Sabtu, 19 September 2020

Baru Tamat SMA, Carilah Peluang Kuliah Gratis dari Beasiswa, Hibah dan Lainnya






Saat-saat sekolah menengah atas adalah waktu dimana terakhir kali Anda dapat menikmati kehidupan menjadi siswa sekolah.
Photo by javier trueba on Unsplash

Dan setelah Anda lulus, tibalah saatnya bagi Anda untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan menjadi mahasiswa.

Tetapi kenyataannya, cukup banyak siswa yang tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi karena  masalah keuangan tertentu.

Jika itu juga terjadi pada Anda atau saudara Anda, ini seharusnya tidak menghalangi Anda untuk mengejar pendidikan perguruan tinggi.

Karena setiap masalah pasti memiliki solusi yang terbaik, maka yang harus Anda lakukan adalah menemukan peluang yang tersedia dan ambil yang sesuai untuk calon mahasiswa seperti Anda.

Memiliki karir yang cemerlang mungkin adalah impian sebagian besar siswa dan Anda hanya dapat mencapai ini jika Anda mampu lulus dari perguruan tinggi.

Dengan adanya kendala keuangan yang Anda alami, jangan mudah menyerah dan coba lihat 6 opsi ini untuk Anda pertimbangkan:
 
1. Beasiswa
2. Hibah
3. Pinjaman keuangan
4. Jalani pekerjaan paruh waktu
5. Bergabung dengan program komunitas dan memanfaatkan layanan mereka
6. Bergabung dengan program tentara (Amerika Serikat)

Di antara enam pilihan ini, dua yang pertama biasanya merupakan pilihan yang paling umum dari hampir semua siswa. Anda dapat menemukan beasiswa dan hibah di hampir semua negara.

Mungkin alasan mengapa banyak siswa lebih memilih opsi ini adalah karena mereka tidak perlu membayar kembali uang yang akan mereka gunakan selama kuliah.

Maka ini benar-benar menguntungkan dibandingkan dengan mendapatkan pinjaman keuangan.

Pinjaman harus dilunasi pada tanggal dan waktu tertentu, sementara beasiswa / hibah diberikan kepada mahasiswa secara gratis.

Bicaralah dengan guru pembimbing sekolah Anda atau senior disana, karena mereka mungkin tahu tentang institusi atau universitas tertentu yang menawarkan beasiswa dan hibah perguruan tinggi. 

Pelamar dengan bakat artistik, atletik, dan ilmiah juga bisa diberikan beasiswa khusus terutama mereka sangat yang membutuhkan sumber daya keuangan.

Dan juga, carilah informasi di situs internet atau di media sosial lain yang menyediakan beasiswa perguruan tinggi dan jika ada bacalah informasinya dapat lengkapi persyaratan itu.

Banyak siswa mungkin berpikir bahwa program hibah mirip dengan beasiswa perguruan tinggi.

Ini tentu saja berbeda dalam arti bahwa untuk mendapatkan program hibah, Anda diharuskan  mengajukan proposal untuk sebuah pekerjaan atau usaha yang mungkin akan Anda kerjakan.

Dan jika proposal Anda cukup bagus dan lolos, Anda perlu mencari sponsor yang bisa mendanai kuliah Anda.

Berbeda dengan hibah, beasiswa diberikan kepada siswa berdasarkan prestasi atau tingkat ekonomi keluarga mereka.

Jadi, program beasiswa perguruan tinggi jauh lebih mudah diperoleh daripada program hibah. Apa pun cara yang Anda pilih, Anda tetap harus memenuhi standar yang mereka buat.

Jika institusi atau universitas memutuskan bahwa Anda adalah pelamar yang memenuhi syarat, maka pada saat itulah Anda dapat menikmati keuntungan menjadi seorang mahasiswa sampai sarjana.

Ketika Anda akhirnya diberikan beasiswa atau hibah, bertanggung jawablah, dan lakukan apa saja untuk menjaga reputasi baik Anda di kelas.

Seringkali, beasiswa dan hibah mengharuskan Anda untuk mempertahankan peringkat tertentu saat Anda kuliah.

Anda juga harus menyadari bahwa mereka juga dapat menghentikan beasiswa / hibah Anda jika dirasa adanya permasalahan.

Uang yang akan Anda peroleh dari beasiswa harus digunakan untuk mendanai perjalanan Anda selama menuntut ilmu di perguruan tinggi tersebut, seperti pembayaran uang belajar dan biaya belajar lainnya.

Manfaatkan program itu dan gunakan sebijak mungkin dana pendidikan gratis Anda. Jangan sia-siakan kesempatan yang telah diberikan kepada Anda.

Karier yang Anda inginkan selama bertahun-tahun ini sedang menunggu Anda.

Jadi ambillah risiko, hidup ini penuh dengan rintangan tetapi jika Anda pekerja keras, rajin, dan sabar, Anda dapat menjalani kehidupan kampus Anda dengan mudah.
Baca Juga :