Senin, 05 Oktober 2020

Penghematan Uang Pembelian Makanan Saat di Rumah Maupun di Luar

Tags





Apakah Anda ingin memangkas pengeluaran biaya untuk makanan ? Jika iya, kami sarankan untuk membaca tips berikut ini yang pastinya akan membantu mengurangi pengeluaran biaya makan Anda.
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Tips berikut ini mungkin banyak orang-orang yang sudah mengetahuinya bahkan menerapkannya, tetapi akan sangat berguna bagi yang belum mengetahuinya.

1. Hemat bagi peminum kopi.

Apabila Anda biasa membeli biji kopi, sebaiknya Anda menggunakan kembali kopi yang sudah digiling satu kali. Penggunaan ampas kopi dua atau tiga kali tidak akan terlalu menghilangkan rasa kopi.

Sangat disarankan untuk menggunakan filter permanen dan menghindari filter berbahan kertas. Simpan ampas kopi tersebut di lemari es untuk digunakan keesokan harinya.

2. Berhemat bagi pecinta roti.

Toko roti yang menjual rotinya sehari setelah dibuat akan memiliki harga jauh lebih murah.

Jadi, tidak ada salahnya makan roti sehari setelah dibuat, karena rasanya tidak terlalu berbeda daripada roti yang baru matang.

Jika Anda memiliki banyak ruang di lemari es Anda, simpanlah roti Anda di dalamnya. Jika Anda ingin memakan roti kembali, Anda dapat memanaskannya menggunakan oven microwave. 

Panaskan roti itu selama lebih kurang 30 detik untuk membuat bagian tepi roti menjadi lembut jika dimakan.

3. Saat membeli kebutuhan makanan di toko grosir.

Sebelum pergi ke toko kelontong, pastikan Anda sudah membuat daftar barang pembelian yang sangat dibutuhkan.

Utamakan barang kebutuhan pokok dan hindari membeli barang yang tidak terlalu Anda butuhkan. Perhatikan juga harga yang tertera di rak atau di bungkus makanan.

Ingat juga bahwa produk bermerek impor harganya jauh lebih mahal daripada merek lokal.

Ada baiknya menyimpan tanda terima atau struk belanja Anda sebelumnya dari toko bahan makanan dan menjadikannya sebagai dasar untuk pembelian pada hari berikutnya.

Untuk mendapatkan penghematan yang lebih tinggi, belilah lebih banyak produk yang bisa di simpan dan tahan lama seperti beras, telur, mie instan dan lainnya.

Anda dapat menyimpan belanjaan di lemari es untuk meminimalkan perjalanan Anda belanja ke toko bahan makanan.

4. Tips saat makan di luar.

Jika Anda akan makan di restoran mahal, waktu terbaik untuk pergi ke sana adalah saat makan siang. Makanan selama makan siang biasanya lebih murah dan ini akan sangat menguntungkan. 

Saat menginap di hotel selama liburan, ada baiknya memeriksa apakah sarapan termasuk dalam total biaya kamar Anda atau tidak.

Anda juga harus mencari tahu di mana penduduk setempat makan. Kemungkinan besar, mereka akan makan di tempat yang makanannya enak dan harganya bahkan jauh lebih baik.

Saat berkeliling, bawalah makanan ringan Anda dari tempat keberangkatan. Seperti cokelat batangan, keripik, dan biskuit yang akan sangat membantu Anda mencegah rasa lapar saat berjalan-jalan.

Hal yang perlu diingat adalah makan murah tidak berarti makan makanan yang tidak enak. Lihatlah di lingkungan sekitar dan Anda akan terkejut dengan banyaknya pilihan yang dapat dipilih.

Luangkan waktu dan pertimbangkan pilihan Anda, sehingga Anda tidak hanya dapat makan banyak tetapi juga bisa menghemat uang.
Baca Juga :