Minggu, 31 Mei 2020

Apa dan Mengapa Harus Membeli Komputer Baru dan Alternatif Selain Menjual yang Lama






Artikel I. Tips Saat Membeli Komputer, Apa yang Harus Dilakukan dan Mengapa ?

Walaupun ini tidak adil, tetapi membeli komputer jelas lebih mudah bagi sebagian orang dan sebagian orang lain menganggap sangat sulit.
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Mereka yang telah membeli dan menggunakan komputer di masa lalu sudah memiliki gagasan tentang apa yang mereka butuhkan di komputer baru.

Tetapi mereka yang baru mengenal dunia komputer bisa tersesat dalam segudang pilihan yang tersedia.

Jawaban singkat untuk pertanyaan Komputer apa yang harus saya beli? Yaitu yang terbaik. Tentu saja jawaban itu sangat subyektif karena yang terbaik untuk satu orang tentu berbeda dengan yang lain.

Definisi kami tentang yang terbaik adalah yang tercepat dan terbesar memorinya, tetapi bahkan itu membuat pemula komputer menjadi tambah bingung.

Berikut ini ikhtisar singkat tentang apa yang harus dilakukan pemula komputer dan mengapa membelinya:

1. Beli komputer yang menyertakan periferal atau perangkat dasar.

Setiap komputer dapat dibagi menjadi 4 komponen utama: unit CPU, monitor, keyboard, dan mouse.

Untuk pemula, yang terbaik membeli komputer yang memiliki semua komponen ini sehingga ketika dibawa pulang.

Jadi, hanya tinggal merakit komputer yang menjadi masalah sederhana memasukkan barang-barang di tempat mereka berada.

Pembelian secara terpisah dari komponen-komponen ini hanya untuk mereka yang memiliki lebih banyak pengalaman.

2. Putuskan untuk apa Anda akan menggunakan komputer.

Jika Anda ingin menggunakan komputer Anda untuk menjelajahi web, mengirim email, atau melakukan tugas pengolah kata dan angka sederhana, komputer dengan komponen dasar yang baru saja kami jelaskan sudah cukup.

Jika Anda ingin menggunakan komputer untuk membantu berkarir di bidang multimedia, Anda harus melengkapi peralatan Anda dengan pemindai, printer, kamera digital, tablet, atau kamera digital misalnya.

Jika Anda ingin komputer membantu berkarir di bidang musik, Anda membutuhkan mikrofon dan set speaker yang berkualitas.

3. Buat daftar anggaran dan patuhi itu.

Pertanyaannya, berapa banyak yang bisa Anda keluarkan untuk komputer baru?

Meskipun harga komputer sedang menurun karena harga bersaing, pembelian komputer masih dapat membuat beban yang besar terutama jika Anda membutuhkan perangkat tambahan yang dijelaskan di atas.

Selain itu, Anda harus memperhitungkan biaya untuk perawatan, servis, perlengkapan lainnya dan mungkin ingin mengasuransikan.

4. Mulai perbandingan belanja dan cari komputer yang tercepat dan terbesar.

Yang dimaksud dengan tercepat dan terbesar, adalah komputer dengan prosesor tercepat, modem tercepat, memori terbesar, dan kapasitas hard drive terbesar.

Bahkan jika Anda berpikir bahwa Anda tidak akan pernah membutuhkan jumlah kecepatan atau ruang yang tersedia di pasaran saat ini, namun sangat penting untuk memiliki jika Anda benar-benar membutuhkan sebanyak itu di masa depan.

Memiliki cadangan sebesar itu akan mengurangi biaya ketika saatnya tiba untuk meningkatkan lebih dari apa yang mungkin Anda setujui di komputer yang menawarkan lebih sedikit performa.

5. Tetap dengan merek yang lebih terkenal.

Berkeliaran di jalur lain dengan merek-merek yang kurang dikenal adalah sebuah petualangan bagi mereka yang memiliki lebih banyak pengalaman dengan komputer.

Meskipun merek yang lebih terkenal itu mungkin sedikit lebih mahal, pemula komputer akan menghargai kenyamanan dalam membeli komputer dari bisnis yang memiliki catatan panjang dalam membangun produk yang berkualitas.

Ditambah lagi bagi yang memiliki fasilitas untuk memenuhi pengembalian, memperdagangkan kembali, servis, dan garansi.

6. Jangan lupa pilih-pilih toko.

Setelah memiliki gagasan tentang apa yang Anda inginkan ada di komputer dan komputer seperti apa yang Anda butuhkan.

Lalu satu-satunya tugas Anda yang tersisa adalah memilih tempat yang bagus di mana Anda ingin membelinya.

Ada sejumlah tempat yang tersedia termasuk outlet toko komputer, toko online, situs lelang, toko komputer bekas, atau penjualan halaman ramah lingkungan Anda.

Untuk pemula komputer, kami sarankan membeli komputer dari toko fisik. Di toko fisik, Anda memiliki kesempatan untuk melihat komputer yang menarik secara langsung dan mengajukan pertanyaan.

Pembeli komputer baru juga memiliki akses ke garansi toko, pengembalian, perdagangan kembali, dan layanan.

Saran-saran ini akan memberikan pemula komputer yang baik dalam memilih komputer yang berkualitas untuk pertama kalinya dan saran tersebut berlaku untuk komputer Windows atau komputer Apple Macintosh.

Setelah membuat keputusan ini dan akhirnya memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda kemudian dapat menjelajah ke dunia perangkat lunak yang menarik atau dunia yang sama megahnya dengan dunia perangkat keras!

Artikel II. Alternatif  Selain Harus Menjual Komputer Lama Anda
Photo by Stefan Nikolovski on Unsplash

Pada titik tertentu, kebutuhan Anda akan melebihi kemampuan komputer Anda. Anda mungkin menemukan diri Anda membutuhkan lebih banyak ruang hard drive untuk semua video, mp3 dan aplikasi yang Anda unduh.

Atau mungkin bahasa pemrograman baru yang keren yang ingin Anda coba membutuhkan lebih banyak memori daripada yang dimiliki komputer Anda saat ini.

Kecuali jika aktivitas di komputer Anda terbatas pada output tekstual murni atau mengolah file teks biasa, komputer Anda akan dipenuhi dengan banyak hal - hal yang dapat memenuhi kapasitas PC terlalu banyak sehingga komputer tidak dapat berfungsi dengan baik lagi.

Masalahnya adalah bahwa sementara memutakhirkan komputer selalu menjadi pilihan, teknologi berkembang begitu cepat sehingga produk-produk baru seperti chip memori, drive baru, dll.

Aplikasi dan sistem yang baru tidak selalu kompatibel dengan mesin yang mereka miliki. Ini adalah kejadian umum ketika perangkat keras yang lebih baru memerlukan pemrograman sistem operasi yang lebih baru.

Tentu, seseorang dapat meningkatkan sistem operasi untuk mengakomodasi tuntutan perangkat keras baru, tetapi masalah dimulai ketika sistem operasi baru itu membutuhkan perangkat keras baru sebagai imbalannya.

Jika kita tidak hati-hati, kita bisa mengganti hampir setiap bagian yang sulit dan perangkat lunak dari komputer yang kita miliki dalam upaya untuk ditingkatkan!

Upgrade dengan cara ini tidak hanya salah untuk melakukannya, namun cara itu juga mahal lebih mahal daripada hanya membeli komputer baru.

Tapi begitu keputusan untuk membeli komputer sudah pasti, apa yang bisa dilakukan dengan yang lama?

Ada alternatif untuk menjual komputer lama Anda dan artikel ini akan memperkenalkan beberapa di antaranya:

1. Alternatif untuk memberikan kepada anak-anak.

Ini tentu saja, dengan asumsi anak-anak terlalu muda untuk mengeluh tentang tidak memiliki cukup Memori RAM atau hard drive dengan kapasitas 500 GB.

Komputer lama saat ini sangat mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna PC usia muda dan mereka adalah mesin yang sangat baik untuk memutar CD pendidikan, file multimedia kecil, atau game yang diunduh dari Internet.

Dan jangan lupa peran paling penting yang mereka mainkan dalam kehidupan sehari-hari anak: CD ensiklopedia sederhana pada komputer bekas membuat alat penelitian yang sangat baik.

Itu belum lagi komputer memiliki kalkulator yang agak mewah!.

2. Donasikan kepada anggota keluarga yang kurang beruntung atau kurang melek teknologi.

Kami sering bercanda di kantor tentang seorang nenek yang menolak menggunakan komputer sampai ia mampu membeli yang terbaru.

Kemungkinannya, Nenek tidak akan pernah mengeluarkan uang untuk membeli komputer terbaru di pasaran, padahal dia tidak akan tahu cara menggunakannya begitu dia mendapatkannya.

Namun apa yang Nenek tidak sadari adalah bahwa komputer bekas adalah alat pelatihan yang sangat baik yang dapat ia gunakan untuk mempersiapkan diri untuk sesuatu yang lebih baik di masa depan.

Kami selalu berkata, "Ini lebih baik untuk mengacaukan sesuatu pada mesin bekas, daripada mengacaukan semuanya pada yang baru!"

Beberapa kesalahan pada mesin bekas yang lama lebih mudah diperbaiki karena seseorang akan memiliki pengalaman dan pengetahuan untuk memperbaikinya.

Namun kesalahan pada mesin baru bisa menjadikan kita emosional untuk memperbaikinya karena kita semua harus mengetuk pintu Microsoft untuk bertanya mencari jawaban.

3. Ubah mesin menjadi area penyimpanan.

Sebagai alternatif lain daripada menjual mesin itu, kami menyarankan agar orang memutuskan sambungannya dari Internet dan menggunakannya untuk menyimpan dokumen, catatan, atau file pribadi.

Dengan cara ini, data pribadi seperti laporan bank, tanda terima toko, catatan kesehatan dan lainnya dilindungi dari virus atau peretas, sementara mesin yang lebih baru digunakan untuk menjelajahi internet.

Seperti yang Anda lihat, komputer lama masih melayani tujuan baik untuk Anda atau orang lain. Dan meskipun menjual komputer lama selalu menjadi pilihan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan komputer lama.

Yang diperlukan hanyalah pemikiran yang luas tentang solusi yang harus dilakukan dan menjadi penerima yang bersyukur, kecuali Anda memang sedang membutuhkan uang atau dalam keterpaksaan.
Baca Juga :