Jumat, 02 Oktober 2020

10 Tips Praktis Hemat Uang Saat di Rumah, Kantor atau Pusat Perbelanjaan

Tags





Pada dasarnya, menabung tidak sesulit seperti yang orang-orang katakan. Bisa dibuktikan dari 10 trik praktis yang dapat Anda lakukan untuk mulai menabung namun tanpa mengubah gaya hidup.
Photo by bady abbas on Unsplash

1. Langkah pertama penghematan di rumah adalah ganti lampu pijar Anda dengan lampu Compact Fluorescent (CFL).

Lampu CFL mengkonsumsi energi 80% lebih sedikit daripada lampu pijar, tetapi memberikan penerangan yang sama.

Pastikan Anda hanya membeli lampu dan bohlam yang memiliki peringkat Energy Star untuk memastikan kepatuhan kualitas lampu.

Namun, tidak jauh dari tahun 2020 ini telah ditemukan lampu LED (light-emitting diode) dengan teknologi yang lebih baru dan tentu lebih irit energi daripada sebelumnya.

2. Kedua, buatlah daftar saat pergi ke toko bahan makanan dan patuhi catatan itu! Ingat, apapun yang tidak ada dalam daftar bukanlah kebutuhan Anda, tetapi hanya beberapa keinginan.

Jadi hindari merogoh saku Anda untuk barang-barang yang tidak perlu. Beli bahan habis pakai yang tidak mudah rusak dalam jumlah besar untuk mendapatkan penghematan harga.

3. Ketiga, yaitu manfaatkan kupon diskon jika tersedia di tempat belanja Anda. Luangkan waktu dan bersabarlah untuk memotong dan mengumpulkan kupon belanja Anda.

Jika dijumlahkan, penghematan dari penggunaan semua kupon dalam satu perjalanan belanja alat elektronik dan sebagainya bisa mencapai $ 20 sampai $ 30 atau sekitar Rp 280.000 lebih.

Dapatkan juga kupon makanan, kupon belanja online atau kupon dari media cetak langgangan Anda. Melakukannya dapat menghemat setidaknya 50% dari total pengeluaran belanja.

4. Selanjutnya berbelanja lah secara online jika itu memungkinkan.

Toko online membebaskan konsumen mereka dari biaya sewa tempat dan pergudangan, sehingga konsumen dapat menghemat hingga 30% dari harga biasanya.

Saat membeli barang secara online, carilah di Google terlebih dahulu dengan kata kunci, "kode diskon" nama barang. Ini mungkin dapat memberi Anda informasi diskon harga pada item yang ingin Anda beli.

Coba juga untuk mencari barang di situs lelang online, mereka menawarkan setidaknya 75% dari harga pembelian asli, untuk barang-barang baru maupun barang sedikit bekas!.

5. Biasakan untuk membawa bekal makan siang ke kantor.

Bagi yang suka cemilan bisa membeli keripik kentang dan soda dari toko makanan dan buat sandwich olahan sendiri lalu kemas dalam kantong atau tempat makanan.

Tetapi yang biasa makan nasi dan lauk pauk silahkan memasaknya di rumah dan dibawa ke kantor untuk makan siang.

6. Biasakan untuk makan malam masakan sendiri atau keluarga sesering mungkin, guna mencegah pergi makan di luar.

Rencanakan menu yang praktis dan mudah untuk dimasak agar mendorong kebiasaan makan di rumah. Hematlah uang Anda dengan makan di luar hanya jika pergi ke acara-acara khusus.

7. Gunakan bahan alami sehari-hari yang mudah didapat untuk perawatan kulit dan tubuh serta cari cara melakukannya.

Mentimun, madu, susu, lemon, garam, dan soda kue adalah beberapa bahan di rumah Anda yang juga dapat digunakan untuk merawat kulit Anda.

8. Bagi wanita, penting menghindari kebiasaan berbelanja untuk menghilangkan stres. Cobalah dengan berjalan-jalan di taman, olahraga atau menonton film sebagai gantinya.

9. Jika diizinkan, bawalah minuman soda dan makanan ringan Anda sendiri saat pergi menonton bioskop.

Karena, biaya minuman soda dan makanan ringan setidaknya 25% lebih tinggi ketika membeli di gedung bioskop.

Ditambah lagi, berondong jagung buatan sendiri rasanya jauh lebih enak jika dimasak dengan sempurna. Anda bisa menambahkan garam dan mentega dengan jumlah yang Anda inginkan!

10. Jika ada, lunasi utang kartu kredit Anda setiap bulan dan hindari biaya tambahan bunga utang.

Lebih baik gunakan uang tunai sesering mungkin, kecuali jika menggunakan kartu akan memberi Anda keuntungan atau kemudahan yang lebih baik seperti bunga 0% untuk pembelian peralatan, atau potongan harga.
Baca Juga :