Anda dapat berhasil berjualan dengan niche yang dipasarkan di Internet.
Baca Juga :