Rabu, 07 Oktober 2020

Miliki Keterampilan Dasar Anda untuk Menemukan Pekerjaan Impian

Tags





Keterampilan maksudnya adalah mengacu pada hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan baik dan bersemangat.
Photo by Razvan Chisu on Unsplash

Kunci untuk menemukan pekerjaan yang paling sesuai adalah dengan mengenali keterampilan Anda sendiri dan pandai menyampaikannya melalui surat tertulis dan lisan kepada calon pemberi kerja.

Ada beberapa mayoritas keterampilan yang cukup penting diperhitungkan dalam lowongan pekerjaan.

Keterampilan apakah itu ? Akankah Anda telah menganalisa keahlian Anda untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan ?

Berikut kami coba jelaskan beberapa tips mendapatkan pekerjaan impian itu:

A. Tentukan keterampilan Anda.

Menganalisa keterampilan diri mungkin membantu Anda untuk menjadi kandidat utama yang terpilih dalam mendapatkan pekerjaan.

Karena pada beberapa perusahaan atau perkantoran pemerintah, pengalaman kerja tidak terlalu diprioritaskan.

Jika ini akan menjadi pencarian pekerjaan pertama Anda dan Anda tidak memiliki pengalaman kerja hingga saat ini, maka Anda masih memiliki peluang diterima di perusahaan tersebut.

Mayoritas keterampilan dasar ini biasanya terdiri atas pengetahuan baik itu secara teori atau maupun praktek. 

Keterampilan dasar yang telah diperoleh dan dapat dikembangkan seperti tolong-menolong, disiplin ketika menjadi siswa, rajin bekerja sebagai ibu rumah tangga, atau aktivitas positif lain dari diri Anda sendiri.

Apabila Anda memiliki cukup keterampilan dasar atau hidup ini, pada kenyataannya masih dapat diterapkan pada pekerjaan yang Anda inginkan.

Mengingat dan membuat daftar keahlian pribadi dapat membantu Anda dengan mudah mengisi lamaran pekerjaan, menyiapkan informasi yang berguna untuk wawancara kerja, dan merancang resume yang berkualitas.

Pertama, Anda harus mengkategorikan keterampilan itu dengan menyebutkan minat dan bakat dari pengalaman kerja Anda.

1) Bakat dan minat ini termasuk pada semua hobi Anda, aktivitas yang pernah Anda lakukan di masa lalu, dan semua hal yang Anda minati.

Dengan merincikan semua ini, Anda dapat memeriksa beberapa keterampilan yang diperlukan untuk menyesuaikan setiap item persyaratan kerja.

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa keterampilan dasar sangat penting.

Termasuk pada kemandirian baik itu dalam merawat diri atau melakukan pekerjaan rumah, mahir di beberapa olahraga, kemampuan sosialisasi dan berkomunikasi, bisa menggunakan perangkat elektronik dasar, pandai mengemudi dan memperbaiki mobil serta banyak lagi.

Semua item ini dapat menentukan apakah Anda mampu bekerja dalam tim, mampu menangani banyak tugas, memiliki pengetahuan yang layak tentang kepribadian manusia, pengetahuan elektronik dan kemampuan untuk mendiagnosis masalah mekanis dan numerik.

Daftar keterampilan ini akan banyak dibutuhkan, maka pastikan untuk mempersiapkan beberapa keterampilan hidup yang akan bermanfaat bagi lingkungan kerja Anda.

2) Riwayat pekerjaan. Riwayat ini termasuk pengalaman bekerja sebagai sukarelawan, pekerja paruh waktu, pekerja lepas, pekerja musim panas, atau pekerja penuh waktu.

Setelah Anda membuat daftar semua pekerjaan sebelumnya, buatlah keterampilan dan keberhasilan yang telah Anda capai pada setiap pekerjaan tadi, seperti pernah menduduki jabatan tertentu atau prestasi lainnya.

B. Mulai menyebar berkas lamaran.

Setelah menyiapkan berkas lamaran pekerjaan, Anda bisa langsung dapat pergi ke layanan bursa kerja atau job fair yang dapat membantu Anda memperoleh pekerjaan yang Anda inginkan.

Anda juga bisa mencari pekerjaan sendiri di media cetak, internet, bertanya kepada teman, dan membaca papan informasi di kantor ketenagakerjaan. 

Namun, selalu ingat untuk mencocokkan keahlian dan kemampuan Anda dengan keahlian dan kemampuan yang dibutuhkan dari berbagai lowongan pekerjaan.

Dalam banyak kasus, orang yang pertama kali mencari pekerjaan akan ditempatkan pada jabatan yang paling rendah dan itu seharusnya tidak demikian.

Selama keterampilan dan kemampuan Anda dapat memenuhi persyaratan beban kerja dan jabatan yang dibutuhkan, kemungkinan Anda akan memperoleh pekerjaan yang Anda inginkan itu.
Baca Juga :