Kamis, 24 September 2020

5 Rahasia dalam Curriculum Vitae (CV) Agar Raih Pekerjaan Impian

Tags





Saat ini, mencari pekerjaan adalah sebuah perjuangan menghadapi sesuatu yang sangat kompetitif dan terkadang banyak menguras energi. 
Photo by Marten Newhall on Unsplash

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda mendapatkan keberuntungan dalam mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Curriculum Vitae (CV) adalah sesuatu yang dilihat pertama kali dan paling sering menjadi bagian terpenting dalam melamar pekerjaan. 

Karenanya tim pemberi kerja harus menseleksi secara cepat dan akurat ratusan lamaran untuk menemukan beberapa berkas yang paling memenuhi kriteria.

Dan mereka berupaya mempersempit pencarian pelamar untuk menemukan paling berkompeten dalam pekerjaan yang ditawarkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar setengah dari perusahaan pemberi kerja memutuskan untuk menerima atau menolak surat lamaran kerja hanya dari melihat pengalaman kerja yang tercantum di CV pelamar.

Sepertiga lagi pengusaha memutuskan untuk menolak atau menerima lamaran kerja ini berdasarkan desain tata letak lamaran tersebut. Tips untuk CV yang baik sebagai berikut:

1. Buat CV Anda Menarik

Saat menyiapkan CV Anda, pastikan CV lebih menarik di antara yang lainnya. Desain dan tipe yang menarik di mata, membuat para evaluator ingin membaca CV Anda.

Langkah kedua bagi Anda adalah memastikan CV Anda telah mencantumkan pengalaman kerja. Lebih baik lagi jika Anda miliki pengalaman terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar.

2. Buat CV Ringkas dan Relevan

Hindari membuat CV Anda dengan tulisan yang terlalu panjang. Ini mungkin membuatnya tidak relevan bagi evaluator dan ingatlah bahwa pimpinan adalah orang yang sangat menghargai waktu.

Jika CV Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai waktunya sambil menunjukkan informasi yang paling relevan dalam waktu sesingkat mungkin, Anda akan memenangkan satu pertempuran penting.

3. Selalu Sesuaikan CV Anda

Anda mungkin memiliki pengalaman bekerja sebelumnya yang tidak terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar saat ini maka carilah ide agar CV terlihat meyakinkan.

Beberapa orang membuat dan menyimpan banyak versi berbeda dari CV mereka untuk tujuan pencarian pekerjaan yang berbeda. Selalu pastikan CV yang Anda buat sesuai untuk pekerjaan itu.

Karena CV satu topik dan desain untuk semua mungkin bukan cara yang terbaik. Karena pemberi kerja akan melihat kesan bahwa upaya Anda tidak cukup serius untuk mendeskripsikan diri Anda lebih baik.

4. Tulis Pencapaian Anda

Anda dapat menambahkan pencapaian Anda ketika mungkin diterima bekerja di perusahaan tersebut. Tetapi disarankan untuk membuat pernyataan yang faktual dan relevan.

Tidak ada ruginya untuk mengiklankan diri Anda sendiri, tetapi buatlah iklan yang Anda yakin akan menjadi kenyataan dan bukan hanya impian belaka.

Satu lagi, Anda tidak perlu membuat deskripsi kelemahan di CV karena berkas itu bukanlah tempat untuk diskusi semacam itu, kecuali ditanyakan oleh penyeleksi saat wawancara.

5. Poles CV Anda

Buat pemimpin perusahaan menjadi terkesan dengan membuktikan Anda menyediakan cukup waktu dan keseriusan dalam menuliskan CV Anda.

Jika dia melihat bahwa Anda telah melakukan upaya yang cukup serius dan detail dalam pembuatan CV Anda, dia akan berasumsi bahwa Anda akan melakukan hal yang sama dalam setiap pekerjaan.

Hal ini adalah nilai tambah yang besar bagi Anda yang kami berikan dalam artikel ini.

Tidak jarang beberapa orang menghabiskan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk menulis dan mendesain CV mereka.
Baca Juga :