Kamis, 11 Maret 2021

6 Cara Bagaimana Menghemat Uang dan Menghindari Godaan Belanja

Tags








Damir Spanic on Unsplash - 

Menabung uang dan pengelolaan keuangan dengan bijak sangat penting dalam kehidupan seseorang.

Uang sangat penting untuk manusia bertahan hidup di dunia ini. Tetapi hanya sedikit orang yang tahu bagaimana mengelola anggaran rumah tangga mereka dengan baik.

Banyak orang kesulitan menabung meskipun itu untuk kebaikan mereka sendiri.

Seringkali, Anda mungkin termotivasi untuk menabung tetapi ada kalanya godaan terus menghampiri Anda.

Sebelum Anda menyadarinya, Anda telah membelanjakan sejumlah uang yang seharusnya ditambahkan ke rekening tabungan Anda.

Berikut beberapa cara jitu yang berguna untuk bagaimana Anda dapat menghindari godaan belanja dan menghemat uang Anda:

1. Berusaha keras untuk menghindari hal-hal yang membuat Anda tidak bisa menabung.

Jika Anda gemar membeli sepatu meskipun sebenarnya Anda tidak benar-benar membutuhkannya, berusahalah untuk menghindari keinginan itu.

Salah satu caranya yaitu jauhkan diri Anda dari toko sepatu agar Anda tidak tergoda untuk membelinya.

2. Saat pergi ke toko grosir, selalu bawa jumlah uang yang telah diperhitungkan dengan baik dan bawalah daftar belanjaan.

Jika Anda memiliki uang terbatas di saku Anda saat berada di toko bahan makanan, Anda akan dipaksa untuk hanya membeli barang-barang penting yang Anda butuhkan.

Mempersiapkan daftar belanjaan juga akan membuat Anda menjadi terarah dalam berbelanja dan membantu Anda memutuskan hal-hal yang perlu diprioritaskan.

3. Pergi ke mal hanya jika diperlukan. Jangan pernah pergi ke supermarket, mall dan lainnya jika Anda tidak membutuhkan sesuatu yang penting untuk dibeli.

Berjalan-jalan di mall hanya akan menggoda Anda untuk membeli gaun yang Anda lihat di butik, meskipun Anda tidak sedang membutuhkannya.

4. Jangan selalu membawa kartu kredit Anda. Memiliki kartu kredit di saku hanya akan menggoda Anda untuk membeli barang-barang yang tidak perlu.

Cara ini juga akan membantu Anda menurunkan tagihan dan Anda akan memiliki skor kredit yang baik.

5. Anda disarankan untuk menyimpan uang di bank atau berinvestasi dalam deposito berjangka.

Anda tidak akan tergoda untuk mengambil uang dari bank setiap kali Anda membutuhkan uang tunai, terlebih jika disimpan dalam rekening deposito berjangka.

6. Anda perlu mempertimbangkan untuk bisa berkonsultasi dengan penasihat keuangan. Ada banyak program yang menawarkan layanan ini secara gratis maupun berbayar.

Mereka mungkin dapat membantu Anda dan memberikan nasihat tentang bagaimana Anda dapat menghindari godaan dan menghemat lebih banyak uang.

Cara lain untuk belajar lebih jauh tentang berhemat dan mengatur keuangan, mungkin Anda perlu membeli buku, membaca artikel dan mendengar nasehat-nasehat dari video wawancara orang-orang yang telah sukses.
Baca Juga :