Minggu, 12 Februari 2023

Mengenali Perilaku Kucing yang Suka Menyemprot







Photo by Raoul Droog on Unsplash - 

Kapan saja kucing Anda berjalan ke pintu atau benda lain di rumah, lalu mengangkat ekornya dan mengeluarkan air seni, itu berarti Anda punya masalah.

Masalah ini dikenal sebagai hobi menyemprot dan sangat umum terjadi pada kucing yang dipelihara di dalam rumah atau kandang.

Meskipun ini adalah masalah yang sangat menjengkelkan, namun masalah ini dapat Anda diselesaikan.

Bertentangan dengan apa yang dipikirkan banyak orang, menyemprot bukanlah masalah yang diselesaikan dengan menyediakan kotak pasir untuk buang air, tetapi ini adalah pemberian tanda.

Air seni kucing yang disemprotkan mengandung feromon, merupakan zat yang digunakan kucing dan hewan lain untuk berkomunikasi.

Feromon sangat mirip sidik jari manusia, karena feromon digunakan untuk mengidentifikasi kucing dengan hewan lain.

Ketika kucing menyemprot sesuatu, berarti dia menandai wilayahnya melalui air seni. Penyemprotan hanyalah cara kucing untuk memberi tahu orang lain bahwa wilayah itu adalah miliknya.

Meskipun mungkin membuat Anda marah dan mengganggu Anda, marah dengan kucing tidak akan menyelesaikan apa pun.

Jika Anda meninggikan suara atau menunjukkan kemarahan kepada kucing, itu bisa menyebabkan lebih banyak penyemprotan.

Kucing yang sedang ingin kawin mudah tertarik dengan bau urin. Untuk kucing yang ingin kawin, penyemprotan kurang lebih merupakan undangan untuk cinta.

Sering kali kucing yang menyemprot saat ingin kawin, menyebabkan lahirnya anak kucing yang hanya dalam beberapa bulan.

Ingatlah bahwa kucing tidak hanya menyemprot saat ingin kawin, karena beberapa kucing juga akan menyemprot saat bertemu dengan kucing lain, atau ketika mereka sedang merasa stres.

Meskipun penyemprotan adalah cara berkomunikasi untuk kucing, namun baunya sangat menyengat.

Hal yang baik di sini adalah kebanyakan kucing akan melakukan sebagian besar penyemprotan di luar rumah.

Jika Anda memiliki kucing dalam kandang yang tidak pernah keluar rumah, menyemprotkan memang bisa menjadi masalah.

Jika Anda melihat penyemprotan di rumah Anda, Anda harus mengambil tindakan dan melakukan sesuatu dengan segera.

Cara paling efektif dan juga cara termudah untuk menghentikan penyemprotan adalah membiarkan kucing Anda dikebiri oleh dokter ahli, yang tentu saja tergantung pada jenis kelaminnya.

Kebanyakan kucing jantan yang telah dikebiri akan berhenti menyemprot pada hari yang sama ketika mereka telah dioperasi.

Jika Anda tidak ingin kucing Anda dikebiri, maka harus mencari opsi lain. Jika Anda berharap suatu hari nanti akan membiakkan kucing Anda, Anda tentu tidak ingin dia dikebiri atau disunatkan.

Hal terbaik untuk dilakukan dalam situasi ini adalah berbicara dengan dokter hewan Anda. Dia akan dapat memberi Anda nasihat dan bahkan mungkin menyelesaikan masalah tanpa harus dioperasi.

Mungkin ada masalah medis yang menyebabkan masalah penyemprotan, yang dapat diidentifikasi dokter hewan Anda.

Namun, Anda harus selalu melakukan sesuatu menghindari penyemprotan hanya karena air seni kucing berbau dan dapat meninggalkan noda di seluruh rumah Anda.
Baca Juga :

Artikel Terkait