Sabtu, 05 September 2020

Melatih Sikap dan Mental yang Kuat Menghadapi Rumitnya Kehidupan










Kesempatan sukses sebenarnya ada di dalam darah setiap manusia. Ada orang-orang yang nasibnya kurang beruntung pun tidak pernah merasa kehilangan semangatnya.

Photo by Robert Collins on Unsplash

Mereka bergerak maju dengan riang untuk mengambil hak terbaiknya sebagai manusia dari segala sesuatu yang diberikan Tuhan di atas bumi ini.

Namun kesuksesan mereka tidak dicapai dengan rasa malas, putus asa berkepanjangan dan selalu pesimis akan keadaan hidupnya.

Mereka tidak menunggu sambil berbaring, bergerak dengan skema orang lain, atau berusaha menyesuaikan layar hidup mereka pada angin kehidupan yang dihembuskan banyak orang.

Namun, mereka selalu waspada dan hidup untuk keadaan apa pun yang mungkin datang kepada mereka.

Dan ketika masalah atau kesedihan itu datang, mereka hanya menyesuaikan diri dan tidak merenung lama, karena mereka akan terus bergerak maju.

Menjaga kesehatan pikiran itu sangat penting, berfikirlah positif dan hindari menyalahkan orang lain atas kondisi itu!

Kapanpun Anda pergi ke luar rumah, tarik dagu ke atas, angkat mahkota kepala setinggi-tingginya, dan isi paru-paru Anda sepenuhnya.

Makan dan minumlah di bawah sinar matahari, sapa teman Anda dengan senyuman dan taruh semangat jiwa di setiap genggaman tangan Anda.

Jangan takut terjadi kesalahpahaman dan jangan pernah membuang waktu untuk memikirkan musuhmu. 

Cobalah untuk mengendalikan pikiran Anda sendiri tentang apa yang ingin Anda lakukan dan tanpa kehilangan arah Anda harus bergerak langsung ke tujuan.

Ketakutan adalah batu karang tajam yang dapat merobek kesuksesan dan kebencian adalah tempat banyak orang gagal dan terdampar. 

Saat kita menjadi sangat ketakutan, kebijakannya tidak bisa diandalkan seperti kompas kapal yang arahnya sudah tidak tepat lagi.

Ketika kita dipenuhi rasa kebencian, maka kita telah melepaskan kemudi kapal dan terombang-ambing mengikuti arus ombak yang ganas.

Jika kita berhenti untuk merenungkan apa yang dikatakan penggosip, maka bagaikan kita telah membiarkan penunggang kuda melesat dari garis startnya.

Pertahankan pikiran baik Anda pada hal besar dan indah yang ingin Anda lakukan.

Kemudian seiring berjalannya waktu, Anda akan mendapati diri secara tidak sadar memanfaatkan peluang yang dibutuhkan untuk memenuhi keinginan Anda.

Bayangkan dalam pikiran bahwa Anda orang yang mampu, sanggup bersungguh-sungguh, dan berguna seperti yang Anda inginkan.

Lalu pikirkan bahwa yang Anda lalui setiap jam itu dapat mengubah hidup Anda menjadi individu yang sangat Anda kagumi.

Pikiran adalah yang kuat pengaruhnya, sebagian berpendapat bahwa berpikir seringkali lebih baik daripada melakukan.

Pertahankan sikap mental yang benar yaitu penuh keberanian, mampu berterusterang dan pertahankan keceriaan.

Darwin dan Spencer telah memberi tahu kita bahwa inilah metode Penciptaan. Setiap hewan telah mengembangkan bagian yang dibutuhkan dan diinginkannya.

Kuda itu pelari yang handal karena dia ingin berlari, burung bisa terbang karena ia membutuhkannya untuk mencari makan, lalu bebek memiliki selaput kaki dan ia ingin berenang mencari ikan.

Semua hal itu sebenarnya datang melalui keinginan dan setiap doa yang tulus akan terkabul. Ketika kita ingin menjadi sesuatu seperti itu maka tanamkan di dasar hati kita.

Banyak orang mengetahui hal ini, tetapi mereka tidak menyadarinya secara menyeluruh sehingga gagal untuk membentuk kehidupan mereka sendiri.

Ketika Anda ingin berteman lalu Anda merencanakannya dan mengejar lalu berhasil.

Di perjalanan banyak perselisihan demi menjadi yang paling benar. Pada akhirnya Anda menunggu orang baik yang datang dan berharap dapat mengakrabkan diri dengan mereka.

Maka satu-satunya cara untuk mendapatkan teman adalah cukup menjadi diri sendiri. Sebelum Anda menuju ke tingkat persahabatan, Anda harus pastikan bisa bertahan hidup tanpanya.

Artinya, Anda harus telah memiliki kemandirian yang cukup untuk menjaga diri Anda sendiri dan dari kelebihan energi yang dimiliki, Anda bisa melakukannya untuk orang lain.

Individu yang mendambakan persahabatan, namun lebih menginginkan semangat hidup mandiri akan tidak akan pernah kekurangan teman.

Jika Anda ingin memiliki teman, lebih baik kembangkan sikap positif dikesendirian daripada bersikap negatif di masyarakat.

Sesekali keluarlah di malam yang sunyi, di bawah bintang-bintang dan katakan kepada diri Anda lagi dan lagi, "Aku adalah bagian dari semua mataku, maka lihatlah!"

Kemudian akan datang kepada Anda sebuah pemikiran bahwa Anda bukan sekadar pembatas antara dunia dan surga, tetapi Anda adalah bagian penting dari keseluruhannya.

Tidak ada bahaya yang datang kepada Anda melainkan juga terjadi pada semua orang. Maka jika Anda menyerah begitu saja, akan hanya menambah kehancuran hidup Anda.

Seperti kata nasehat, apa yang kita takuti pasti akan menimpa kita. Dengan sikap dan mental yang salah, kita telah menggerakkan serangkaian peristiwa yang berakhir dengan bencana.

Orang yang meninggal di usia paruh baya akibat penyakit, hampir tanpa kecuali adalah mereka yang telah mempersiapkan kematian.

Kondisi kesehatan yang menurun, kemungkinan besar hanyalah hasil dari kondisi pikiran berat, berisi serangkaian peristiwa yang memuncak.

Perlu diketahui karakter adalah hasil dari 2 hal, mental diri dan cara kita menghabiskan waktu. Apa yang kita pikirkan dan lakukan itulah yang membuat diri kita seperti ini.

Dengan memanfaatkan kekuatan dan kesempatan yang telah diberikan Tuhan di alam semesta, maka Anda menjadi kuat menjalani kehidupan bersama alam ini. Ketika Anda menyadari rahasianya, maka semua akan menjadi terkendali.

Karena di dalam arteri Anda ada sel darah merah dan di dalam hati Anda telah lahir tujuan hidup yang ditentukan untuk dilakukan dan akan menjadi kenyataan.

Angkat dagu dan puncak kepala Anda, rasakan bahwa Anda adalah manusia yang terlahir sempurna.
Baca Juga :