Rabu, 24 Juli 2019

20 Buah dan Sayur Punya Manfaat Kesehatan Meskipun Rasanya Gak Enak

Tags





Pada halaman rumah apabila banyak ditanami tumbuhan maka terlihat begitu asri. Mulai dari menanam di pekarangan hingga di dalam ruangan dapat anda lakukan.

Mungkin sebagian besar dari anda tidak mengetahui bahwa dari sekian banyaknya tumbuhan yang hidup di pekarangan anda ternyata beberapa diantaranya berupa tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk obat.

Selain manfaatnya yang beragam, tanaman obat juga memiliki jenis yang beragam pula. Beberapa tanaman yang dapat dijadikan tanaman herbal, setelah dipanen ataupun dipetik, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga dapat digunakan.

Berikut beberapa buah dan sayur yang dapat anda coba sebagai obat herbal.

20 Buah dan Sayur yang Memiliki Manfaat Walaupun Rasanya Tidak Enak

1. Alpukat
Foto : commons.wikimedia
Di balik rasa buah alpukat yang kurang lezat apabila di konsumsi tanpa campuran creamer ataupun gula, ternyata alpukat termasuk dalam tanaman yang baik bagi tubuh karena mengandung beberapa kandungan seperti vitamin c, vitamin b, kalisum, zat besi, lemak baik, dan fosfor.

Lemak baik yang terkandung pada buah alpukat mempunyai manfaat yang baik untuk sistem kardiovaskular.

2. Pepaya
Foto : https://www.thai-food-online.co.uk
Buah pepaya seringkali dimanfaatkan untuk memperlancar pencernaan. Karena mengandung serat yang tinggi serta baik bagi pencernaan.

Selain buahnya ternyata daunnya juga mempunyai berbagai manfaat, karena daunnya juga dapat dijadikan obat. Salah satu manfaat dari pepaya sendiri yaitu dapat mengontrol tekanan darah.

3. Jeruk Nipis
Foto : https://www.thespruceeats.com
Buah yang kaya vitamin C ini memiliki beberapa manfaat sebagai tanaman herbal supaya dapat terhindar dari beberapa penyakit seperti Vertigo, batu ginjal, batuk dan radang tenggorokan, tekanan darah tinggi, amandel, difteri, panu, serta ambeien.

Sebagian orang juga menjadikan air perasan jeruk nipis untuk mengencerkan dahak.

4. Belimbing
Foto : commons.wikimedia
Belimbing kaya akan kandungan air serta vitamin C. Buah ini kerap kali dijadikan rujak maupun jus.

Belimbing juga mempunyai kandungan asam osalat yang bagus bagi orang yang mempunyai masalah organ ginjal, sehingga tidak perlu lagi mengkonsumsi obat dari apotek.

5. Mengkudu
Foto : commons.wikimedia
Sepertinya orang yang mengkonsumsi mengkudu sangat jarang sekali, baik dimakan mentah ataupun diolah menjadi rujak maupun sayur.

Di balik bau serta rasa tidak enak, mengkudu masuk dalam salah satu tanaman herbal yang patut anda coba karena dapat menangkal beberapa risiko penyakit dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Kunyit
Foto : commons.wikimedia
Kunyit termasuk tanaman rempah-rempah yang seringkali dijadikan sebagai pewarna alami untuk nasi kuning.

Dalam makanan rasa serta aromnya sangatlah khas. Beberapa manfaat dari kunyit seperti untuk menghilangkan bau badan, membunuh virus, menyembuhkan radang gusi, membantu mengembalikan siklus menstruasi dan masih banyak manfaat lain apabila anda mengkonsumsinya.

7. Kencur
Foto : commons.wikimedia
Selain kunyit, kencur juga sebagai tanaman herbal yang seringkali diolah menjadi jam. Manfaat dari kencur sendiri seperti untuk meredakan sakit kepala, flu dan batu, masuk angin.

Anda juga dapat memanfaatkan kencur ketika keseleo dengan cara mengompreskan kencur tumbuk pada bagian yang keseleo.

8. Kayu Manis
Foto : commons.wikimedia
Sebagai tanaman hernal, apabila kayu manis dicampurkan sebagai bumbu masakan maka dapat menambah aroma yang begitu menggugah selera.

Kayu manis juga seringkali dimanfaatkan sebagai campuran minuman. Apabila anda mengkonsumsi kayu manis maka anda dapat memperoleh beberapa manfaat seperti meringankan perut kembung bahkan dapat mencegah kanker.

9. Jintan Hitam
Foto : healt.detik
Jintan hitam atau yang sering disebut habbatussauda merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk analgesik, menangkal gangguan imun, obat diabetes, dan lain sebagainya. Meskipun rasanya yang sedikit aneh, namun sangat baik untuk kesehatan anda.

10. Kepulaga
Foto : commons.wikimedia
Di timur tengah, ternyata tanaman rempah kepulaga ini seringkali dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Sangat baik untuk anda konsumsi karena mengandung manfaat diuretik seperti melancarkan keluarnya air seni, sehingga sangat baik bagi kesehatan ginjal.

11. Jahe
Foto : commons.wikimedia
Jahe sangat baik untuk anda konsumsi saat udara dingin karena dapat menghangatkan tubuh anda. Selain untuk menghangatkan tubuh, jahe juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan seperti dapat mengatasi diare, sakit perut, nyeri otot, sakit punggung, mual ketika hamil, dan lain sebagainya.

12. Temulawak
Foto : commons.wikimedia
Sebagai tanaman herbal, anda dapat mengolah temulawak untuk digunakan sebagai obat alami penambah nafsu makan bagi anak-anak.

Selain itu temu lawak memiliki beberapa manfaat lain seperti dapat mengatasi badan pegal-pegal, mengatasi masalah perut seperti kembung, diare, bahkan maag.

13. Kumis Kucing
Foto : commons.wikimedia
Kumis kucing merupakan tanaman herbal berbunga yang banyak tumbuh di Indonesia yang memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal, menyembuhkan hipertensi, asam urat, serta diabetes.

14. Bunga Matahari
Foto : commons.wikimedia
Bunga matahari mengandung berbagai manfaat baik dari biji sampai pada minyak yang dimilikinya. Biji serta minyak dari bunga matahari mengandung banyak vitamin, kalsium, magnesium, serta kalium.

Biji dari bunga matahari juga manjur untuk mencegah keram otot, menjaga kesehatan kulit, mencegah diabetes, mengurangi sakit kepala, serta manfaat dari minyak bunga matahari sebagai obat anti inflamasi.

15. Lidah Buaya
Foto : commons.wikimedia
Ekstrak lidah buaya belakangan ini sangat digemari oleh para perempuan, mungkin juga anda sebagai salah satunya.

Karena apabila diusapkan pada wajah dapat menjaga kelembapan serta dapat menghambat penuaan. Selain itu anda juga dapat menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan pada kulit.

16. Daun Seledri
Foto : commons.wikimedia
Umumnya daun seledri dimanfaatkan sebagai pelengkap makanan berkuah ataupun oseng-oseng. Rasa yang gurih dapat menambah cita rasa tersendiri pada makanan.

Walaupun memiliki aroma yang tidak disukai banyak orang, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti dapat menurunkan tekanan darah.

17. Kangkung
Foto : commons.wikimedia
Kangkung adalah sayuran yang sangat umum di konsumsi oleh masyarakat Indonesia, tanaman hijau ini mengandung banyak serat dan juga zat besi yang tinggi.

Manfaat lain yang dapat anda peroleh dari kangkung seperti dapat untuk mengatasi sakit kepala dan migrain.

18. Pasak Bumi
Foto : commons.wikimedia
Pasak bumi merupakan nama laindari tanaman herbal yaitu tongkat ali. Manfaat yang akan anda dapatkan dari tanaman ini seperti untuk meningkatkan energi, menurunkan stres, mencegah penuaan dini, dan masih banyak yang lainnya.

19. Kemuning
Foto : commons.wikimedia
Tidak semua orang mengetahui bahwa kemuning mempunyai 60 kandungan senyawa minyak asiri yang berfungsi untuk menurunkan jumlah glukosa dalam darah.

20. Bunga Kenop
Foto : c1.staticflickr.com
Selain untuk tanaman hias, anda dapat memanfaatkan bunga kenop untuk obat-obatan alami seperti untuk meredakan batuk, demam, sakit kepala, menambah nafsu makan, disentri, radang mata, bahkan asma.
Baca Juga :