Sabtu, 19 September 2020

2 Rahasia Pemasaran Khusus Para Pembisnis dengan Modal Iklan Kecil

Tags





Artikel I.

Salah satu fakta kehidupan yang keras dan kejam ini adalah bahwa pengusaha besar memiliki semua uang yang mereka butuhkan untuk mengiklankan dan menjual produk mereka kepada semua orang.
Photo by Clem Onojeghuo on Unsplash

Sedangkan pengusaha yang masih kecil memiliki anggaran periklanan yang sangat minim.

Sehingga mereka mungkin tidak mampu bersaing dalam hal periklanan besar yang menghabiskan banyak lembaran uang dalam sebulan.

Dalah hal periklanan, bagi pengusaha awal bersaing dengan orang-orang besar tidaklah mudah. Jadi apa yang harus kita lakukan sebagai pengusaha kecil? Lakukan pemasaran khusus adalah jawabannya.

Kami tidak dapat mengiklankan produk dan layanan kami kepada dunia luas, tetapi kami tidak harus melakukannya untuk dapat memperoleh kehidupan bisnis yang layak.

Pemasaran khusus adalah menjual produk atau layanan tertentu kepada khalayak yang terbatas.

Satu orang dengan komputer, koneksi internet, dan ide yang bagus dapat menjalankan bisnis sendiri di Internet.

Lalu dia menargetkan orang-orang yang paling tertarik dengan apa yang dia jual dan melakukan semua hal di atas dengan anggaran periklanan yang sangat terbatas.

Menemukan niche atau ceruk yang tepat untuk apa yang Anda jual tidaklah terlalu sulit. Coba pikirkan tentang siapa orang yang paling tertarik dengan apa yang Anda jual.

Misalnya, jika Anda telah membuat formula sampo yang akan menghilangkan klorin dari rambut seseorang, Anda tidak dapat bersaing dengan perusahaan raksasa yang menjual sampo.

Tetapi Anda dapat mempersempit pasar Anda ke ceruk tertentu dan menargetkan penjualan kepada mereka yang memiliki kolam renang.

Jika berniat memasarkan melalui website, Anda bisa membeli domain dan mencari server berbayar atau gratis, lalu membangun situs web untuk mengiklankan produk Anda hanya kepada orang-orang yang memiliki kolam renang.

Anda juga bisa membuat sebuah halaman atau grup di media sosial yang beranggotakan orang-orang yang mempunyai kolam renang.

Intinya, pemasaran khusus ini adalah menjual produk atau layanan kepada mereka yang paling menginginkan atau yang paling membutuhkan produk Anda.

Artikel II.

Pemasaran khusus bukanlah tentang mencoba menjual produk atau layanan Anda kepada dunia luas. Sebagai pebisnis kecil, Anda tidak mampu membayar anggaran iklan puluhan juta rupiah semacam itu.

Itu tidak mungkin, tetapi kami yakin Anda pasti bisa, hanya dengan komputer, koneksi internet dan ide yang bagus untuk menjual ke konsumen yang lebih kecil menggunakan niche pemasaran.

Pemasaran ceruk bukanlah tentang mencoba bersaing iklan antar pengusaha. Persaingan dapat dihindari ketika Anda melakukan pemasaran niche pada produk Anda.

Kenyataannya, Anda sedang tidak berada di dunia yang di samping atau belakang Anda berbaris jutaan orang lain yang menjual barang yang sama dengan yang Anda jual.

Anda menjual kepada audiens tertentu yang telah Anda buat sendiri dengan daftar akun email atau grup di media sosial.

Pemasaran khusus bukanlah tentang menjual kepada orang yang berbeda setiap hari dalam seminggu. Tetapi setelah daftar dibuat, Anda dapat menjual kepada orang yang sama berkali-kali.

Dengan meluangkan waktu sebanyak yang Anda butuhkan dan melakukan upaya yang cukup untuk mengenal orang-orang yang tersusun dalam daftar pembeli Anda, lalu Anda dapat terus menjual kepada mereka.

Pemasaran khusus bukan tentang berfokus pada gambaran besar. Ini tentang fokus pada gambar kecil dan semakin kecil semakin baik.

Mempersempit niche pasar Anda ke bagian yang sangat spesifik dari pasar yang lebih besar akan meyakinkan Anda untuk mendapatkan pangsa pasar yang adil dari bagian kecil itu.

Dunia adalah tempat yang besar dan ada miliaran orang hidup di dalamnya. Anda hanya perlu sebagian kecil dari populasi itu untuk memiliki ribuan bahkan jutaan daftar pembeli potensial produk atau jasa Anda.

Pemasaran khusus bukan hanya tentang melihat kemustahilan tetapi pemasaran khusus hanya tentang melihat dari dekat sebuah kemungkinan.

Mendapatkan kemungkinan kecil yang diubah menjadi penjualan terus menerus akan sama dengan keuntungan besar.
Baca Juga :