Sabtu, 30 Mei 2020

Saat Ini, Penting Melindungi Komputer dari Peretas dan Tips Bantuan Komputer






Artikel I. Peradaban Masyarakat Saat Ini, Melindungi Komputer Sangat Penting

Kemajuan teknologi komputer saat ini adalah bagaikan pedang bermata dua.
Photo by Josh Hild on Unsplash

Di satu sisi, itu memberi kita akses cepat dan mudah ke berbagai kenyamanan seperti laporan bank, pusat perbelanjaan favorit, catatan sekolah dan kesehatan, dan banyak lagi.

Tetapi di sisi lain, itu juga dapat memberikan akses yang sama kepada mereka yang tidak seharusnya mendapatkannya.

Meskipun jarang terjadi, kasus peretasan telah menjadi gangguan kriminal terbesar dalam sejarah komputer.

Jangan menganggap sepele tentang itu. Tidak ada yang polos atau lucu tentang peretasan komputer.

Peretas yang hari ini kita bicarakan bukan pemberontak remaja berwajah pucat seperti yang mungkin Anda pikirkan.

Alih-alih, generasi peretas ini adalah individu yang lebih besar kemungkinannya mencari nafkah dengan mencuri identitas individu lain yang tidak bersalah dan patuh hukum.

Diikuti pula dengan menjual identitas tersebut kepada orang lain yang ingin membobol sebuah sistem.

Dan satu-satunya perlindungan terhadap orang-orang nakal seperti ini adalah melalui pencegahan.

Keamanan komputer tidak bisa lebih penting daripada hari ini dan itulah mengapa kami meluangkan waktu untuk memperkenalkannya kepada Anda.

Anda dapat mengurangi kemungkinan mengalami pencurian identitas dengan menjadikan komputer Anda sebagai anti hacker.

Yang diperlukan hanyalah perangkat lunak kecil dan kemauan untuk mencari informasi. Berikut beberapa langkah pencegahan:

1. Instal program anti-virus atau anti-spyware.

Perangkat lunak anti-virus atau anti-spyware akan menghentikan kode berbahaya yang dapat terunduh dan terinstal ke komputer Anda saat Anda menjelajah Internet.

Dikenal dengan sebutan virus, worm, atau spyware, beberapa kode berbahaya ini dapat menghancurkan file-file penting.

Serta yang lebih berbahaya lagi menjadikan komputer Anda hanya bisa untuk satu hal yaitu mengirim data sensitif kembali ke server pencuri identitas.

2. Jangan menyimpan data sensitif di komputer Anda berlama-lama.

Jika komputer Anda terinfeksi virus, worm, atau sepotong spyware, Anda dapat menggagalkan orang-orang yang bertanggung jawab itu dengan tidak menyimpan informasi pribadi Anda di PC.

Sehingga ketika itu terjadi dan jika komputer Anda mengirim kembali data tersebut, maka itu tidak akan menjadi sesuatu yang berharga.

Peretas mencari hal-hal seperti nama lengkap, nomor jaminan sosial, nomor telepon, alamat rumah, informasi terkait pekerjaan, dan nomor kartu kredit.

Jika hal-hal ini tidak disimpan ke komputer, tidak ada yang perlu dikhawatirkan selain mengembalikan komputer Anda ke kondisi bersih dari virus.

3. Jangan membuka file tanpa memindai file tersebut dengan program anti-virus atau anti-spyware. Di masa lalu, peringatan itu untuk menghindari membuka file dari orang yang tidak Anda kenal.

Saat ini benar-benar tidak aman untuk membuka file dari siapa pun tanpa memindai terlebih dahulu karena itulah cara penyebaran virus, melalui file bahkan secara tidak sengaja.

Jadi, meskipun rekan kerja Anda mungkin telah mengirim video lucu melalui email, itu tidak lebih aman untuk dibuka daripada video yang diunduh dari orang asing.

Aman dan pindai setiap file yang Anda unduh dari Internet atau terima melalui email terlepas dari mana asalnya.

4. Buat penghalang antara komputer Anda dan si pemata-mata. Program anti-virus atau anti-spyware hanya efektif setelah efek terjadi atau setelah ada virus maduk.

Tetapi sebelumnya, Anda dapat mencegah pencurian identitas dengan menginstal firewall.

Firewall adalah perangkat lunak yang memeriksa semua data yang masuk dan keluar dari komputer dan kemudian memblokir apa yang tidak memenuhi kriteria keamanan tertentu atau aturan yang ditentukan pengguna. (Sumber: Hak Cipta (c) 1996-1998 Mecklermedia Corp.)

5. Jangan klik tautan situs web dalam pesan spam atau sampah. Dalam upaya mendapatkan informasi pribadi, beberapa pengirim spam akan mengirim email yang meminta Anda mengklik tautan.

Pesan email sering disamarkan sebagai pesan penting dari perusahaan online terkenal dan mereka sering mencoba menakut-nakuti pembacanya untuk mengklik tautan dengan ancaman penutupan akun.

Terkadang tautan tersebut tidak berbahaya dan berupaya membuat pembaca mau secara sukarela memberikan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit.

Akibatnya, di lain waktu tautan tersebut mencoba mengunduh perangkat lunak berbahaya ke komputer Anda.

Perlindungan terbaik Anda terhadap kejahatan komputer adalah pengetahuan Anda sendiri.

Semoga saran di atas akan mendorong Anda untuk mengambil tindakan yang sesuai dan melindungi komputer Anda dengan alat yang disarankan.

Selain membentengi komputer, perlu juga membentengi Smartphone Anda walaupun caranya berbeda namun penting.

Salah satunya dengan hati-hati jika Anda menginstal aplikasi keuangan seperti MBanking, investasi online, aplikasi jual beli online dan aplikasi lain yang bisa menyimpan saldo dalam bentuk uang digital seperti GoPay, OVO, TCash dan sebagainya.

Karena, perangkat ini sangat rentan dalam hal kehilangan, terjatuh, tertinggal dan sebagainya.

Jadi, disarankan untuk tidak menginstal aplikasi tersebut atau Anda harus ekstra hati-hati menjaga Smartphone Anda jangan sampai orang yang tidak bertanggungjawab menggunakannya.

Jika terjadi kehilangan Smartphone, untuk pengguna aplikasi MBanking sesegera mungkin kurang dari 24 jam melapor ke pihak bank untuk menutup akses MBanking di HP tersebut.

Bagi yang kehilangan Smartphone yang punya aplikasi bersaldo di investasi online, jual beli online, GoPay, OVO dan sebagainya itu segera untuk mengaksesnya melalui browser komputer/PC lalu mengganti password atau menarik seluruh saldo Anda di dalam aplikasi ke Rekening Bank Anda.

Dengan melakukan itu, Anda tidak hanya akan melindungi diri sendiri, Anda akan mencegah penyebaran aktivitas jahat ini dan melindungi orang lain pada saat yang sama.

Artikel II. Bantuan Sistem Komputer. Di mana dan Bagaimana Mendapatkannya?
Photo by John Schnobrich on Unsplash

Yah, tidak dapat disangkal lagi, tidak peduli seberapa baru atau seberapa baik komputer kita dirawat, kita semua akan menghadapi masalah pada komputer cepat atau lambat.

Berita baiknya adalah kita tidak harus menghadapi mereka sendirian.

Ada satu ton sumber daya yang tersedia untuk menuntun kita melalui masalah komputer, tetapi mungkin perlu sedikit pengetahuan untuk mengetahui cara mengaksesnya.

Artikel ini akan mencoba menunjukkan caranya kepada Anda:

1. Ingat program bantuan dasar di komputer.

Ini sering diabaikan dan orang-orang tampaknya lupa bahwa setiap komputer dan setiap program yang diinstal pada komputer dilengkapi dengan file bantuannya sendiri tetapi dengan bahasa yang formal.

Kendala lain dalam sistem bantuan pada komputer atau program biasanya hanya mendukung beberapa bahasa terutama bahasa inggris yang mungkin bagi pengguna di Indonesia akan kesulitan untuk menerjemahkannya dan mencari sumber bantuan lain seperti di internet.

Tetapi sistem operasi komputer memiliki file bantuan dan itu benar-benar harus menjadi tempat pertama untuk mencari jawaban bagi mereka yang mengerti.

File bantuan dirancang tidak hanya untuk memandu penggunaan komputer, tetapi juga dirancang untuk memecahkan masalah.

Di dalam file bantuan, cari fasilitas yang disebut sebagai pemecahan masalah atau yang serupa ketika Anda perlu menyelesaikan masalah.

Bagian ini dicadangkan untuk menyelesaikan masalah khusus untuk perangkat lunak atau perangkat keras yang Anda gunakan.

2. Bantuan di situs web produk.

Jika Anda mengalami masalah dengan perangkat lunak atau bagian perangkat keras, coba situs web produsen perangkat lunak atau perangkat keras itu.

Sebagian besar dan jika tidak semua, pabrikan mencadangkan sebagian dari dunia maya dan mendedikasikannya untuk mendukung produk yang mereka bangun.

Help desk Microsoft adalah contoh yang baik.

3. Situs penggemar.

Situs penggemar mungkin bukan nama yang bagus untuk sumber daya ini, tetapi Anda dapat menemukan situs web yang didedikasikan untuk mendukung pengguna program perangkat lunak tertentu atau perangkat keras.

Kami menyebutnya sebagai situs penggemar karena pengelola situs ini tidak memiliki afiliasi dengan produsen yang mereka dukung tetapi suka memberikan informasi mengenai program komputer tersebut!

Sebut mereka apa yang Anda mau, tetapi bantuan gratis mereka tidak dapat diukur baik atau tidaknya, maka dari itu kami tidak akan memiliki beberapa pendapat luar biasa namun Anda bisa mencobanya.

4. Gunakan newsgroup atau forum.

Sumber daya lain yang kurang dimanfaatkan oleh pengguna komputer di Internet, newsgroup Usenet memiliki ratusan kelompok diskusi yang didedikasikan untuk beberapa sistem komputer yang paling populer, sistem operasi, pabrik perangkat keras, dan program perangkat lunak individual.

Terkadang, perwakilan dari perusahaan-perusahaan ini berpartisipasi di dalamnya, tetapi sebagian besar waktu dukungan dalam grup ini adalah antar pengguna ke pengguna lain yang sama validnya karena Anda bekerja dengan tim orang yang berpengalaman.

5. Panggilan Bantuan.

Sumber bantuan lain yang tidak boleh kita lupakan adalah sistem dukungan dari berbagai produsen.

Anda dapat mencapai sistem ini dengan menghubungi nomor telepon yang terkait dengan produk yang bermasalah.

Panggilan itu mungkin gratis (nomor 1-800 atau 1-877), atau mungkin dikenakan biaya yang kecil (1-900).

6. Grup pendukung PC atau grup pengguna adalah pilihan lain untuk bantuan.

Ini adalah grup yang bertemu di perpustakaan, toko komputer, atau area lokal lainnya baik di dunia nyata ataupun di media sosial dan mereka membahas segala macam masalah yang berkaitan dengan produk tertentu.

Bahkan jika Anda tidak mengalami masalah komputer atau perangkat lunak, kelompok pengguna senang untuk berpartisipasi dan mereka dapat membantu Anda berjejaring dengan minat lain seperti peluang pekerjaan atau mengajar.

7. Anehnya, Anda bahkan bisa saja mendapatkan uluran tangan dari tenaga penjualan di toko komputer lokal Anda.

Kami tidak menyarankan Anda menjadikan ini langkah pertama Anda saat Anda mengalami masalah, tetapi kami tidak menyarankan Anda mengesampingkan opsi ini juga.

Penjual komputer disewa karena suatu alasan dan itulah pengetahuan mereka.

Seringkali, orang-orang baik ini dapat membantu Anda menyelesaikan masalah melalui telepon dan mencegah Anda harus membeli solusi yang mahal.

Seperti yang Anda lihat, bantuan mudah ditemukan dan Anda baru saja tahu di mana mencarinya.

Apalagi jika Anda berteman dengan orang yang berlatar belakang ilmu komputer yang dengan itu Anda bisa meminta bantuan dengannya tanpa harus membayar mahal atau membayar hanya dengan makan atau minuman untuk menghargai usahanya.

Sebagian besar kontak dalam sumber daya ini sangat ramah dan bersedia meluangkan waktu untuk memandu Anda melalui masalah dengan sedikit atau tanpa biaya.

Dari grup diskusi online hingga file di komputer Anda sendiri, bantuan seringkali hanya dengan sekali klik, mudah bukan.
Baca Juga :