Rabu, 03 November 2021

Tentukan Pilihan Anda, Espresso Versus Cappuccino !

Tags










Menjadi pecandu kopi atau kafein seperti yang diklaim banyak orang mengakui bahwa mereka biasanya meminum banyak jenis produk kopi, seperti espresso, cappuccino, kopi biasa, serta berbagai kopi sejenisnya.

Namun, salah satu aspek kopi yang banyak orang salah paham adalah mereka mengira espresso dan cappuccino itu adalah minuman yang sama, padahal sebenarnya tidak.

Espresso dan cappuccino mungkin terlihat seperti minuman yang sama dan juga dianggap mempunyai rasa yang sama oleh peminum kopi pada umumnya.

Tetapi bagi penggemar espresso sejati, espresso adalah minuman yang sama sekali berbeda!

Berikut adalah beberapa perbedaan antara kedua minuman ini dan beberapa alasan mengapa banyak orang lebih memilih salah satu dari yang lainnya:

Cappucino itu Generik

Salah satu alasan mengapa banyak orang menganggap cappuccino sebagai minuman espresso adalah karena cappuccino secara bahan adalah minuman kopi yang memiliki beberapa espresso di dalamnya.

Meskipun cappuccino lebih merupakan konsistensi kopi biasa, bentuk pertama cappuccino ini dibuat mengandung sebagian dari espresso.

Namun demikian, karena cappuccino bukan 100% espresso, maka kopi ini secara alami akan memiliki rasa yang sangat berbeda.

Di sisi lain, banyak orang yang tidak menyukai espresso biasa akan lebih beralih ke cappuccino untuk versi yang lebih baik dari banyak jenis kopi yang mereka minum.

Untuk alasan ini, beberapa orang mungkin menyebut cappuccino sebagai bentuk umum dari espresso, karena mengingat bahwa cappuccino memiliki lebih sedikit espresso daripada yang aslinya.

Karakteristik Espresso

Ketika kita membedakan antara cappuccino dan espresso, mungkin ciri khas espresso yang paling menentukan adalah bahwa espresso jauh lebih kental daripada cappuccino atau kopi lainnya.

Sebagian besar disebabkan karena espresso harus dibuat dari mesin espresso, sedangkan kopi dan jenis cappuccino lainnya dapat dibuat dengan tangan atau ditempatkan di cerek penapis kopi dan akan memberi mereka hasil yang diinginkan.

Mungkin, ini adalah salah satu cara agar banyak orang dapat membedakan antara espresso dan hampir semua jenis kopi lainnya.

Mesin espresso biasanya digambarkan sebagai mesin besar yang memiliki banyak bagian, tetapi ada proses panjang yang dilalui espresso agar tepat untuk orang yang meminumnya.

Pecinta Cappuccino dan Espresso

Namun, apa alasan mengapa espresso lebih disukai daripada cappuccino atau sebaliknya?

Salah satu alasan banyak orang menyukai cappuccino adalah karena rasa kopinya yang kurang kuat dibandingkan espresso biasa.

Perut banyak orang mungkin tidak dapat menerima semua jenis espresso, itulah sebabnya cappuccino mungkin lebih banyak tersedia di restoran dan kedai kopi lain daripada espresso.

Namun secara keseluruhan, penting untuk menyadari bahwa memang ada perbedaan antara kedua minuman kopi tersebut.

Espresso dan cappuccino adalah dua minuman yang sangat berbeda di alam ini dan memiliki karakteristik yang sangat berbeda, serta menarik dua jenis peminum kopi yang berbeda juga!
Baca Juga :