Rabu, 09 November 2022

Kaitannya Teknologi Informasi dan Bisnis Serta Manfaatnya







Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/mobil-merah-di-bus-326259/ -

Bisnis dan teknologi informasi merupakan dua hal yang saling berkaitan. Terlebih di era saat ini teknologi memiliki peran yang besar bagi aktivitas manusia.

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin cepat, salah satunya yaitu teknologi informasi. Tanpa peran teknologi informasi mungkin perkembangan tidak akan maju seperti saat ini.

Secara fungsi teknologi informasi memiliki guna untuk menjadi solusi dari permasalahan yang ada, membuat aktivitas menjadi efektif dan efisien, serta meningkatkan kreativitas.

Teknologi informasi sendiri sudah masuk ke semua bidang, salah satunya bisnis. Pada masa seperti ini apabila bisnis tidak mengikuti teknologi akan terancam bangkrut.

Setelah mengetahui penjelasan singkatnya, pastinya Anda sudah tahu bahwa teknologi informasi sangat berperan penting dalam kehidupan kita?

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang artikel bisnis dan teknologi informasi. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi sendiri merupakan istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengelola atau menyebarkan informasi.

Adapun pengertian teknologi informasi menurut ITAA (Information Technology Association of America) adalah studi mengenai perancangan, penelitian, implementasi, dukungan, pengembangan atau manajemen sistem informasi yang berbasis komputer seperti aplikasi hardware dan software.

Teknologi informasi memiliki fungsi untuk memproses, mengolah, menyusun, menyimpan, dan mengubah seluruh data dengan berbagai macam cara untuk mendapatkan informasi yang cepat dan berkualitas merupakan pengertian dari teknologi informasi.

Dengan adanya fungsi tersebut, maka hal itu otomatis perlu dikaitkan antara bisnis dan teknologi informasi karena dalam berbisnis melakukan penyebaran informasi merupakan hal penting seperti melakukan promosi melalui media online.

Bahkan dapat dikatakan jika bisnis tanpa teknologi informasi akan berjalan tidak maksimal karena begitu ketatnya persaingan.

Sebaliknya, teknologi informasi tanpa bisnis pun tidak akan berjalan maksimal.

Untuk itu, hubungan bisnis dan teknologi informasi ini sangatlah penting, dan bagi para pelaku bisnis sudah seharusnya mengetahui hubungan kedua hal tersebut.

Peran Penting Teknologi Informasi pada Bisnis

Sehingga pengaruh teknologi informasi tidak dapat diremehkan, karena proses globalisasi yang berjalan begitu cepat yang memberikan pengaruh pada cara berpikir maupun berperilaku.

Peran pentingnya teknologi informasi ini juga memberikan pengaruh pada dunia bisnis.

Pada dunia bisnis teknologi membantu banyak terutama terkait sistem informasi yang terintegrasi dengan baik, yang mana sistem informasi ini dibangun atau dirancang untuk mengatasi sekaligus membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis ke arah yang lebih baik.

Selain itu, pekerjaan atau aktivitas yang berhubungan bisnis akan lebih mudah dengan memanfaatkan sistem kerja yang efektif dan efisien.

Teknologi informasi sudah banyak digunakan dalam mendukung proses bisnis yang terjadi di perusahaan.

Selain itu, hubungan bisnis dan teknologi informasi jika diterapkan akan membuka akses informasi dan penyebaran informasi dengan mudah.

Seperti yang telah diketahui, memanfaatkan teknologi informasi dapat digunakan untuk melakukan promosi atau kegiatan yang sifatnya publikasi baik itu berupa:
  • Berita
  • Iklan
  • Pengetahuan dan informasi lainnya
Publikasi media tersebut saat ini telah menggunakan jaringan internet, yang mana akan mudah tersebar dengan cepat dibandingkan dengan menggunakan cara yang konvensional, seperti menggunakan surat kabar ataupun pemasangan iklan.

Sehingga, tentu saja hal tersebut juga berdampak pada pengeluaran biaya yang lebih sedikit jika di bandingkan penyebaran informasi dengan cara konvensional.

Saat ini bisnis yang sudah sangat melibatkan teknologi informasi salah satunya di bidang ekonomi.

Pada dunia perbankan, rata-rata saat ini sudah memiliki aplikasi, seperti e-banking, e-wallet, dan e-business.

Aplikasi yang dikeluarkan tersebut sangat erat dengan teknologi.

Tuntutan aktivitas kita sehari-hari membuat para pelaku bisnis melakukan inovasi dalam lingkungan kerja.

Selain itu, perdagangan elektronik atau biasa kita kenal dengan e-commerce merupakan perdagangan yang menggunakan jaringan internet.

E-commerce sendiri juga adalah bagian dari e-business, yang mana e-business memiliki cakupan yang lebih luas seperti lowongan pekerjaan, pelayanan, sampai dengan kolaborasi antar mitra bisnis.

Manfaat Teknologi Informasi dalam Bisnis

Memanfaatkan teknologi dalam melakukan proses bisnis akan membawa dampak positif kepada perkembangan bisnis itu sendiri dan pelaku bisnisnya.

Pelaku usaha akan memperoleh beberapa kemudahan dalam mengolah bisnisnya, sehingga efisiensi bisnis meningkat dan bisnis bisa cepat berkembang.

Untuk lebih detail mengenai apa saja manfaat dari teknologi informasi untuk kemajuan bisnis, berikut ulasannya:

1. Mempermudah Cara Berkomunikasi

Bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi akan memudahkan dalam melakukan komunikasi.

Dalam menjalankan proses bisnis tidak luput dari komunikasi, yang mana hal ini peran teknologi informasi mendorong kecepatan dalam melakukan aktivitas tersebut.

Seperti misalnya melakukan pertukaran pesan melalui e-mail antar rekan kerja ataupun menggunakan aplikasi lainnya yang berbasis internet.

Adanya kolaborasi mitra bisnis berbeda pulau hingga beda negara perusahaan memanfaatkan e-mail agar mempermudah komunikasi.

Selain itu, pelaku bisnis dapat dengan mudah melakukan komunikasi dengan para konsumen sehingga mengetahui kebutuhan konsumennya dengan tepat.

Tentunya hal itu akan memberikan dampak yang besar dan dapat mengembangkan bisnis yang dijalankan.

2. Monitoring Perkembangan Bisnis

Kemudian, bisnis dan teknologi informasi yang diterapkan pada suatu perusahaan akan membantu proses monitoring pergerakan bisnis.

Pelaku bisnis dapat mengetahui pergerakan bisnis dengan memanfaatkan jaringan internet dengan menggunakan report harian atau bulanan sehingga memudahkan dalam menyusun strategi ke depannya.

Selain itu, pelaku bisnis juga dapat memonitoring kinerja karyawannya melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Sehingga pekerjaan akan mudah diselesaikan dan lebih praktis dibanding jika menerapkan metode manual atau tradisional.

3. Menghemat Biaya Produksi dan Operasional

Manfaat jika bisnis menerapkan teknologi informasi adalah menghemat biaya produksi dan operasional.

Dengan berkembangnya teknologi informasi yang setiap hari menunjukkan perubahan atau kemajuan, maka akan membuat perusahaan dapat melakukan pengawasan atau mengontrol biaya-biaya yang dikeluarkan setiap hari.

Hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk mengurangi biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk produk.

Sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Tentu saja hal tersebut didukung atas pertimbangan-pertimbangan yang matang dengan bantuan teknologi informasi.

Terutama ketika memanfaatkan teknologi informasi untuk pemasaran, seperti yang sudah disinggung di atas.

Sehingga praktik ini tentunya akan menghemat biaya karena pelaku bisnis dapat mempromosikan bisnisnya melalui sosial media, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok yang sering digunakan oleh pelaku bisnis saat ini.

4. Sumber Pengetahuan dan Informasi

Dengan teknologi informasi, sumber pengetahuan tidak ada batasnya karena informasi sudah dapat diperoleh melalui internet dengan cepat dan mudah.

5. Manajemen Data

Manajemen sistem informasi sangat berguna untuk menyimpan database perusahaan yang penting.

6. CRM (Customer Relationship Manajemen)

CRM merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengelola hubungan dengan pelanggan.

7. Pendukung Aktivitas Bisnis yang Tidak Mengenal Waktu

E-commerce tidak mengenal waktu, 24 jam dapat melayani pelanggan. Tentunya hal ini dapat memudahkan dan memberikan keuntungan lebih untuk perusahaan.

Dampak Teknologi Informasi dalam Bisnis

Ingin memiliki bisnis yang sukses? Salah satu syaratnya adalah Anda harus melek teknologi.

Pasti Anda sering sekali mendengar ungkapan tersebut. Setiap kemajuan teknologi pastinya akan berdampak kepada gaya berbisnis.

Lantas apa saja dampak teknologi informasi pada dunia bisnis?

Berikut beberapa dampak positif pada bisnis dengan adanya perkembangan teknologi, yaitu:
  1. Cepat dan mudah untuk penyampaian informasi karena saling berintegrasi
  2. Pendistribusian dan produksi menjadi lebih cepat
  3. Alur kerja menjadi lebih mudah dan terkontrol
  4. Mempermudah kerja sama setiap manajemen dan divisi yang ada pada perusahaan
  5. Kegiatan operasional perusahaan menjadi lebih terorganisir
  6. Meminimalisir terjadinya human error
  7. Mendapatkan informasi tentang customer behavior menjadi lebih cepat dan mudah
Contoh Penerapan Teknologi Informasi dalam Bisnis

Sebagai contoh kita dapat mengambil perusahaan PT Astra Honda Motor.

Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur, perakitan, dan distributor motor Honda. Dalam aktivitas pekerjaannya perusahaan ini menggunakan sistem informasi manajemen.

Salah satu sistem informasi yang digunakan adalah Enterprise Resource Planning (ERP).

Fungsi ERP adalah untuk mengintegrasikan dan membantu jalannya proses bisnis pada satu database, sehingga arus informasi dari perusahaan ke vendor lebih cepat.

Teknologi informasi sangat berguna pada perusahaan, karena bisa menekan budget, mengefisiensikan pekerjaan, dan pekerjaan bisa lebih cepat.

Kesimpulan

Dari beberapa informasi di atas, maka dapat dikatakan bahwa hubungan bisnis dan teknologi informasi sangatlah erat, seperti bisnis dengan persaingan ketat yang akan mati tanpa teknologi informasi.

Sehingga pengaruh teknologi informasi ini terhadap aktivitas dan perilaku organisasi dalam lingkup bisnis sangat diperlukan.

Selain itu hal ini tentunya akan mendukung penerapan sistem informasi agar dapat berjalan dengan baik dan selaras dengan apa yang dibutuhkan oleh manajemen organisasi bisnis itu sendiri.

Akan tetapi, manfaat yang sangat banyak diberikan dalam bidang bisnis tidak menutup kemungkinan adanya penggunaan teknologi informasi yang juga dapat disalahgunakan dalam hal yang kurang tepat.

Oleh karena itu, sebaiknya para pelaku bisnis menggunakan teknologi informasi dengan tepat, bijak dan sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.
Baca Juga :


"Nonton One Piece dari Episode 0, Follow IG Boemelind_Blog"

Artikel Terkait