Jumat, 22 Mei 2020

Penting Membandingkan Barang dan Penjual di Situs Jual Beli Online

Tags




Artikel I. Membandingkan Barang Belanja saat Belanja Online

Salah satu kemudahan belanja online yang dinikmati banyak orang adalah kemudahan membandingkan barang belanja.
https://g.co/kgs/QCKUzz

Kemampuan untuk membandingkan barang dengan cepat dan akurat sangat ideal untuk pembeli yang ingin membeli barang yang menawarkan fitur terbaik serta pembeli yang mencari penawaran terbaik untuk barang tertentu.

Artikel ini akan membahas beberapa cara di mana perbandingan belanja terjadi selama belanja online termasuk perbandingan manual oleh konsumen dengan menggunakan grafik perbandingan.

Artikel ini juga akan membahas bagaimana barang-barang yang tidak tersedia di toko tradisional dapat dibandingkan dengan cepat dan akurat ketika berbelanja barang-barang ini secara online.

1. Melakukan Perbandingan Anda Sendiri

Pembeli online sering melakukan perbandingan barang secara online dengan cara yang sama dengan membandingkan barang yang tersedia di toko tradisional.

Namun, proses perbandingan sangat disederhanakan ketika konsumen melakukan perbandingan online.

Ketika membandingkan dua item, konsumen dapat melihat berbagai aspek yang berbeda. Beberapa aspek ini mungkin termasuk fitur yang tersedia, daya tahan, penampilan estetika dan bahkan harga.

Namun, ketika membandingkan barang-barang ini di toko tradisional prosesnya bisa agak sulit.

Konsumen sering dapat membandingkan barang-barang serupa di satu toko untuk menentukan model barang yang mereka sukai.

Namun, setelah perbandingan ini selesai, konsumen juga biasanya ingin membandingkan barang yang dipilih ini dengan barang lain yang tersedia dalam hal biaya barang tersebut.

Perbandingan keuangan ini biasanya melibatkan perjalanan dari satu toko ke toko lain dan membandingkan harga barang di setiap toko untuk menentukan toko mana yang menawarkan barang dengan harga paling menguntungkan.

Pembeli daring mungkin juga tertarik untuk membandingkan fitur dan harga yang terkait dengan barang tertentu serta mereka memiliki keuntungan karena dapat melakukan perbandingan ini dari rumah mereka.

Konsumen cukup duduk di komputer rumah mereka dan mengunjungi situs web pengecer yang menawarkan barang menarik.

Dengan informasi ini konsumen dapat menentukan barang mana yang ingin mereka beli dan pengecer mana yang ingin mereka kunjungi.

Pembeli online juga dapat melakukan pembelian ini dari kenyamanan rumahnya daripada harus melakukan perjalanan ke toko yang dipilih untuk membeli barang yang dipilih.

2. Menggunakan Grafik Perbandingan Tersedia Online

Keuntungan besar lainnya dari berbelanja online adalah kemampuan untuk melihat grafik perbandingan barang-barang serupa hampir secara instan.

Banyak pengecer online yang menawarkan produk dari sejumlah produsen yang berbeda juga menawarkan kemampuan untuk membandingkan barang-barang ini dengan mudah.

Bahkan banyak pengecer online akan memungkinkan pembelanja online untuk memilih beberapa item yang mereka tertarik pelajari lebih lanjut.

Dan kemudian menghasilkan grafik yang menguraikan fitur-fitur penting dari setiap produk serta harga untuk produk yang ditawarkan.

3. Membandingkan Item Walau Tidak Tersedia

Cara lain di mana belanja online sangat nyaman untuk melakukan perbandingan adalah memberikan konsumen kesempatan untuk membandingkan barang-barang yang tidak tersedia.

Ini mungkin termasuk item yang baru dan populer serta item yang lebih tua dan lebih langka.

Membuat perbandingan ini di toko-toko tradisional bisa sangat sulit karena konsumen mungkin tidak dapat menemukan toko yang saat ini menyimpan barang tertentu.

Namun, ketika berbelanja online jauh lebih mudah untuk menemukan pengecer online yang menawarkan produk-produk yang sebaliknya sulit untuk dibeli.

Karena itu, jauh lebih mudah untuk membandingkan barang-barang ini secara online.

Ini karena perbandingan dapat terjadi bahkan jika pengecer online tidak memiliki produk yang tersedia untuk dijual.

Pengecer online kemungkinan memiliki cukup banyak deskripsi produk yang disimpan untuk memberikan pembaca banyak informasi tentang produk yang saat ini mungkin tidak tersedia.

Sebaliknya pembeli yang mengandalkan toko tradisional dapat menghabiskan berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun menunggu produk tertentu tersedia untuk tujuan perbandingan.

Artikel II. Perlunya Membandingkan Antar Pengecer Online

Sama seperti pembeli tradisional pembeli online harus hati-hati membandingkan pengecer online sebelum memilih untuk melakukan pembelian dari salah satu pengecer ini.

Ini penting karena tidak semua pengecer yang ada itu sama.

Produk yang sama yang ditawarkan dari dua pengecer online yang berbeda mungkin lebih mahal dari satu pengecer atau memiliki biaya pengiriman yang lebih tinggi dari satu pengecer dan mungkin tunduk pada kebijakan pengembalian yang berbeda.

Semua faktor ini dapat berkontribusi pada kepuasan konsumen secara keseluruhan dengan produk bahkan ketika kami mendiskusikan produk yang sama karena faktor-faktor ini mempengaruhi pengalaman pembelian.

Selain itu, reputasi pengecer online juga dapat membantu mempengaruhi keputusan konsumen apakah melakukan pembelian dari konsumen tertentu atau tidak.

Artikel ini akan membahas perbandingan pengecer online menggunakan faktor-faktor seperti harga, pengiriman dan kebijakan pengembalian.

1. Menggunakan Harga untuk Membuat Perbandingan

Harga adalah salah satu faktor yang sering digunakan konsumen untuk membandingkan pengecer apakah mereka mempertimbangkan berbelanja online atau di toko tradisional.

Ini adalah pertimbangan yang sangat penting karena tidak semua pengecer menjual produk yang sama dengan harga yang sama.

Sementara, secara umum, harga akan sering sama hanya karena pengecer bersaing langsung satu sama lain untuk bisnis konsumen, ada kesempatan di mana satu pengecer tertentu mungkin menawarkan produk dengan harga diskon.

Penyimpangan harga ini biasanya terjadi ketika pengecer berusaha mengurangi inventaris untuk memberikan ruang bagi produk baru atau karena pengecer menutup operasinya.

Terlepas dari alasan penurunan harga, konsumen dapat memperoleh manfaat dengan membeli barang dari pengecer ini dan harga yang lebih rendah daripada yang akan mereka bayarkan dengan pengecer lain.

Konsumen yang mengandalkan harga untuk memutuskan antara dua pengecer online juga harus memverifikasi reputasi pengecer online sebelum melakukan pembelian.

Ini biasanya bukan masalah ketika konsumen melakukan pembelian dari rantai toko yang dikenal secara nasional.

Namun, ketika konsumen tidak tahu banyak tentang peritel online, sebaiknya menyelidiki peritel untuk memastikan peritel tersebut adalah perusahaan yang sah dan bereputasi baik.

Berkonsultasi dengan Better Business Bureau adalah salah satu cara konsumen dapat belajar lebih banyak tentang reputasi perusahaan.

2. Mempertimbangkan Fasilitas Pengiriman dalam Perbandingan

Walaupun biaya sering menjadi salah satu faktor pertama yang dipertimbangkan konsumen ketika membandingkan pengecer online atau bahkan pengecer tradisional, pengiriman juga harus dipertimbangkan dengan hati-hati ketika membandingkan dua atau lebih pengecer online.

Ini karena biaya pengiriman serta opsi pengiriman dapat mempengaruhi keputusan konsumen.

Dua pengecer dapat menawarkan produk dengan harga yang sama tetapi harga pengiriman mungkin berbeda dari satu pengecer online ke yang berikutnya.

Dalam beberapa kasus perbedaan ini secara substansial dapat mengubah total harga pembelian barang.

Konsumen di toko tradisional tidak perlu khawatir tentang pengiriman karena mereka hanya pergi ke toko dan pergi dengan barang tersebut.

Namun, pembeli online memiliki barang yang dikirim langsung ke rumah mereka atau lokasi lain sehingga biaya pengiriman menjadi pertimbangan penting.

Pengecer online juga terkadang harus mempertimbangkan metode pengiriman yang tersedia. Ini sangat penting jika konsumen perlu memiliki barang tiba dengan cepat.

Dalam kasus ini konsumen dapat memilih untuk memilih satu pengecer online daripada yang lain jika hanya satu dari pengecer yang menawarkan opsi pengiriman ekspres seperti pengiriman semalam atau pengiriman dua hari.

3. Ketika Kebijakan Pengembalian Adalah Penting

Pembeli online juga harus selalu menyadari kebijakan pengembalian ketika mereka melakukan pembelian online.

Ini penting karena biaya pengembalian suatu barang bisa mahal dalam beberapa kasus terutama jika itu adalah barang yang besar atau berat.

Sementara beberapa pengecer online akan menanggung biaya pengiriman ketika mereka melakukan kesalahan atau barang rusak, pengembalian karena alasan lain dapat menyebabkan konsumen bertanggung jawab atas biaya pengiriman.

Karena alasan ini konsumen harus selalu dengan hati-hati meninjau kebijakan pengembalian ketika membandingkan dua atau lebih pengecer online.
Baca Juga :