Rabu, 05 Januari 2022

Kafein Teh Hijau, Manfaat dan Dampak Negatif Jika Dikonsumsi Berlebihan

Tags








Photo by Matcha & CO on Unsplash - 

Benarkah salah satu efek dari mengkonsumsi teh hijau adalah insomnia karena kandungan kafein di dalamnya?

Anda mungkin menganggapnya sebagai suatu kerugian, tetapi bagi orang-orang yang bekerja pada shift malam tentu tidak akan setuju dengan Anda.

Benar teh hijau memang mengandung kafein, namun dibandingkan dengan kopi dan teh lainnya, teh hijau memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dan memiliki jumlah antioksidan yang sangat luar biasa.

Apa itu kafein?

Kafein adalah sejenis obat yang bertindak sebagai rangsangan yang pada dasarnya akan merangsang sistem saraf pusat dan jantung.

Seseorang yang memiliki kafein dalam tubuhnya akan langsung meningkatkan tekanan darah, namun tidak memiliki bukti efek jangka panjang yang pasti pada tekanan darah itu sendiri.

Peningkatan tekanan darah jangka panjang mungkin terjadi ketika Anda mengonsumsi teh hijau atau kopi dalam jumlah yang berlebihan.

Kandungan kafein dalam teh hijau tetap ada kecuali teh hijau dengan jenis tanpa kafein. Menurut beberapa penelitian, teh hijau lebih cenderung mengandung kafein lebih tinggi daripada kopi.

Tetapi dengan pengolahan yang tepat, seseorang dapat mengurangi dampak kafein yang masuk ke tubuhnya.

Bagaimana Cara Membuatnya ?

Mudah saja, tinggal tuangkan air panas ke dalam cangkir dan masukkan bubuk teh atau beberapa daun teh hijau ke dalam cangkir tersebut.

Kafein dalam teh hijau lebih bermanfaat daripada kafein yang diperoleh dari kopi. Manfaatnya bekerja jauh lebih tinggi dalam tubuh walaupun jumlahnya lebih besar daripada kopi.

Selain kafein, teh hijau memiliki konstituen lain yang bekerja sempurna sama seperti kafein yaitu kandungan vitamin, minyak dan tanin.

Perbedaan Kafein

Seperti yang telah disebutkan, ketika dibandingkan dengan kopi kandungan kafein dalam teh hijau memiliki pengaruh yang berbeda di dalam tubuh manusia.

Dengan substansinya sendiri, kafein pada teh hijau tidak begitu memicu peningkatan detak jantung dan tekanan darah manusia seperti yang biasa terjadi akibat kafein kopi.

Biasanya, teh hijau lebih cocok diminum bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tetapi sensitif terhadap kafein.

Menurunkan Berat Badan dengan Kafein

Berdasarkan penelitian, kafein memiliki kemampuan yang dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh sehingga membantu tubuh dalam membakar kelebihan kalori.

Kandungan kafein dalam teh hijau tidak diragukan lagi karena lebih menonjol daripada minuman lain. Namun, Anda dapat menguranginya berdasarkan jenis teh hijau yang Anda pilih untuk diminum.

Bertentangan dengan apa yang orang lain ketahui, oksidasi tidak memiliki kapasitas untuk meningkatkan kandungan kafein dalam tubuh.

Sebenarnya, beberapa penelitian telah dilakukan dan ditemukan bahwa semakin lama oksidasi maka semakin rendah kandungan kafeinnya.

Teh Hijau Tanpa Kafein

Untuk tujuan pengobatan, teh hijau terkadang dibuat bebas kafein. Teh hijau yang tanpa kafein memiliki rasa yang lebih enak dan memiliki aktivitas antioksidan yang mengesankan.

Hal ini sangat efektif dalam pencegahan dan bahkan pengobatan kanker, penurunan kadar kolesterol, pembentukan kolagen, penurunan kadar trigliserida dan mencegah arteriosklerosis.

Oleh karena itu, dengan adanya kafein di dalam teh hijau dapat menurunkan proses metabolisme yang terjadi secara signifikan di dalam tubuh kita, namun tidak berpengaruh pada tekanan darah dan detak jantung.

Kandungan Kafein

Dibandingkan dengan kafein yang ditemukan dalam teh hitam, teh hijau hanya terdiri dari setengahnya. 

Dan dibandingkan dengan kopi, ada beberapa teh hijau yang hanya memiliki seperempat jumlah kafeinnya.

Sehingga teh hijau menjadi minuman sempurna yang dapat Anda sertakan dalam menu makanan Anda.

Tentunya ada tindakan pencegahan yang harus diikuti, salah satunya adalah jumlah konsumsi teh hijau yang harus Anda patuhi dalam sehari.

Jumlah konsumsi yang seharusnya Anda ikuti setidaknya 4 (empat) cangkir dalam sehari. Lebih dari itu dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi negatif yang dirasakan di dalam tubuh.

Pengenalan tambahan teh hijau tanpa kafein ini adalah manfaatnya akan lebih terasa dan tentunya untuk mengesampingkan efek yang tidak diinginkan.
Baca Juga :