Jumat, 11 September 2020

Ciri-Ciri Orang Berhak Mendapat Gelar Pemimpin Terbaik

Tags






Photo by Markus Spiske on Unsplash - 

Ada pertanyaan tertentu seperti siapa orang yang berhak menjadi pemimpin? Apa persyaratan untuk menjadi pemimpin? Apakah kualitas kepemimpinan itu sifatnya melekat?

Bagaimana bisa seorang pemimpin itu berbeda dari pria normal? Apa kualitas kepemimpinan yang sebenarnya?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam bahasa awam mengartikan bahwa pemimpin adalah orang yang dapat memimpin, mengontrol perilaku dan dapat mengatur orang lain untuk tampil dengan cara yang dia inginkan.

Perlu diketahui bahwa kepemimpinan itu tidak terbatas hanya pada perolehan posisi, pengalaman, pelatihan, gelar atau otoritas seseorang.

Setelah mempelajari biografi ratusan pemimpin sejarah dan kontemporer (modern), dapat disimpulkan bahwa ada batas tertentu kualitas kepemimpinan itu melekat.

Karenanya pemimpin yang baik itu perlu diciptakan, dibuat dan dilatih.

Bagi mereka yang tidak dilahirkan dengan kualitas yang melekat ini, maka perlu dipoles dan dibentuk melalui pengalaman dan menjadikan perasaan dalam dirinya seperti seseorang yang kuat dengan memberikan otoritas (kewenangan).

Tidak berarti jika seseorang tidak menampakkan kualitas kepemimpinan dari lahir, dia tidak dapat menjadi seorang pemimpin.

Faktanya bahwa seseorang dapat menjadi pemimpin jika dia memiliki kemauan yang kuat untuk menjadi pemimpin yang sukses.

Serta dalam perjalanannya dia terus-menerus mengembangkan dirinya melalui proses analisis diri, pelatihan dan kemudian mencari pengalaman.

Sekarang bagaimana seseorang bisa menjadi pemimpin yang sukses dan bijaksana? Berikut ini adalah proses 5 kemampuan dasar untuk mendapatkannya.

5 kemampuan dasar ini dapat membuat Anda menjadi seorang pemimpin yang sukses.

1. Mempunyai Visi yang luar biasa. Seorang pemimpin tidak bisa hidup tanpa visi, karena visi selalu ada di benak seorang pemimpin.

Hanya visi yang dapat membawa seorang pemimpin untuk melakukan tindakan yang hebat. Dia harus memiliki pandangan yang jelas tentang tujuan hidup yang ingin dia capai dalam hidupnya.

2. Pemimpin harus mengetahui kekuatan dan kelemahannya. Seorang pemimpin yang bijaksana dan benar adalah orang yang memiliki pengetahuan yang jelas tentang kekuatan dan kelemahannya.

Tanpa analisis diri, dia tidak akan dapat mengambil tindakan yang benar dalam situasi tersebut.

Seperti halnya seorang pemimpin, ia dituntut untuk memanfaatkan kekuatannya dan memberikan kekalahan yang layak kepada lawan-lawannya.

Ia juga harus menghindari area kelemahannya dan lebih memilih untuk mempekerjakan orang lain untuk pekerjaan semacam itu.

3. Memiliki sasaran yang tinggi. Pemimpin yang baik akan memiliki sasaran yang tinggi dan berusaha secara konsisten untuk mencapai sasaran tersebut.

Walaupun tubuh dia lelah, tetapi pikirannya tidak pernah berhenti untuk selalu berusaha berfikir bagaimana mencapai hasil yang lebih baik.

Pertumbuhan-pertumbuhan dari setiap proses adalah tujuan pertamanya walaupun selalu menghadapi masalah.

4. Pilihan yang tepat untuk memilih orang yang berkompeten pada pekerjaan yang diberikan.

Seorang pemimpin yang baik adalah orang yang memiliki kemampuan untuk memilih orang yang tepat menangani pekerjaan yang tepat pula. 

Ia harus bisa membedakan antara kelompok-kelompok pekerja yang mana lebih andal melaksanakan sebuah pekerjaan.

Seorang pemimpin bisa mendapatkan dukungan yang diperlukan dari kelompok anggotanya, hanya jika dia telah membuat keputusan yang tepat dalam memilih anggota kelompoknya.

5. Mempunyai komitmen tinggi. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang terikat dengan komitmen dan dia selalu memenuhi janjinya.

Dia tidak pernah membiarkan niat baiknya turun dan selalu bekerja untuk mencapai kesempurnaan dan mencapai tujuan untuk kepuasan orang lain serta menjaga hak dan kepentingan anggota kelompoknya.
Baca Juga :

Artikel Terkait