Jumat, 05 November 2021

Apa itu Espresso? Alasan Banyak Orang Menyukainya

Tags




Photo by tabitha turner on Unsplash - 

Meskipun kebanyakan kopi telah ada selama ratusan tahun, fakta ini tidak berlaku untuk espresso. Espresso pada dasarnya adalah secangkir kopi yang lebih disukai dan terkenal daripada kopi lainnya.

Ada banyak alasan mengapa espresso lebih disukai orang-orang daripada kopi lainnya.

Salah satu alasan yang disampaikan oleh begitu banyak orang di seluruh dunia adalah karena memang espresso memiliki sifat yang sangat berbeda dari kopi lain.

Espresso bukan hanya secangkir kopi yang lebih pekat, tetapi rasanya juga sangat berbeda dan lebih menjelaskan alasan mengapa espresso lebih disukai daripada kopi lain.

Sifat Espresso

Espresso berasal dari Milan, Italia pada awal abad ke-19. Banyak orang Italia menyebut espresso sebagai jenis kopi yang romantis dan semua orang di sana mengetahui alasannya.

Sifat espresso yang sedemikian rupa memungkinkan Anda juga menyukainya. Untuk membuat espresso ini, sebenarnya tidak melibatkan bahan-bahan yang rumit dan berbeda.

Espresso pada dasarnya adalah biji kopi yang digiling halus dan dikemas rapat lalu dimasak di dalam mesin espresso.

Menggunakan mesin adalah cara termudah untuk membuat espresso saat ini, itulah sebabnya biji kopi dimasukkan ke dalam mesin khusus espresso.

Biji kopi yang halus tadi ditempatkan di dalam mesin lalu dituangkan air panas dan menghasilkan uap air.

Uap itu digunakan untuk memanaskan biji kopi dan menghasilkan cairan kental lalu menetes, itulah yang disebut espresso.

Kekentalan espresso juga merupakan fitur yang paling menentukan dalam kenikmatannya. Karena espresso hampir 3 (tiga) sampai 4 (empat) kali lebih konsistensi daripada kopi hitam biasa.

Salah satu ciri khas espresso lainnya yang akan membantu Anda memahami persis seperti apa rupa espresso adalah adanya crema.

Crema adalah zat coklat kemerahan yang mengapung di atas espresso itu sendiri.

Namun crema sebenarnya adalah bagian utama dari espresso yang lebih disukai banyak orang, karena adanya zat berbusa yang menempel di dalamnya.

Tentu saja di atas crema adalah tempat banyak orang menaburkan kayu manis, menaruh sesendok krim kocok, serta juga menaburkannya dengan serutan cokelat.

Meskipun sepertinya espresso adalah minuman terkenal mengingat semua karakteristik yang menentukan, espresso sebenarnya cukup dinikmati di dalam gelas 1 (satu) ons saja.

Jika dibuat dengan benar, espresso bisa menjadi minuman terbaik seumur hidup Anda.

Perlu diketahui, espresso juga merupakan bahan utama dalam pembuatan banyak minuman lainnya.

Apakah Anda ingin membuat latte, mocha chill, atau versi lain dari minuman espresso, maka semuanya bergantung pada pembuatan minuman espresso.

Faktanya, ada lebih dari 100 (seratus) cara yang berbeda untuk mengonsumsi espresso.

Hal itu seperti espresso digunakan untuk makanan penutup, minuman malam, minuman bangun pagi, serta untuk berbagai macam momen lainnya.

Jika Anda pernah singgah ke kedai kopi yang menjual espresso, kemungkinan besar Anda pernah mendengar hampir semua nama minuman yang bisa dibuat darinya.

Hal ini menunjukkan betapa populernya minuman espresso.
Baca Juga :