Minggu, 07 November 2021

Bagaimana Caranya Berpikir Out of the Box yang Positif





Photo by Ante Hamersmit on Unsplash - 

Bagaimana seseorang bisa dikatakan telah berpikir out of the box? Berpikir dengan cara ini harus dilakukan secara mandiri.

Berikut ini contohnya:

Ada perintah untuk memotong kue menjadi 8 (delapan) potong, tetapi Anda harus membuatnya tidak lebih dari 3 (tiga) potong.

Kebanyakan orang akan kesulitan untuk menemukan cara memotong kue tersebut. Tetapi untuk mengatasi ini, Anda harus mengubah cara melihat kue dan cara memotongnya.

Salah satu solusi terbaiknya adalah dengan memotong kue tadi menjadi 2 (dua) ukuran yang sama dan meletakkan setengahnya di atas potongan yang lain.

Potong lagi menjadi 2 (dua), lalu tumpukkan setengah bagian lainnya di atas satu sama lain dan potong lagi.

Maka jadilah kue dengan 2 (dua) tumpukan yang mempunyai 8 (delapan) potong kue. Itulah dia yang dimaksud dengan berpikir di luar kotak.

Contoh lain dari berpikir di luar kotak adalah:

Berikut adalah 4 (empat) kata dalam bahasa inggris...subtract, multiply, add, decrease.

Sekarang mana yang tidak termasuk dalam kelompoknya?

Kebanyakan orang akan langsung mengatakan bahwa kata "decrease" bukan termasuk kelompok. 

Mengapa?

Karena ketiga kata lainnya adalah perhitungan matematika (kurangi, kalikan, tambah) dan yang terakhir adalah "turunan" yang itu bukan termasuk sejenisnya.

Nah, bukan ini yang dimaksud dengan berpikir out of the box.

Tapi jika Anda berpikir out of the box, maka jawabannya adalah kata "add". Karena hanya memiliki 3 (tiga) huruf, sedangkan yang lainnya memiliki 6 (enam) atau lebih.

Anda dapat memberikan banyak jawaban yang benar, tetapi jawaban yang menunjukkan kreativitas akan lebih menonjol.

Komponen penting dalam cara berpikir out of the box saat bekerja adalah memasukkan beberapa perubahan dari pengalaman dan proses masa lalu.

Contoh bagus lainnya adalah:

Ketika Anda ditanya 2 (dua) nama hari yang dimulai dengan huruf "T". Jawaban Anda mungkin Tuesday dan Thursday.

Lalu, bagaimana dengan kata Tomorrow dan Today?

Itu juga termasuk berfikir di luar kotak.

Sebuah perusahaan akan terus mencoba untuk menguji produk baru mereka. Mereka harus yakin mendapatkan sebuah rancangan dengan biaya yang secukupnya.

Kebanyakan dari mereka selalu melihat hal biasa dalam berbisnis dan berpikir bahwa tujuan akan bekerja sama seperti yang direncanakan. 

Tetapi hal yang biasa ini sudah terdengar monoton, karena mereka hanya berpikir menggunakan masa lalu sebagai pola untuk menentukan masa depan.

Pola memang sangat membantu kita. Karena itu bisa menyelesaikan tugas manusia seperti mengemudi, makan, dan minum. 

Namun, ini adalah pola yang sama dalam hidup dan menyulitkan orang untuk berpikir di luar kebiasaannya.

Menggunakan pola seperti ini akan sulit untuk menciptakan solusi alternatif pada masalah, terutama ketika dihadapkan dengan data yang tidak diinginkan.

Salah satu langkah penting untuk mematahkan pola tersebut adalah mencoba membalikkan pola, desain, solusi dan mengeluarkan ide-ide baru.

Contohnya ketika Anda mengambil benda apa saja dan balikkan sesuka hati Anda atau putar saja dan Anda akan terkejut dengan hasilnya.

Ini adalah pengalaman pribadi Henry Ford seorang pendiri Ford Motor Company.

Rencana pembisnis pada umumnya "membawa orang bekerja". Namun dia mencoba untuk mengubah semua ini menjadi "membawa pekerjaan kepada orang-orang."

Bonus dari rancangan ini adalah menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Cara lain memunculkan solusi alternatif untuk masalah dan situasi sederhana adalah dengan tidak memikirkan subjeknya.

Jika Anda ingin menghasilkan sesuatu yang lebih kreatif, jangan pikirkan bagian dari masalah itu sendiri.

Melainkan pikirkan orang atau subjek yang bergerak dan kemudian gunakan formasi atau desain yang abstrak sebagai stimulus untuk menampilkan desain baru Anda.

Namun, saat akan berpikir di luar kotak jangan pernah menolak kenyataan bahwa beberapa ide Anda bisa saja sangat gila.

Hal ini dapat mematahkan kekakuan berpikir dan menghadirkan cara untuk menyaring orang-orang yang bodoh dan irasional (tidak berakal).

Cara ini memberikan orang-orang lebih banyak kebebasan untuk berpikir di luar kotak dan menemukan kembali cara-cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Apa yang dapat Anda lakukan adalah membuat daftar beberapa ide aneh dan tidak masuk akal tentang masalah tertentu.

Memecahkan pertanyaan akan melepaskan stres yang Anda alami. Yaitu dengan mencoba "memeras" kreativitas.

Percayalah saat Anda coba memecahkannya, semua kekuatan alam di dunia bebas untuk menemukan solusi yang akan datang kepada Anda ketika Anda tidak mengharapkannya.

Dalam skenario kehidupan yang jauh lebih nyata, Anda bisa mempraktikkan berpikir di luar kotak hanya untuk bersenang-senang.

Anda bisa mempraktikkan hal-hal yang menyenangkan seperti membuat masalah tanpa menyakiti siapa pun dan mengatakan atau melakukan hal yang tidak terduga.

Tapi pastikan Anda melakukannya terlebih dahulu kepada orang yang sudah Anda kenal untuk menghindari konflik dan konfrontasi (tanggapan) negatif.

Sebagai contoh ketika seorang teman menanyakan waktu, secara otomatis Anda akan melihat jam tangan Anda yang merupakan hasil dari teori stimulus-respons (respon gerak).

Berpikirlah di luar kotak, mengapa Anda tidak mengatakan sesuatu yang gila seperti, "Oh sudah waktunya untuk membalas dendam," lalu menuju ke pintu.

Perhatikan reaksi mereka saat kebingungan total dan kaget ketika Anda benar-benar mencampuradukkan beberapa hal di kepala mereka dan mengganggu pola berpikir mereka. (Jangan lupa untuk meminta maaf setelahnya)

Thinking out of the Box atau biasa disebut berpikir kreatif adalah suatu usaha untuk merancang susunan elemen baru dan benar-benar kreatif untuk menghasilkan sebuah karya seni.

Menjadi pemikir yang out of the box bisa menjadi profesi yang bermanfaat.

Ini memang sedikit berbahaya, tetapi bisa menjadi salah satu kekuatan Anda dalam waktu singkat ketika dipergunakan dengan bijak.

Jika kawanan Anda pergi ke kanan, Anda pergilah ke arah lain. Ingatlah bahwa Anda bisa menjadi jenius dengan cara Anda sendiri.

Pikiran Anda harus datang dari jangkauan yang dalam dan keluarkan ide yang sama sekali berbeda. Hal ini pada akhirnya akan cukup ampuh untuk hasil yang berbeda pula.

Menjadi kreatif dan out of the box terkadang cukup liar, tetapi bisa mengeluarkan energi positif Anda saat mengalami pertumbuhan dan pengembangan diri.

Anda akan terkejut betapa mudah dan berbedanya cara Anda untuk memperbaiki dan mencoba memecahkan masalah dari kebiasaan yang sudah dipraktekkan kebenarannya.

Biarkan pemikiran Anda keluar dari kotak yang lama dan menjadi panduan Anda untuk menuju pendekatan hidup yang baru dan lebih baik.
Baca Juga :