Rabu, 12 Januari 2022

Manfaat Kesehatan Minum Teh Hijau, Pencegahan Kanker dan Lainnya







Photo by LaĆ„rk Boshoff on Unsplash - 

Para peminum teh hijau diketahui kurang rentan terhadap penyakit kanker dibandingkan dengan orang yang tidak meminumnya. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa studi klinis.

Perlu diketahui teh hijau adalah minuman yang cukup populer selama bertahun-tahun hingga sekarang.

Orang Cina kuno dikenal suka minum teh hijau karena banyak manfaat kesehatan dan sekarang semakin banyak orang di seluruh dunia yang juga minum teh ini.

Menurut data statistik, tingkat kanker di negara-negara yang mengonsumsi teh hijau dalam jumlah besar jauh lebih rendah dibanding dengan yang tidak mengonsumsi.

Kandungan polifenol dalam teh hijau dikatakan cukup efektif melawan sel kanker agar tidak berkembang.

Begitu juga dilakukan tes pada hewan dan membuktikan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi pembentukan tumor tertentu di kulit, kandung kemih, kerongkongan, ovarium, pankreas, dan prostat.

Hasil yang bermanfaat ini dikarenakan adanya sifat antioksidan pada teh hijau. EGCG atau epigallocatechin adalah polifenol utama yang memiliki sifat anti-kanker dan anti-inflamasi.

Polifenol lain juga memiliki sifat yang sama yaitu dapat mencegah kanker kulit bahkan tumor kulit.

Pertumbuhan sel kanker di kerongkongan juga pernah terjadi, namun dengan meminum teh hijau ini terbukti bisa menekan pertumbuhan sel kanker tersebut.

Studi mengenai kanker kerongkongan dan teh hijau sering memunculkan hasil yang berbeda.

Wanita pertama yang diuji setelah minum teh hijau akan terlindungi dari kanker kerongkongan, tetapi kelompok lain akan rentan terhadapnya.

Studi lain menyimpulkan bahwa penelitian lebih lanjut terus dilakukan berkaitan dengan kanker kerongkongan ini.

Kandung kemih manusia adalah organ vital lain di dalam tubuh. Lagi-lagi, peneliti mencoba membuktikan jika ada hubungannya antara konsumsi teh hijau dengan penyakit kanker kandung kemih.

Studi klinis di kalangan wanita membuktikan bahwa kanker kandung kemih bisa dicegah dengan minum teh hijau.

Studi klinis di antara pria dengan kanker kandung kemih, didapat mereka memiliki peluang lebih tinggi untuk bertahan hidup ketika teh hijau dimasukkan ke dalam menu makanan mereka.

Pankreas juga bisa mendapatkan keuntungan sifat anti-kanker dari teh hijau ini. Baik pria maupun wanita yang minum teh hijau akan kurang rentan terhadap kanker pankreas.

Namun, penelitian lebih lanjut harus dilakukan oleh para peneliti sebelum mereka dapat merekomendasikannya untuk pencegahan kanker pankreas.

Lalu ada peningkatan jumlah pasien yang dapat bertahan hidup dari kanker ovarium. Studi konklusif di Cina yang dilakukan kepada pasien kanker ovarium terbukti cukup efektif.

Dengan satu cangkir teh hijau setiap hari, pasien dimungkinkan untuk hidup lebih lama.

Studi laboratorium tabung reaksi juga membuktikan bahwa teh hijau dapat mencegah kanker prostat di kalangan pria.

Sejauh ini, penelitian pada berbagai jenis kanker memberikan efek positif ketika teh hijau mulai diperkenalkan ke masyarakat.

Hanya dengan meningkatkan jumlah, frekuensi, serta durasi minum teh sesuai anjuran, perkembangan kanker dapat dicegah.

Kanker selalu menjadi masalah kesehatan di berbagai kelompok umur.

Selama bertahun-tahun, dokter dan peneliti telah berjuang melawan kanker dan akhirnya mereka menemukan obat yang sangat baik dan tidak terlalu mahal.

Jadi selagi masih muda dan sehat, pastikan Anda minum teh hijau setiap hari. Jadikan itu bagian dari menu diet Anda, baik Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan atau tidak.

Ada banyak manfaat dari minum teh hijau dan jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat, mulailah meminumnya sekarang.

Teh hijau sekarang sudah tersedia secara luas, begitu juga dengan bentuk suplemennya. Jika ingin mengonsumsi suplemen, Anda bisa meminta resep dan saran dari dokter.

Meskipun ini mungkin berarti ada biaya tambahan untuk Anda, uang yang akan Anda keluarkan jauh lebih sedikit daripada harus melalui program pengobatan kanker.

Jadi untuk membantu Anda mencegah dan melawan kanker, cobalah minum teh hijau setiap hari.

Jika Anda ingin lebih yakin, tanyakan kepada dokter tentang manfaat kesehatan yang akan Anda dapat dari mengkonsumsi teh hijau dan Anda akan terkejut jika dokter setuju dengan Anda.
Baca Juga :

Artikel Terkait