Sabtu, 08 April 2023

9 Profesi Hit Saat Ini di Dunia IT (Information Technology)







Photo by Walling on Unsplash - 

Apakah kamu ingin tahu apa saja profesi di bidang IT yang saat ini dicari banyak perusahaan?

Nah, tenang saja di artikel ini kita akan mengulas 9 profesi di bidang IT yang sedang hits beberapa tahun belakangan ini.

Seperti yang kita tahu dunia teknologi saat ini semakin berkembang. Hampir semua aspek kehidupan membutuhkan teknologi, entah itu kesehatan, pendidikan, wisata, ekonomi dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu memberikan peluang besar terhadap kalian apalagi yang saat ini menempuh jurusan IT atau sedang bingung hendak mengambil jurusan apa.

9 profesi di bawah ini semoga bisa memberikan gambaran tentang prospek kerja apa saja di dunia IT dan digital. Yuk langsung saja kamu simak baik - baik karena artikel ini akan cukup panjang.

9 Profesi di Bidang IT atau Digital

1. Programmer

Siapa yang tidak tahu dengan profesi satu ini, programmer atau software developer. Merupakan orang yang bertugas untuk membuat dan mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak.

Mengapa sekarang sangat diminati? Karena hampir semua perusahaan saat ini memiliki aplikasi ataupun website. Ditambah lagi dengar - dengar gaji untuk profesi ini cukup besar.

Gaji yang besar tentu sebanding dengan jobdesk yang dikerjakan. Programmer sebenarnya terbagi - bagi lagi seperti Android Developer, Frontend Developer, Game Developer dan lainnya.

Lalu untuk menjadi programmer harus masuk ke jurusan apa sih? Nah, ini dia kamu bisa ke jurusan IT seperti Informatika atau Sistem Informasi.

Tapi, kalau tidak di jurusan itu pun tidak papa. Karena saat ini sudah banyak online course tentang programming.

2. UI/UX Designer

Jika sebelumnya programmer berkutat dengan program atau logikanya. Maka berbeda dengan UI/UX Designer. Profesi di bidang IT ini juga sangat diminati sekarang.

UI/UX Designer bertugas untuk membuat dan merancang desain aplikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau klien.

Dari mulai merancang fitur apa saja yang akan ada di aplikasi, memilih warna, tipografi dan masih banyak lagi.

Nantinya tim UI/UX Designer juga akan berkolaborasi dengan Programmer, yaitu untuk menerapkan desain yang sudah dibuat dalam bentuk program atau code.

Apabila kamu ingin menjadi UI/UX kamu bisa masuk ke jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual. Tapi tidak hanya sebatas itu kamu juga bisa masuk Informatika, SI atau jurusan lain.

3. Network Engineer

Berbeda dengan sebelumnya, untuk profesi bidang IT ini lebih mengarah ke jaringan.

Jobdesk Network Engineer antara lain seperti merancang desain infrastruktur jaringan entah untuk sekolah, rumah sakit, kantor dll.

Sehingga internet atau komputer bisa saling terkoneksi satu sama lain. Jika kamu tertarik dengan profesi ini, kamu bisa masuk ke jurusan Teknik Telekomunikasi, Informatika atau Sistem Informasi.

4. Security Engineer

Keamanan sebuah komputer atau jaringan merupakan hal yang penting diperhatikan. Apalagi jika di sebuah perusahaan yang di dalamnya terdapat data - data penting.

Oleh karena itulah dibutuhkan seorang Security Engineer. Yang bertugas untuk melindungi jaringan internal, sistem dan yang lain.

Masih sama dengan sebelumnya, kamu bisa coba masuk ke jurusan Cyber Security, Informatika atau Sistem Informasi.

5. Data Engineer / Analyst / Scientist

Berbeda dengan sebelumnya, profesi ini cenderung bermain dengan data. Dan 3 profesi tersebut memiliki jobdesk yang berbeda - beda.

Data Engineer merupakan orang yang mengatur bagaimana arsitektur atau infrastruktur data di sebuah perusahaan, bisa berupa database, warehouse dan yang lain.

Data Analyst adalah orang yang bertugas untuk membuat data dan angka - angka menjadi sebuah laporan, diagram, skala yang mudah dimengerti perusahaan.

Data Scientist yaitu orang yang menggabungkan antara ilmu komputer seperti kode program, statistik dan matematika.

Mereka bertugas untuk mengumpulkan data, menganalisis dan menafsirkannya.

Untuk menjadi profesi di atas kamu bisa masuk ke jurusan Sains Data atau Data Science, Informatika atau Sistem Informasi.

6. SEO Specialist

Apakah sobat sudah pernah mendengar istilah pekerjaan ini sebelumnya?

Jika belum SEO Specialist merupakan orang yang bertugas untuk menganalisa sebuah website, melakukan optimasi web agar bisa tampil di halaman pertama Google.

SEO Specialist ini sebenarnya lebih ke dunia digital terutama marketing, hanya saja masih beririsan dengan IT juga karena di dalamnya sedikit banyak juga terdapat kode program.

Kamu bisa masuk jurusan Sistem Informasi, Informatika, Marketing Communication, Pemasaran dan masih banyak yang lain.

7. Digital Marketer

Pekerjaan di bidang IT atau digital selanjutnya yaitu Digital Marketer. Nah, apa sih jobdesk pekerjaan mereka?

Mereka bertugas untuk mengelola hampir semua media digital yang digunakan untuk marketing.

Tapi tenang, kamu tidak harus benar - benar mengerjakannya semua. Justru Digital Marketer biasanya yang akan menjadi leader.

Dia yang akan memutuskan strategi - strategi marketing apa yang cocok untuk digunakan pada perusahaan tersebut.

Jika kamu tertarik dengan profesi ini, coba masuk ke jurusan seperti Marketing Communication, Bisnis Digital atau yang lainnya. Bahkan saat ini sudah ada beberapa kampus jurusan Digital Marketing.

8. Content Creator

Pasti kamu sudah tidak asing kan dengan istilah ini? Mungkin akan langsung berpikir Youtuber?

Tapi tunggu dulu Content Creator itu banyak ada Content Creator Tiktok, Instagram, Youtube atau bahkan di LinkedIn.

Tugas mereka yaitu membuat konten. Mereka mendistribusikan suatu informasi ke masyarakat dengan berbagai cara. Ada yang dengan sebuah gambar ataupun video.

Untuk menjadi Content Creator tidak harus dari jurusan ini atau itu. Tapi ada beberapa jurusan yang sebaiknya kamu tempuh seperti Ilmu Komunikasi, Marcomm atau Digital Marketing.

9. Content Writer / Copywriter

Terakhir yaitu Content Writer. Pekerjaan ini sebenarnya hampir sama dengan Content Creator. Hanya saja informasi yang diberikan yaitu dalam bentuk tulisan bukan visual, video apalagi gambar.

Selain itu platform yang digunakan juga berbeda, Content Writer biasanya menulis di website. Jobdesk mereka adalah membuat sebuah artikel.

Sedangkan Copywriter adalah orang yang bertugas untuk membuat tulisan / copy yang bertujuan menarik konsumen. Biasanya dalam bentuk caption, tulisan pada produk atau yang lain

Mengapa Content Creator, Content Writer dan Copywriter juga termasuk yang diminati saat ini?

Karena sekarang hampir semua perusahaan butuh seorang pembuat konten untuk mempromosikan produk mereka.

Nah, konten yang dibuat mereka nantinya akan membantu mengenalkan produk ke masyarakat.

Selain itu untuk Content Writer sendiri akan banyak bekerja sama dengan SEO Specialist. Apabila kamu tertarik pada pekerjaan ini kamu bisa masuk jurusan Ilmu Komunikasi, Sastra atau jurusan lain.

Bagaimana?

Apakah kamu berminat dengan salah satu profesi di bidang IT tersebut? Saat ini tidak semua pekerjaan membutuhkan harus dari jurusan yang relevan.

Kamu boleh kok berasal dari Hukum tapi menjadi seorang Digital Marketer atau mungkin dari jurusan lain.

Yang terpenting adalah skill, asalkan kamu memiliki skill di profesi tersebut maka background tidak menjadi masalah.

Jadi, semangat memilih jurusan, kembangkan skill capai profesi impian kamu!
Baca Juga :

Artikel Terkait