Minggu, 01 Mei 2022

Kondisi Pasar dan Dinamika Persaingan Saat Ini

Tags






Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels - 

Saat ini jumlah pemasaran tidak sama dengan yang ada di tahun 60-an atau 70-an, karena ada cukup banyak produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Faktanya para pelanggan “sangat puas” dengan semua produk tersebut!

Perusahaan telah melakukan segmentasi pasar sampai menjadi yang terkecil demi pelayanan yang memuaskan dan menguntungkan.

Sekarang, distribusi sebagian besar berada di tangan perusahaan-perusahaan raksasa seperti Wal-Mart dan Costco.

Ada lebih banyak merek dan lebih sedikit produsen, produk dengan kehidupan / keawetan barang telah dikurangi dengan maksud lebih murah untuk mengganti daripada memperbaiki yang kelihatannya lebih sulit.

Pemasaran selalu dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, tetapi banyak perusahaan yang berfokus pada kualitas produk.

Mereka fokus pada apa yang termasuk dalam kategori itu dan kemudian apa yang dimaksud sub-kategori, misalnya puding dan kemudian rasa apa yang harus dibuat.

Dengan berfokus pada produk, perusahaan kemudian fokus pada siapa yang akan menggunakan produk dan mereka yang dianggap tidak menggunakannya akan dikeluarkan dari rancangan.

Dalam melakukan hal ini, Anda baru saja berhasil memberikan pesaing Anda target pasar.

Anda mungkin telah menangkap 75% dari pasar pengguna Anda, karena Anda memiliki USP atau posisi penjualan unik.

Seperti lebih banyak rasa, kemasan yang lebih nyaman, umur simpan yang lebih lama, dll.

Tetapi, mengapa Anda juga tidak bisa menangani 25% lainnya yang itu bukan dari pesaing Anda? Untuk melakukan itu, diperlukan cara berpikir baru yang dikenal sebagai "Pemasaran Lateral".

Berhentilah memikirkan bagaimana Anda dapat menjaga 75% itu cinta pada produk Anda (Pemasaran Vertikal).

Tapi pikirkan tentang menarik 25% pasar yang bukan pelanggan Anda. Ini hanya dilakukan oleh orang-orang dengan pemikiran inovatif.

Ini dapat dilihat sebagai “segmentasi” pasar lebih lanjut, tetapi pada saat yang sama akan membuatnya menjadi lebih besar.

Katakanlah Anda menjual sabun, Anda telah menguasai 75% pasar karena beberapa pengembangan formularium yang menghasilkan lebih banyak busa dengan lebih sedikit bahan produk.

Jumlah 25% yang ingin ditangkap oleh pesaing Anda lebih baik menghabiskan sedikit sabun dalam pembuatannya, daripada pengguna harus menggunakannya lebih sedikit.

Metode yang Anda ciptakan 25% adalah mulainya Anda berpikir inovasi dan bukan membuat produk yang berbeda.

Pemasaran Lateral bekerja dalam kategori produk asli dan melengkapinya, tidak pula bersaing dengannya.

Anda bisa membuat sabun dengan lebih banyak pemutih, lebih sedikit busa, bebas aroma, atau lebih banyak busa.

Anda dapat berinovasi dengan menjual ukuran dalam paket ekonomi besar, menjual dalam kemasan individual, dan melakukan ini tanpa pernah mengubah formula asli produk.

Jenis pemasaran ini bekerja paling baik untuk pasar dewasa tanpa pertumbuhan, setelah semuanya mendapatkan apa manfaat baru yang bisa Anda dapatkan untuk sabun itu.

Apabila itu dibuat dari awal tumbuhnya pasar, maka tentu akan membutuhkan sumber daya yang lebih besar, dan harus dapat mendefinisikan kembali misi serta fokus bisnis perusahaan Anda.

Metode pemasaran yang inovatif ini tidak menciptakan kategori atau pasar baru, itu selalu terjadi di dalam kategori tempat ide tersebut berasal.

Jika Anda telah melakukan segalanya dengan benar, Anda telah mengumpulkan 25% pelanggan yang mungkin telah pergi, itu tidak memerlukan banyak biaya overhead dan Anda masih memproduksi sabun!
Baca Juga :


"Nonton One Piece dari Episode 0, Follow IG Boemelind_Blog"