Jumat, 25 September 2020

Keterampilan Kerja Jadi Pertimbangan Paling Penting Perusahaan

Tags





Dalam kehidupan yang kompetitif saat ini, pemberi kerja lebih cenderung mencari orang yang dapat berkontribusi penuh pada pertumbuhan perusahaan dan tidak hanya meningkatkan produktivitasnya.
Photo by Campaign Creators on Unsplash

Oleh karena itu, sebagian besar pengusaha cenderung mencari orang yang dilengkapi dengan keterampilan kerja yang paling diinginkan agar sesuai dengan harapan dan kebutuhan perusahaan.

Maka, bagi orang-orang yang ingin mendapatkan pekerjaan yang telah lama mereka impikan, penting untuk mengetahui keterampilan kerja yang paling dicari dari sebagian besar pemberi kerja.

Berikut adalah daftar keterampilan kerja yang harus dimiliki pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan mampu mempertahankannya:

1. Kemampuan Meneliti/Analisa

Pencari kerja harus memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian bukan karena mereka ingin mendapatkan pekerjaan di perusahaan riset tetapi untuk melakukan pencarian sederhana pada data yang dibutuhkan oleh aktivitas tertentu.

2. Bisa Berpikir logis

Sebagian besar pengusaha membutuhkan orang yang mampu menghasilkan solusi yang efektif dan masuk akal mengenai proposal, aktivitas yang mungkin dilakukan atau saat menghadapi masalah.

3. Melek Teknologi

Dengan kemajuan teknologi informasi, sebagian besar lowongan kerja membutuhkan orang-orang yang paham komputer atau tahu cara mengoperasikan berbagai mesin dan peralatan kantor biasa seperti printer dan mesin fotokopi.

Kebanyakan pengusaha tidak selalu membutuhkan orang yang merupakan fokus lulusan ilmu teknologi dan komputer.

Fakta sederhana menunjukkan bahwa dengan pencari kerja mengetahui operasi dasar teknologi informasi saja sudah cukup bagi perusahaan.

4. Memiliki Keterampilan Komunikasi

Kebanyakan orang yang mampu mendapatkan pekerjaan dengan baik adalah mereka yang paling mahir berkomunikasi baik dengan berbicara maupun menulis.

Pengusaha mempekerjakan orang yang mampu mengekspresikan pikiran mereka secara efisien melalui komunikasi lisan dan tertulis.

5. Keterampilan Organisasi

Tidak ada pimpinan yang ingin mempekerjakan seseorang yang tidak teratur dalam kehidupannya. Beberapa organisasi sangat penting untuk menjaga hubungan kerja yang harmonis di perusahaan.

Karenanya, sebagian besar pengusaha mencari orang yang tahu bagaimana mengatur skema dan metode yang akan menjaga ketertiban di daerah kerja tersebut.

6. Keterampilan Interpersonal

Karena lingkungan kerja terdiri dari berbagai macam kepribadian, maka tentunya diperlukan ketrampilan berkomunikasi dengan masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat.

7. Pertumbuhan Profesional Kerja

Pengusaha akan mempekerjakan orang-orang yang mampu membuat rencana yang akan menghasilkan pertumbuhan karier pribadi mereka.

Ini berarti orang tersebut bersedia untuk meningkatkan dirinya secara profesional dengan mempelajari ilmu-ilmu atau hal-hal baru yang masih belum dia ketahui.

Sekian dari artikel ini, di atas tadi hanyalah beberapa keterampilan kerja yang paling diinginkan oleh sebagian besar pemberi kerja. 

Oleh karena itu, penting bagi para pencari kerja untuk memperhatikan aset-aset tersebut agar bisa sukses dalam setiap usaha yang mereka lakukan.
Baca Juga :