Selasa, 22 September 2020

Penting Bagi Anda Ketahui Tips Mencari Pekerjaan Bagi Lulusan Ilmu Akuntansi

Tags





Lulusan akuntansi memiliki pilihan yang lebih luas dan seperti memiliki jalur khusus untuk kelanjutan perjalanan karir mereka. 
Photo by Volkan Olmez on Unsplash

Akuntansi merupakan keterampilan yang paling banyak dibutuhkan dalam hal berbisnis dan itulah sebabnya setiap perusahaan diharuskan memiliki karyawan lulusan akuntansi minimal satu orang.

Jika Anda lulusan akuntansi, Anda dapat melamar di perusahaan manapun pun. Bidang pekerjaan tersebut termasuk pajak, audit, analisis keuangan dan akuntansi manajemen.

Tetapi ingat, sebaiknya Anda melamar pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda agar tidak terlalu kesulitan dalam bekerja.

Jika ada peluang karir yang telah dibuktikan oleh sebagian besar lulusan akuntansi yang bisa membawa mereka ke puncak tangga kesuksesan, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memasuki bidang tersebut.

Misalnya Anda lulusan akuntansi yang unggul dalam akuntansi publik, posisi entry level yang paling sesuai dengan keterampilan ini adalah Staf Pajak, Konsultasi / Layanan Manajemen, serta Staf Auditor.

Dengan posisi ini Anda akan melakukan tugas Anda yaitu membuat pelaporan kepada seorang senior.

Setelah Anda memperoleh pengalaman tiga hingga enam tahun di salah satu posisi ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk melamar ke tingkat yang lebih tinggi.

Tingkatan itu seperti Senior Pajak, Auditor Senior, dan Senior Konsultan, yang mana posisi tersebut melakukan pelaporan langsung ke Manajer. 

Setelah enam tahun berprestasi dengan teknik tersebut, barulah Anda bisa mempertimbangkan posisi level Partner dan Senior Partner.

Memiliki keunggulan dalam akuntansi perusahaan dan mempunyai pengalaman satu hingga tiga tahun akan membuat Anda memenuhi syarat untuk menjadi anggota staf di Audit Internal, Akuntansi Pajak, Manajemen, dan Akuntansi Keuangan.

Naik tingkat ke yang lebih tinggi setelah bekerja selama tiga sampai enam tahun, Anda akan memenuhi syarat untuk Tingkat Senior pada Audit Internal, Akuntansi Pajak dan Akuntansi Manajemen.

Enam tahun kemudian, Anda bisa mempertimbangkan untuk menduduki posisi seperti Manajer Pajak, Manajer Audit Internal, dan Manajer Akuntansi Keuangan.

Keahlian dalam Manajemen Keuangan, Staf Perencanaan Keuangan, Manajemen Kas, dan Analisis Kredit adalah pilihan untuk posisi entry level (posisi awal bekerja).

Setelah Anda mendapatkan pengalaman yang cukup, Anda dapat memetakan posisi Operasi Treasury, Analisis Kredit dan Perencanaan Keuangan Senior.

Posisi yang lebih tinggi akan bertugas sebagai Bendahara, Manajer Analisis Kredit dan Perencanaan Keuangan.

Pilihan karir ini adalah jalur paling umum yang paling cocok untuk lulusan akuntansi. Namun, itu tidak berarti bahwa alur itu adalah adalah satu-satunya cara untuk menaiki tangga kesuksesan.

Karena dimungkinkan juga bagi Anda yang ingin menjadi pembisnis, Anda bisa membentuk sebuah tim atau rekan kerja untuk membuka bisnis yang berkaitan dengan akuntansi.

Yang terakhir Anda harus bisa melampaui tidak hanya membatasi keterampilan Anda pada akuntansi, tetapi pada keilmuan lain yang terkait dengannya seperti komputer dasar dan bahasa asing.

Kami sarankan agar Anda mendapatkan pengalaman kerja yang cukup, memperoleh pengetahuan dalam berbagai aspek pendidikan, dan terus meningkatkan karakter Anda untuk selangkah lebih maju dengan pencari kerja lainnya.  
Baca Juga :