Minggu, 27 September 2020

Memanfaatkan Bursa Kerja atau Job Fair Agar Dapat Pekerjaan Layak

Tags






Photo by Austin Distel on Unsplash - 

Mencari pekerjaan bagi sebagian orang adalah salah satu tugas yang menakutkan.

Baik di daerah sendiri, di luar kota dan dimana pun berada, pencari kerja terus mencari cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan yang layak bagi kehidupannya.

Namun ternyata, sebagian besar para pencari kerja cenderung mengabaikan acara bursa kerja atau job fair.

Hal ini dikarenakan banyak pencari kerja yang terkadang kesal dengan rangkaian acara yang padat, penuh aktivitas dan membingungkan dalam kegiatan tersebut.

Namun demikian, bursa kerja tetap merupakan tempat terbaik untuk mendapatkan pekerjaan karena disana menghadirkan banyak pilihan pekerjaan.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja di Amerika Serikat, perusahaan kemungkinan akan meningkat jumlah produksinya sebesar 15% setiap tahunnya.

Itulah mengapa bursa kerja menjadi tempat terbaik untuk mencari pekerjaan karena banyak perusahaan yang akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Cara untuk mengikuti bursa kerja sebenarnya tidaklah rumit.

Yang penting adalah lengkapi persyaratan yang diperlukan dalam lamaran pekerjaan dan isilah riwayat Anda dengan baik dan benar.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dimiliki seorang pencari kerja pada saat mengikuti bursa kerja agar dapat memanfaatkannya secara maksimal:

1. Mencari informasi yang berguna.

Sebagian besar pencari kerja bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan terbaik mereka. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perusahaan yang mengikuti kegiatan tersebut sebelum pergi ke bursa kerja.

Biasanya penyelenggara acara akan memposting perusahaan-perusahaan yang akan berpartisipasi di bursa kerja.

Sehingga apabila Anda telah memperoleh beberapa informasi tentang perusahaan dan posisi yang terbuka untuk pekerjaan itu maka Anda akan lebih tahu daripada orang lain.

2. Pencari kerja harus memiliki resume yang cukup.

Akan lebih baik jika pencari kerja memiliki resume yang cukup, setidaknya buatlah 25 rangkap resume / riwayat hidup / CV sebelum pergi ke bursa kerja.

Dengan cara ini, pelamar dapat memberikan resume mereka kepada semua pemberi kerja potensial di bursa kerja yang ada.

Semakin banyak surat lamaran yang Anda sebarkan, semakin baik pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Para pencari kerja harus tahu pentingnya berpakaian baik saat acara.

Seperti kebanyakan orang katakan, penampilan kita adalah hal yang pertama kali dilihat orang lain.

Oleh karena itu untuk melampaui para pencari kerja lainnya, seseorang harus belajar bagaimana mengesankan calon majikannya dengan cara berpakaian yang baik.

Cara berpakaian harus menunjukkan diri Anda sebagai orang yang profesional, antusiasme dan penuh tekad untuk mendapatkan pekerjaan yang benar-benar diinginkan.

4. Para pencari kerja harus siap untuk beberapa wawancara di tempat.

Ada beberapa bursa kerja yang bukan hanya memaparkan deskripsi perusahaan dan menerima berkas, mereka juga mengadakan seleksi wawancara langsung.

Jadi, Anda harus belajar teknik komunikasi yang baik dan tentunya menguasai materi.

5. Terakhir yaitu pelamar harus memiliki daftar perusahaan tempat dia memberikan resumenya. Daftar tersebut minimal termasuk nama, bidang usaha, alamat dan nomor telepon perusahaan.

Mengetahui hal-hal ini bisa sangat membantu terutama jika pelamar baru pertama kali mengikuti bursa kerja.

Dan agar masyarakat lebih sadar akan manfaat yang bisa mereka peroleh dari bursa kerja ini.
Baca Juga :

Artikel Terkait