Selasa, 29 September 2020

Inilah Arti dan Fungsi Hukum Sebenarnya dalam Kehidupan Masyarakat










Meskipun kita semua memiliki pemahaman dasar tentang apa itu hukum dan secara umum mengapa hukum harus ada untuk melayani dan mengatur perilaku kita dalam masyarakat.
Photo by Melinda Gimpel on Unsplash

Tetapi kita jarang memikirkan apa itu sebenarnya arti hukum dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Sekarang, apa hukum bagi sekelompok orang di jalanan? Bagaimana hukum berdampak pada kehidupan kita dari hari ke hari?

Sungguh, apakah hukum merupakan konsep yang jauh dan sulit kita kaitkan dalam kehidupan?

Dalam artikel ini kita akan melihat beberapa cara hukum beroperasi dalam masyarakat, selain sifat hukum yang kita kenal.

Bagi sebagian orang, mereka merasa seolah-olah hukum ada hanya untuk melindungi kepentingan mereka, dan bahwa mereka tidak membutuhkan interaksi sehari-hari.

Namun, mereka beranggapan bahwa jika akan tiba saatnya perilaku mereka dipertanyakan benar atau tidak, maka hukum akan beroperasi, jalan keadilan akan dijalankan dan keinginan rakyat akan terpenuhi.

Ini mungkin interpretasi yang naif dari fungsi hukum dan memang itu cara kerjanya dalam kehidupan kita sepanjang hari.

Misalnya, di tingkat atas kami memiliki konstitusi, menetapkan parameter dimana pemerintah dapat dan tidak dapat bertindak untuk melindungi warga negaranya.

Hukum memiliki efek luar biasa pada cara pemerintahan kita dan negara kita dijalankan, yang berdampak pada semua yang kita lakukan sepanjang hari dan bagaimana kita melakukannya.

Bahkan di tingkat lokal, hukum selalu berinteraksi dengan layanan yang kita sediakan, pekerjaan yang kita kerjakan dan hampir semua hal yang berkaitan dengan kehidupan yang kita jalani.

Apakah hukum merupakan konsep yang jauh lebih sulit dipahami? Saya kira tidak.

Hukum tidak hanya beroperasi di ranah pidana, juga tidak terbatas pada masalah konstitusional dan pembagian kekuasaan.

Tetapi, hukum adalah alat yang jauh lebih canggih dalam pengaturan organisasi masyarakat sehari-hari, dengan aturan yang tidak hanya perilaku pribadi tetapi juga cara kita bertindak dalam situasi bisnis.

Ambil contoh aktivitas sehari-hari yaitu ketika naik kereta. Undang-undang mengatur banyak aspek dari aktivitas seperti ini:

(1) Hukum pidana dan konstitusi dalam perizinan kami untuk naik angkutan umum.
(2) Konstitusi mengizinkan kita untuk membuat kontrak dengan orang lain.
(3) Hukum kontrak mengizinkan kita untuk membuat kontrak transportasi dengan perusahaan kereta api, dan memastikan bahwa kontrak tersebut adalah sah.
(4) Hukum kontrak dan delik mengizinkan kita untuk naik pesawat tanpa takut cedera, atau dengan pemulihan jika ada hal terburuk terjadi.

Terakhir, hukum kepemilikan dan mata uang memungkinkan kami untuk menyerahkan uang sebagai pertimbangan pada layanan ini, yang memiliki nilai terhadap pihak dalam kontrak lainnya.

Undang-undang juga mengatur hampir semua yang kita lakukan dan sangat penting dilakukan untuk memastikan kelancaran komunitas dan perjalanan setiap aspek kehidupan kita.

Hukum bukanlah gagasan abstrak yang instan tetapi hukum akan melindungi kita saat kita perlu mengandalkannya.

Hukum adalah bagian integral dari kehidupan demokrasi, sesuatu yang mengatur perilaku kita dan pada dasarnya memungkinkan kita untuk bertindak sesuai dengan keinginan kita sendiri. 

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa undang-undang tersebut terlalu membatasi bidang-bidang tertentu, tetapi hukum berhasil mencegah kejahatan karena kita takut akan akibatnya.

Hukum menjalankan fungsinya untuk mengatur perilaku kita dengan sangat baik dan jika tidak berfungsi lagi dimasa itu, kita bisa mengubahnya agar lebih sesuai pada zamannya.

Faktanya adalah, hukum telah menjadi bagian penting dari masyarakat sejak pertama kali ditemukan. Baik itu dengan tatanan tersirat, batasan hukum atau hukum sosial yang tidak dapat diterjemahkan.

Saat ini, hukum adalah jaringan pedoman dan peraturan canggih yang diadaptasi untuk membentuk cara kita menjalani hidup dari satu hari ke hari berikutnya.

Tidak diragukan lagi bahwa hukum penting bagi warga negara dan memiliki dampak yang sangat besar terhadap kehidupan masyarakat setiap hari.
Baca Juga :