Minggu, 08 November 2020

Keseruan Anak-Anak Pulang Sekolah & Pentingnya Bangun Hubungan Baik





Photo by Tanaphong Toochinda on Unsplash - 

Artikel I. Temukan Keseruan Setelah Bersekolah

Bagi jutaan orang tua di seluruh dunia, tentu menginginkan hari-hari bahagia anak mereka tidak berakhir ketika bel sekolah berbunyi.

Masih ada kanvas putih untuk dilukis, banyak lagu yang bisa dinyanyikan dan permainan lain yang bisa dimainkan.

Ini semua adalah kegiatan yang membuat anak-anak kita bahagia, bermain aman dan keluar dari masalah kebosanan. Tetapi, orang tua harus menghindari anak mereka bermain berlebihan.

Beberapa tips untuk membahagiakan anak-anak sepulang sekolah:

Ketika anak pulang dari sekolah, kegiatan lain dapat dilakukan untuk mengembangkan kreatifitas anak jika didukung oleh keterlibatan orang tua yang memadai. 

Akan seperti apa pertandingan sepak bola tanpa orang tua yang menyemangati pahlawan kecil mereka dari pinggir lapangan ?

Selalu teliti dan pilih kegiatan anak-anak Anda. Maksudnya adalah jangan hanya jadikan kenyamanan menjadi faktor penentu, tapi cari tahu hal-hal yang akan menarik minat anak Anda. 

Setelah Anda memilih sebuah program kegiatan anak, untuk dapatkan hasil penilaian yang bagus maka cari tahu apa yang bisa Anda kontribusikan ke program tersebut.

Memanfaatkan waktu senggang anak untuk istirahat yang cukup.

Banyak anak yang menghadiri kelas piano, diikuti dengan balet dan bermain di sepanjang waktu bersama temannya sebelum mereka pulang ke rumah untuk tidur.

Sungguh rutinitas ini terlalu berat untuk seorang anak, jadi saran kami lakukan secara perlahan.

Orang tua harus mengetahui kapan Anak harus berhenti. Seringkali, orang tua mendaftarkan anak mereka dalam beberapa kegiatan untuk menemukan bakatnya.

Ketahuilah mereka bukan anak ajaib yang bisa melakukan banyak hal dan unggul segalanya. Inilah saatnya melepaskan pemikiran itu.

Anak Anda mungkin tidak menjadi anak ajaib tersebut. Jadi, biarkan dia memupuk minat yang dia sukai. Ingat, kebahagiaan dan kepuasan anak Anda adalah yang terpenting.

Artikel II. Program Setelah Sekolah dan Membangun Hubungan

Jadikan kegiatan sepulang sekolah adalah kegemarannya untuk hari ini dan berikutnya.

Dengan sekitar $ 500 juta telah diinvestasikan dalam program-program ramah anak di Amerika Serikat.

Lebih dari 10 juta anak-anak menghadiri program di Amerika saja, yang membuktikan bahwa popularitas kegiatan ini tidak dapat diabaikan.

Setiap pegawainya memahami betul kebutuhan untuk mengembangkan keterampilan baru, memperoleh lebih banyak pengetahuan, dan menjaga keamanan anak-anak saat orang tua mereka bekerja.

Faktor terpenting dalam keberhasilan program ini adalah hubungan antara anak-anak yang berpartisipasi dalam program dan anggota dewasa yang bekerja dengan anak-anak tersebut.

Seringkali, anak-anak mungkin curhat kepada anggota dewasa yang bukan guru.

Interaksi emosional semacam ini adalah suatu keharusan ketika anak-anak berjuang untuk memahami pusaran emosi yang menyerang mereka.

Kontak langsung dengan para profesional bisa menjadi pengalaman yang menginspirasi. Anak-anak sangat terkesan dengan pengetahuan dan pengalaman orang dewasa ini.

Kaum muda memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman ketika mereka berurusan dengan orang dewasa yang berpengalaman dan remaja yang lebih tua yang melayani sebagai guru atau mentor dalam program-program ini.

Para pembimbing muda ini berbeda dengan para guru di sekolah dan anak-anak lebih cenderung mendapatkan inspirasi dari mereka.

Kegiatan luar sekolah yang dikelola secara profesional oleh orang-orang yang ahli di bidangnya akan menghasilkan anak-anak yang lebih semangat dan sukses.

Interaksi yang berarti dengan orang dewasa adalah proses pengalaman belajar itu sendiri.
Baca Juga :