Senin, 17 Agustus 2020

Teropong Astronomi Alternatif Hebat Mengamati Bintang-Bintang





Photo by mostafa meraji on Unsplash - 

Seperti dugaan saya, saat Anda mulai menganggap serius tentang kecintaan terhadap astronomi, yang ada di pikiran Anda pasti jenis teleskop apa yang harus Anda miliki.

Dan tidak diragukan lagi, dengan menggunakan teleskop yang bagus Anda dapat menikmati hal yang baru tentang astronomi.

Tapi, jangan terlalu terburu-buru untuk mengikuti acara besar yang diadakan oleh klub astronomi di mana orang lain memiliki teleskop yang super canggih.

Ada alternatif lain yang dapat memberi Anda keuntungan besar daripada memiliki teleskop dan beberapa fleksibilitas ekstra, serta mengurangi biaya untuk perawatan.

Alternatif itu adalah dengan memiliki teropong astronomi.

Orang-orang menganggap teropong hanyalah barang yang biasa digunakan untuk melihat pertandingan sepak bola ketika duduk di kursi yang paling belakang atau jauh.

Tetapi jika Anda memahami beberapa cara kerja pengamatan dan memiliki pemahaman yang baik tentang tujuan pengamatan bintang, maka Anda akan tahu keuntungannya.

Keuntungan teropong astronomi yang lebih bisa diandalkan dibandingkan teleskop yang paling sederhana adalah sebagai berikut:

1. Biasanya, harga teropong astronomi lebih murah. Jadi, Anda bisa mendapatkan banyak pengamatan bintang yang bagus dengan biaya yang jauh lebih murah.

Anda mungkin dapat menghabiskan lebih banyak uang pada suatu saat nanti ketika ingin memperluas penglihatan Anda di langit.

Tetapi untuk pemula saat ini, teropong astronomi mungkin solusi yang tepat untuk Anda gunakan.

2. Tidak banyak aksesoris.

Memiliki dan mengoperasikan teleskop membutuhkan banyak orientasi dan pengetahuan tentang bagaimana mengatur dan menggunakan perangkat tersebut.

Selain itu, saat Anda ingin menyetelnya untuk tampilan yang optimal dan mendiagnosisnya ketika Anda memiliki masalah, terkadang beberapa pengguna lebih bersemangat ketika merakit teleskop itu daripada mengamati bintang.

Tentu hal itu tidak berlaku bagi pengguna teropong, karena perangkat ini tidak memerlukan banyak aksesoris untuk dirakit..

3. Teropong jauh lebih mudah untuk digunakan.

Jika Anda belum sempat membeli teleskop, Anda mungkin telah melihat beberapa pemilik teleskop yang melakukan pengaturan dengan disiplin dan sangat merepotkan pada setiap kali menggunakannya.

Pada saat mereka pengguna teleskop tidak melihat bintang-bintang yang muncul karena sibuk, Anda sebagai pengguna teropong dapat dengan mudah mengamati bintang-bintang saat itu juga.
* Teropong ringan dan portabel (all in one).
Anda memerlukan teleskop lengkap apabila memiliki kemampuan untuk mendirikan dan mengoperasikan observatorium dari ruang garasi, atau mungkin ingin digunakan saat melakukan perjalanan untuk sebuah pengamatan.

Tetapi, akan jauh lebih mudah untuk membawa teropong ke pedesaan karena lebih ringan daripada teleskop, serta akan lebih mudah digunakan, dimana Anda tidak harus merakitnya terlebih dahulu.

Jadi, pertimbangkan pilihan untuk menggunakan binokuler atau teropong Anda.

Namun, dalam memilih mana yang paling efektif, berikut adalah beberapa fakta tentang teropong astronomi yang akan sangat membantu mengevaluasi mana yang terbaik untuk Anda.

1. Teropong memiliki 2 set lensa, 1 di ujung eyepiece dan 1 set tepat di sebelah mata Anda. Lensa yang paling dekat dengan mata disebut lensa okuler yang berfungsi untuk memperbesar gambar.

2. Yang paling dekat dengan langit disebut lensa obyektif dan ukuran lensa ini akan menentukan seberapa banyak langit yang bisa Anda lihat sekaligus.

Jadi, kapan pun Anda ingin mengevaluasi teropong, ada 2 angka yang harus Anda perhatikan.

Jika teropong memiliki perbesaran 15-40x, itu berarti lensa okuler membesar 15 kali lipat dan angka selanjutnya adalah angka relatif dari seberapa luas langit yang bisa Anda lihat.

Semakin tinggi angka kedua, maka semakin banyak yang bisa Anda lihat. Penjelasannya sederhana yaitu semakin besar lensanya, semakin banyak cahaya yang masuk.

Namun ketahuilah bahwa semakin besar angka kedua, maka semakin besar, berat dan semakin mahal perangkat teropongnya.

Anda harus menyeimbangkan kedua angka ini dengan anggaran yang Anda miliki dan apa fungsi teropong ini untuk Anda.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan teropong berkualitas rendah, Anda bisa menjadi frustrasi dengan apa yang Anda lihat.

Jadi, Anda mungkin harus mengalihkan pandangan dari sesuatu yang pertama Anda ingin lihat untuk mendapatkan penghilatan yang baik.

Dan sebaiknya Anda lebih sering mencari dan membaca peta bintang karena jangkauan penglihatan Anda yang terbatas.

Ada juga godaan untuk membeli satu set teropong yang memiliki fungsi zoom terbaik dan lengkap dengan fitur-fitur lainnya.

Yaitu, yang memungkinkan Anda menggunakannya untuk keperluan seperti berburu, menonton ikan paus atau melihat pertandingan sepak bola dari kursi yang jauh.

Meskipun dengan membeli teropong yang sederhana dan multi fungsi lebih ekonomis, tetapi fungsi untuk pengamatan pada bidang astronomi Anda akan terhalangi atau kurang maksimal.

Jadi, jika Anda mempertimbangkan pembelian ini sebagai alternatif daripada membeli teleskop, saran saya adalah membeli teropong yang dibuat khusus untuk astronomi dan jangan membawanya ke pertandingan bola.
Baca Juga :