Jumat, 21 April 2017

Cara Registrasi Baru dan Mengatasi Masalah Gagal Registrasi Dapodik PAUD





Cara Registrasi Baru dan Mengatasi Masalah Gagal Registrasi Dapodik PAUD
Assalamualaikum

Untuk cara registrasi baru, bisa anda lihat panduan.

Pastikan anda telah mendownload buku panduan atau petunjuk penggunaan aplikasi di situs resmi dapodik paud https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/.

Pilih Menu Dapodik PAUD dan anda bisa mendownload buku panduan, aplikasi, dan instrumen pendataan Dapodik PAUD.

Didalam buku tersebut telah lengkap penjelasan mulai dari pengertian aplikasi, spesifikasi aplikasi, cara instalasi, input data, sampai ke sinkronisasi data.

Saya sarankan baca dengan teliti panduan tersebut, jika tidak anda akan kebingungan dan "asal-asal picit/tekan" dalam bahasa Melayu.

Akibatnya aplikasi akan error dan anda terlambat untuk menyinkronkan data.

Nah disini, saya hanya akan menceritakan pengalaman saya sebagai operator dalam menggunakan aplikasi dapodik paud versi 3.0.2 ini.

Tentunya tidak ada didalam buku panduan. Pengalamannya yaitu gagal dalam melakukan registrasi ulang.

Maksudnya sebelum aplikasi ini saya instal di laptop saya, aplikasi dapodik paud ini awalnya terinstal di komputer lain.

Jadi pada saat melakukan instalasi dan melakukan registrasi di laptop yang terkoneksi internet, saya menggunakan email dan password yang baru.

Akibatnya ketika menekan tombol Simpan dan menekan tombol registrasi. Proses hanya sampai 70% - 80% dan gagal. Sayapun dibuatnya heran, beberapa kali mencoba registrasi hasilnya terus saja gagal.

Solusinya cobalah untuk mengingat email dan password lama anda ketika mendaftar pertama kali aplikasi.

Kosongkan file log aplikasi terlebih dahulu melalui :
Cara Registrasi Baru dan Mengatasi Masalah Gagal Registrasi Dapodik PAUD
Buka runtime.log dan delete semua tulisannya, lalu save dan close. Lakukan registrasi ulang dengan memasukkan email dan password lama.

Jika anda lupa username (email) dan password, coba cari di file log aplikasi pada komputer lain (komputer tempat registrasi dan sinkron online aplikasi pertama kali).

Kalau tidak ketemu juga, coba datangi operator dinas pendidikan kabupaten/kota anda dan sampaikan permasalahan anda.

Saran saya, selalu anda ingat kode registrasi, username(email), dan password lama anda.

Walaupun mungkin anda harus menginstal ulang aplikasi karena terhapus, saat registrasi inputkan username dan password lama saja.

Karena menurut saya aplikasi ini masih belum semudah yang kita fikirkan seperti layaknya (menggunakan facebook, twitter, email dan lainya.)

Sekian cara mengatasi masalah proses registrasi ini. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar, secepat mungkin akan saya jawab. Terima kasih

Wassalamualaikum. Salam Satu Data
Baca Juga :