Sabtu, 13 Maret 2021

Belanja Murah Pakai Kartu Kredit Anda dan Tabung Banyak Uang

Tags




30daysreplay Marketingberatung on Unsplash - 

Anda pasti sudah lama mengenal yang namanya kartu kredit. Kartu ini bisa dikatakan sebagai perlengkapan utama masyarakat saat ini untuk berbelanja.

Kartu berbahan plastik ini bahkan bisa menjadi teman terbaik bagi orang yang hobi berbelanja. 

Mengingat zaman sekarang, kartu tampaknya menjadi pilihan paling praktis bagi beberapa orang.

Kartu ini sebenarnya adalah alat yang paling nyaman digunakan saat Anda kehabisan uang tunai. Tetapi itu akan mendorong Anda untuk terus berbelanja.

Apakah Anda tau bahwa kartu kredit bisa digunakan untuk menabung ?

Ya, sebenarnya ada cara agar kartu kredit bisa bermanfaat untuk menambah tabungan Anda. 

Maksudnya, Anda bisa menghemat uang dengan menggunakan kartu kredit seperti berikut:

1. Transfer ke Kartu Bunga 0%

Jika kartu kredit Anda saat ini memiliki bunga yang tinggi, Anda dapat beralih kartu dengan melakukan transfer saldo ke kartu dengan bunga rendah atau tanpa bunga sama sekali.

Ada kartu yang menawarkan bunga 0% untuk periode tertentu dan jika ada peningkatan bunga reguler di kemudian hari, itupun lebih rendah dari yang lain.

Kartu dengan tingkat bunga 19% jika ditransfer ke kartu lain dengan bunga 16,1% maka ada perbedaan 2,9% dan itu sangat berarti terutama dalam jangka panjang.

2. Belanja Saat Suku Bunga Turun

Berbelanja dengan kartu kredit saat suku bunga turun dapat memaksimalkan penghematan kartu kredit Anda.

Namun jika Anda belum memiliki saldo, pilihan terbaik adalah memiliki kartu yang tidak ada biaya tahunan.

Anda perlu melakukan tindakan pencegahan ekstra, dengan asumsi bahwa walaupun suku bunga pembelian barang itu rendah, tetapi Anda tetap mendapatkan barang yang terbaik.

Artinya terus memperbaiki kebiasaan belanja Anda menuju ke yang lebih bijak.

Selama ini Anda mungkin tertarik dengan harga barang murah, tetapi kadang kualitasnya mungkin tidak seperti yang diinginkan.

Tambah lagi jika kartu Anda terdapat biaya tahunan dan sejenisnya, maka Anda tidak akan bisa berhemat.

3. Program Imbalan

Saat ini, sistem poin berhadiah dan program uang kembali sering ditawarkan beberapa produsen dan ini dapat menghemat uang Anda. 

Menjaga utang tetap rendah meskipun Anda sering berbelanja akan memberi Anda diskon maksimal sebesar 5% untuk setiap pembelian.

Ada juga potongan harga hingga 5% bila Anda menggunakan kartu kredit di SPBU, toko serba ada dan toko bahan makanan tertentu.

Keuntungan ini dapat diterapkan secara langsung ke tagihan Anda dan Anda dapat merasakan buah usaha penghematan yang Anda lakukan.

4. Memaksimalkan Pengalaman

Untuk menuai hasilnya, Anda harus mengantisipasi kegagalan. Orang yang bijaksana pasti akan mencari hasil yang terbaik dan langsung mendapatkannya tetapi dengan hati-hati.

Oleh karena itu, Anda perlu membaca detail kartu yang akan Anda gunakan. Periksa biaya yang mungkin dikenakan dan tarif denda jika Anda menunda pembayaran.

Ada beberapa sisi negatif dari kesepakatan yang akan ditawarkan kepada Anda. Misalnya, berhati-hatilah dengan fitur penarikan tunai pada kartu kredit.

Beberapa fitur penarikan tunai pada kartu ini bisa sangat mahal, artinya ada biaya administrasi yang lebih tinggi.

Tetaplah waspada, pengeluaran mungkin tidak dapat dihindari pada waktu-waktu tertentu. Hanya saja, jangan lupa pada tujuan Anda yaitu menyisihkan banyak uang untuk ditabung.
Baca Juga :