Minggu, 23 April 2017

Sedikitnya 7 Konsepsi Tujuan Hidup Manusia Pribadi Muslim

Tags






sedikitnya 7 konsepsi tujuan hidup manusia pribadi muslim

Assalamualaikum

Tiap pribadi muslim akan dapat mempertanggungjawabkan segala aktivitas hidupnya dengan baik dan benar dihadapan Allah swt.

Kalau ia mempunyai dan tahu betul tentang tujuan hidup yang harus di gapai di dunia ini. Tujuan hidup bagi tiap pribadi muslim adalah berasal dari Allah swt.

Selaku Khalik Yang Maha Tahu untuk apa manusia diciptakan dan tujuan diciptakan manusia.

Tujuan hidup pribadi muslim adalah mencari keridhaan Allah SWT, sebagaimana firman-Nya, Klik (Q.S. al-Baqarah (2): 207)

Konsepsi tujuan mencari ridha Allah kelihatannya abstrak, namun akan kongkret dan dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari apabila tiap-tiap pribadi muslim telah menanamkan dalam jiwanya :

1. Sikap ridha bahwa Allah adalah Tuhannya. Ridha bahwa Allah sebagai Rabbnya dengan mau tunduk terhadap aturan-aturan yang telah ditentukan Allah untuk dilaksanakan.

Ridha bahwa Allah swt. sebagai Maliknya, maka ia mau menegakkan aturan-aturan Allah yang tertuang dalam Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-harinya melalui sistem khilafah islamiah.

Ridha bahwa Allah sebagai Illahnya, maka ia akan mencurahkan segala bentuk pengabdiannya hanya untuk Allah swt.

Tiap-tiap pribadi muslim yang ridha bahwa Allah sebagai illahnya, maka ia akan membuang jauh-jauh segala macam bentuk Illah kecuali hanya Allah swt. semata.

Sikap ridha kepada Allah swt. sebagai Rabb, Malik, Ilah, merupakan kebulatan sikap yang terpadu dan seimbang, tidak boleh dipisah-pisahkan

2. Sikap ridha bahwa Muhammad saw. adalah Rasulullah, utusan-Nya yang menjadi suri teladan hidup baginya dengan cara mendalami kajian Sunah-Sunah Rasulullah saw. untuk selanjutnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari

3. Sikap ridha bahwa Islam adalah Dinnya dan konsekuen menjalankan syariat melalui sumber utamanya yang dijadikan pedoman hidup bagi tiap-tiap pribadi muslim, yakni Al-Qur'an dan As Sunah

4. Sikap ridha bahwa Al-Qur'an dan Sunah Rasulullah saw. merupakan pedoman hidupnya, undang-undangnya, dan petunjuk pelaksanaannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari

5. Sikap ridha bahwa jihad fi sabilillah dan dakwah Islamiyah adalah pekerjaan dan aktifitas pokoknya dalam segala kondisi, situasi, dan dimana pun juga.

Sedangkan pekerjaan dan aktivitas lainnya sebagai penopang tegaknya tugas kerisalahan.

6. Sikap ridha bahwa orang-orang beriman dan beramal saleh adalah ikhwannya, dan ridha bahwa setan dengan segala macam bentuk pengikutnya adalah lawan hidupnya.

***

Sikap-sikap tersebut dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari tiap-tiap pribadi muslim dengan cara merujuk pada pedoman hidupnya, yakni Al-Qur'an dan As Sunah.

Sikap hidup diibaratkan seperti pohon yang senantiasa berbuah lebat dengan akarnya yang kokoh menghujam ke dalam tanah.

Walaupun pohon itu disiram hujan lebat ataupun hanya gerimis saja ia akan senantiasa berbuah lebat. Sebagaimana firman Allah swt dalam (Q.S. al-Baqarah (2): 265)

Orang-orang yang tujuan hidupnya mencari keridhaan Allah adalah orang-orang yang senantiasa mendirikan shalat, menafkahkan rezekinya secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan dijalan Allah.

Menolak untuk berbuat jahat dan segala macam perbuatan jahat serta menggantinya dengan kebaikan.

*Sumber : Buku Benarkah Saya Muslim ? "Percik-Percik Renungan Bagi Pribadi Muslim. Hal 91 - Drs. M. Saefuddin
Baca Juga :

Artikel Terkait