Sabtu, 30 Mei 2020

Rahasia Menjaga Anggaran Keluarga Tetap Stabil dan Tidak Membuat Stres

Tags









Artikel I. Inilah Rahasia Menjaga Anggaran Keluarga Tetap Stabil

Tingginya biaya hidup dalam masyarakat saat ini di mana pun Anda berada telah menjadikan sistem penganggaran sebagai prioritas di antara keluarga.
Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Dalam dunia inflasi saat ini, tidak ada yang lebih penting daripada mengetahui bagaimana cara bijak membelanjakan sedikit penghasilan yang Anda dapatkan.

Masalah keuangan biasanya muncul karena kurangnya keterampilan dalam penganggaran yang tepat, atau kegagalan untuk mempertahankan anggaran yang diusulkan.

Tidak peduli berapa banyak penghasilan yang Anda miliki, tetap penting untuk melacak aset dan liabilitas Anda, pendapatan dan pengeluaran Anda.

Ini ironis tetapi orang yang menghasilkan puluhan juta rupiah akan memiliki masalah yang sama dengan orang yang berpenghasilan jutaan rupiah.

Paling sering, diberbagai jenis orang yang dengan tingkat pendapatan yang beragam semuanya memiliki masalah penganggaran.

Orang lain yang mungkin telah berhasil membuat anggaran, biasanya gagal untuk tetap dalam anggaran tersebut karena banyak faktor dan kendala.

Anggaran mengacu pada rencana keuangan, dengan mempertimbangkan sumber daya moneter yang masuk dan keluar.

Anggaran yang baik tidak hanya berarti keseimbangan atau pemerataan antara pendapatan dan pengeluaran. Ini juga berarti biaya yang lebih rendah dan membuat penyisihan untuk ditabung.

Jika Anda menghasilkan Rp 14 juta per bulan, Anda harus memetakan semua biaya yang diperlukan yang harus Anda keluarkan selama sebulan seperti pembayaran rumah, makanan, dan transportasi Anda.

Tentu saja ini dengan anggapan bahwa kewajiban pajak Anda telah diselesaikan. Apa yang tersisa setelah Anda mengurangi total pengeluaran dari penghasilan Anda adalah termasuk tabungan Anda.

Apa yang Anda lakukan dengan tabungan Anda akan membuat perbedaan di kemudian hari, apalagi ketika kebutuhan di masa depan muncul.

Anda dapat memilih untuk menyimpan simpanan Anda di celengan atau menempatkannya di bank di mana ada tingkat bunga minimum tetapi setidaknya uang Anda aman dari Anda dan dari pencuri.

Dengan penghematan yang lebih besar, Anda bisa mendapatkan layanan penasihat keuangan yang dapat memberi Anda opsi investasi dengan hasil lebih tinggi

Berikut adalah tips untuk memastikan bahwa Anda tetap dalam anggaran keluarga:

1. Simpan buku catatan di mana Anda dapat melihat daftar akun pendapatan dan pengeluaran Anda pada jadwal mingguan atau bulanan.

2. Beli bahan makanan Anda secara sekaligus. Untuk melakukan ini, buatlah daftar semua hal yang Anda perlukan untuk periode target Anda dan membelinya sekaligus.

Terkadang, ada diskon jika Anda membeli selusin bahan, jadi manfaatkan ini.

3. Hindari pergi ke supermarket dan toko-toko jika Anda tidak perlu membeli barang-barang yang diperlukan.

Ini akan membuat Anda tidak melakukan pembelian yang tidak perlu dan mencegah Anda menyimpang dari daftar anggaran Anda.

4. Berpikir dua kali sebelum Anda membeli sesuatu. Dengan melakukan ini, Anda akan menyadari bahwa itu bukan benar-benar suatu keharusan tetapi kemauan.

Artikel II. Jangan Terlalu Khawatir dalam Membuat Anggaran Keluarga

Bagi sebagian orang, gagasan tentang membuat anggaran seringkali meragukan.

Sangat frustasi melihat betapa sulitnya membuat dan memberlakukan anggaran serta menyadari bahwa dengan satu pembelian yang salah, Anda sebenarnya dapat merusak semuanya.

Dan ini telah menjadi faktor yang membuat sakit kepala abadi bagi kebanyakan ibu rumah tangga.

Sudah saatnya untuk merombak cara orang memandang penganggaran.

Ini sebenarnya bisa menjadi cara yang bagus untuk melacak pengeluaran keluarga Anda dan membantu Anda mengevaluasi hal-hal yang menghabiskan sebagian besar penghasilan keluarga Anda.

Apa itu penganggaran?

Penganggaran adalah alat untuk menangani keuangan Anda dengan mengendalikan pengeluaran keluarga sedemikian rupa sehingga uang cukup untuk membayar tagihan.

Tetapi tetap memastikan bahwa tabungan disisihkan untuk pengeluaran di masa depan contohnya liburan, pendidikan anak-anak, atau bahkan untuk pensiun.

Cobalah langkah-langkah sederhana ini dalam menyiapkan anggaran keluarga yang tidak membuat resah dan lihat manfaat dari pengeluaran cerdas.

1. Kumpulkan perincian gaji selama 3 bulan dan dapatkan hitungan penghasilan bulanan rata-rata.

2. Lalu, sisihkan penghasilan selama 3 bulan untuk kebutuhan tagihan bulanan Anda. Lakukan ini untuk pengeluaran tetap seperti sewa, tagihan telepon, pembayaran mobil, dan pinjaman lain yang datang setiap bulan.

Tambahkan mereka dan dapatkan rata-rata. Lakukan hal yang sama untuk pengeluaran lain seperti bahan makanan, dan tagihan kartu kredit.

3. Evaluasi hasil perhitungan Anda.

Dengan melihat penghasilan bulanan rata-rata Anda terhadap pengeluaran tetap bulanan dan pengeluaran bulanan lainnya, lalu pikirkan beberapa cara untuk menghemat.

Jangan lupa untuk mengurangi beberapa item yang entah bagaimana itu seperti tidak perlu.

4. Mengetahui fakta-fakta penghasilan dan pengeluaran Anda, mulailah untuk membuat anggaran keluarga dan cobalah untuk tetap berpegang pada anggaran bulanan ini.

5. Sekarang Anda memiliki anggaran bulanan, buatlah rekening tabungan. Secara rutin lakukan setoran dana tabungan ke akun ini.

6. Pantau anggaran keluarga bulanan ini hanya untuk melihat apakah itu sesuai untuk Anda. Cobalah untuk menyempurnakan bagian yang keliru dari anggaran ini saat Anda melanjutkan.

7. Jika Anda bisa mendapatkan perangkat lunak penganggaran pribadi atau aplikasi spreadsheet untuk mencatat anggaran Anda, itu akan semakin baik.

Alat bantu ini akan membuat mengatur pengeluaran Anda menjadi sangat mudah.

Cara di atas itu adalah langkah dasar dalam mengembangkan dan menerapkan anggaran keluarga yang tidak bikin resah serta mudah dipatuhi.

Tentu saja setiap keluarga memiliki beragam kebutuhan dan keinginan. Anda memiliki kebebasan untuk mengembangkan anggaran keluarga bulanan Anda sendiri, tergantung pada latar belakang dan kebutuhan keuangan keluarga Anda.

Tidak peduli bagaimana Anda melakukannya, fokus saja pada hasil akhirnya yaitu membangun tabungan yang mengarah ke masa depan yang cerah dan stabil secara finansial untuk keluarga Anda.
Baca Juga :