Rabu, 24 Juli 2019

20 Penemuan Terbaru Luar Angkasa Oleh Nasa atau Suatu Negara






Beberapa diantara anda yang sewaktu masa kecilnya memiliki cita-cita menjadi astronot dengan berbagai alasan.

Organisasi internasional NASA (The National Aeronautics and Space Administration) ternyata selain dapat mendaratkan orang di bulan, meluncurkan objek-objek misalnya satelit ke ruang angkasa, ternyata NASA memiliki jasa dalam penemuan benda yang anda gunakan sehari-hari.

Beberapa penemuan terbaru yang ternyata telah anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari dapat anda simak dalam artikel berikut. Karena bisa jadi benda-benda tersebut telah anda gunakan dalam menunjang kegiatan sehari-hari.

20 Penemuan Terbaru Luar Angkasa oleh Nasa atau Suatu Negara

1. Benda Langit yang Mirip Bumi
Foto : DW.com
Sebuah penemuan luar angkasa oleh NASA yang paling mencengangkan saat ini yaitu sebuah benda langit yang mirip dengan Bumi, karena mempunyai kandungan air serta potensi hidup untuk manusia. Yang mana penemuan tersebut didasarkan pada data dari teleskop kepler kepunyaan NASA.

2. 300.000 Galaksi Baru
Foto : liputan6
Temuan 300.000 galaksi yang belum dikenal, belum lama ini ditemukan oleh 200 astronom internasional.

Laporan tersebut diungkapkan oleh Netherland Institute for Radio Astronomy (ASTRON) dengan menggunakan teleskop Low Frequency Array (LOFAR).

Untuk mengamati galaksi-galaksi tersebut tentunya harus dengan detail dan juga tanpa cela. Sehingga lensa yang digunakan untuk mengamati harus berupa lensa anti gores.

Para astronom juga menggunakan metode high throughput compute cluster atau GRID serta data yang telah dikumpulkan dari teleskop LOFAR guna membuat foto galaksi dengan kualitas yang baik.

3. Kandungan Air pada Bulan
Foto : liputan6
Para ilmuan NASA juga menemukan bahwa di bulan terdapat kandungan air. Yang mana kejadian tersebut karena adanya aliran partikel yang disebut hembusan matahari yang bergerak menuju permukaan bumi dengan kecepatan 450 km per detik yang menyebabkan permukaan bulan dapat menghasilkan air.

Seorang fisikawan di Goddard, Oriental James Tucker, mengatakan bahwa ketika NASA bulan dapat menghasilkan air, akhirnya pihak NASA memiliki tujuan untuk mengirim manusia supaya dapat membangun kehidupan permanen di bulan.

4. Objek biru di Luar Angkasa
Foto : liputan6
Objek dengan warna biru kegelapan yang sempat diabadikan foto objek berwarna biru terang pada luar angkasa.

Foto tersebut diduga kumpulan asap bintang newborn yang memancarkan cahaya biru kegelapan. Yang mana objek tersebut telah diyakini sebagai objek Herbig-Haro yang memang lokasinya berada di dekat bintang newborn.

Yang mana menurut NASA bintang nerborn merupakan bintang SVS 13 yang memiliki jarak dengan Herbig Haro sekitar 20.000 kali lebih jauh dari jarak bumi ke matahari.

5. Misteri Luar Angkasa
Foto : liputan6
NASA membuat misi luar angkasa dengan memanfaatkan teleskop baru yang diberi nama Spectro Photometer for the History of the Univers, Epoch of Reionization and Ices Explorer (SPHEREx) yang akan mengadaptasi teknologi dari satelit bumi serta pesawat luar angkasa mars untuk memantau langit yang memiliki tujuan utama mencari air serta molekul organik yang berada di seluruh Bima Sakti.

6. Sistem Analisis serta Pemantapan Video
Foto : commons.wikimedia
Merupakan sebuah kamera yang dapat menangkap objek yang semakin kecil bahkan dengan difasilitasi fasilitas makro.

7. Perlengkapan Pemadam Kebakaran
Foto : finance.detik
Hasil buah pikir NASA yang sangat saat ini telah memiliki manfaat untuk mempermudah tim pemadam kebakaran seperti baju yang tahan api, helm kuat serta masih banyak perlengkapan lainnya.

8. Baju Manset atau Baju Balap Sepeda
Foto : Kaskus
Baju balap sepeda atau manset merupakan baju yang memang benar-benar ngepas di badan apabila di pakai.

9. Pendeteksi Bahan Kimia
Foto : koran-jakarta
Untuk meningkatkan perlindungan yang lebih optimal, Ternyata dari tim NASA telah menciptakan alat pendeteksinya dengan tujuan supaya anda tidak terkena radiasi dari bahan kimia.

10. Dioda Pengemisi Cahaya
Foto : Kaskus
Cahaya yang terlihat begitu cantik dari dioda-dioda, telah berhasil NASA ciptakan untuk menunjang berbagai keperluan.

11. Ban Luar Kendaraan dengan Kekuatan Tinggi
Foto : Kaskus
Hasil buah pikir dari tim NASA selanjutnya adalah ban luar untuk kendaraan yang memiliki kekuatan super tinggi.

Karena ban luar tersebut dapat bertahan serta tetap dapat berputar pada salju, pasir, tanah yang berlumpur serta berbagai medan ekstrem yang lainnya.

12. Remidiasi Polusi
Foto : Kaskus
Walaupun belum sepenuhnya, akan tetapi setelah NASA telah berhasil menemukan cara untuk meremediasi polusi, maka dampak polusi lebih dapat dikurangi.

13. Software Analisis Struktural
Foto : Kaskus
Bagi anda yang kuliah mengambil jurusan teknik sipil, arsitektur, geologi, perencanaan tata wilayah ataupun kota mungkin tidak asing lagi dengan istilah software analisis struktural. Yang mana software tersebut pertama kali dibuat oleh tim NASA.

14. Pengeksplor Visualisasi ala NASA
Foto : Kaskus
Dengan adanya alat pengeksplor visualisasi yang diciptakan oleh NASA, sekarang apapun yang sedang diamati seperti dari pergerakan planet-planet luar angkasa yang berukuran besar ataupun kecil, hingga aktivitas mikroba yang begitu kecil, semuanya dapat divisualisasikan sejak ditemukannya alat pengeksplor Visualisasi oleh NASA.

15. Serbuk Pelumas
Foto : Kaskus
Ternyata pelumas tidak selalu harus berbentuk cairan, karena sekarang pelumas yang berbentuk serbuk juga telah berhasil diciptakan oleh tim NASA.

16. Pengeringan dengan Pembekuan
Foto : Kaskus
Dewasa ini mungkin anda telah sering melihat bahan makanan segar yang banyak dijual dengan keadaan yang sangat beku serta kering supaya lebih awet.

Hal tersebut karena sebuah alat yang diciptakan oleh NASA dengan tujuan supaya bahan makanan tersebut lebih tahan lama.

17. Makanan Kompleks untuk Bayi
Foto : Kaskus
Ternyata banyak sekali hasil ciptaan nasa yang tidak melulu soal perkakas, saat ini juga telah tercipta makanan mulai dari bubur bayi hingga biskuit yang dapat di lumerkan sampai menjadi bubur yang itu semua adalah produk buatan NASA.

18. Penyaring Air
Foto : Kaskus
Beberapa merek dari mesin penyaring air yang begitu banyak telah beredar di Indonesia, seperti salah satu alat penyaring air untuk dapat langsung di minum.

19. Pendeteksi Asap
Foto : Kaskus
Beberapa dari anda atau saudara anda kemungkinan ada yang telah memakai pendeteksi asap pada rumahnya. Atau anda juga dapat menemukannya pada fasilitas umum seperti hotel ataupun mal.

20. Sol dalam Sepatu
Foto : Kaskus
Sol dalam sepatu selain dapat membuat lebih tinggi juga telah dikenal lebih sehat bagi tubuh anda yang memakainya.

Sebab kenyamanan pada telapak kaki sangatlah penting sebab banyak terdapat titik akupunktur yang berada di sana.
Baca Juga :