Kamis, 13 Agustus 2020

Menanam atau Memangkas Pohon di Berbagai Situasi dan Keinginan

Tags






Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

Melalui penggunaan teknik pemangkasan, dimungkinkan untuk membentuk pohon yang Anda miliki dengan gaya tertentu.

Ada 7 bentuk pohon utama yang kesemuanya memiliki manfaat tersendiri pada situasi-situasi tertentu. 

Selama masa pertumbuhan pohon, cukup potong cabang yang tidak diperlukan, ikat cabang yang diinginkan dalam bentuk yang tepat, dan Anda juga dapat membentuknya.

Namun, untuk beberapa bentuk yang lebih unik dan menarik, diperlukan teknik pemangkasan yang sama canggihnya.

Ada banyak buku yang menulis tentang hal ini. Biasanya, jika Anda mencoba membentuk pohon Anda, semua pengikatan dan pemangkasan harus dilakukan pada musim gugur.

Ini akan membuat bentuk pohon lebih mudah, karena tidak ada buah yang dihasilkan pada saat itu. Pada dasarnya masing-masing bentuk yang berbeda sangat berguna dalam situasi tertentu.

Jadi, berikut adalah beberapa jenis bentuk yang dapat Anda pilih untuk pohon Anda. Pohon yang berbentuk standar hampir tidak membutuhkan teori apapun.

Ini adalah bentuk varietas yang paling umum, dan ini mungkin yang bisa Anda bayangkan saat memikirkan bentuk pohon apa pun.

Tidak diperlukan pemangkasan khusus untuk mendapatkan bentuk pohon seperti ini. 

Biarkan saja dan pangkas seperti biasa, kecuali Anda memiliki pohon yang bentuknya aneh atau rusak diterpa angin maka pangkaslah pohon itu sebaik mungkin.

Bahwa dimungkinkan untuk mengubah pohon berdaun standar menjadi berdaun rindang melalui pemangkasan.

Cabang-cabangnya memiliki bentuk yang sama, tetapi batang cabang pohon akan terlihat lebih pendek setelah pemangkasan.

Pemangkasan bisa bermanfaat jika Anda ingin menanam pohon, tetapi tidak ingin menghalangi pandangan. Misalnya, rumah saya memiliki pemandangan Pegunungan Rocky yang indah.

Saya tidak ingin mengorbankan pemandangan yang indah ini, jadi saya membentuk pohon saya menjadi pohon yang rindang.

Cordons adalah jenis pohon yang mungkin tidak Anda kenal. Terdiri dari satu batang tanpa cabang. Pohon ini ditanam miring sehingga mencondong ke tanah.

Selama pertumbuhannya, semua cabang haruslah dipangkas. Ini bermanfaat karena memangkas akan memakan sedikit ruang dan lebih banyak lagi yang dapat ditanam dalam ukuran luas lahan tertentu.

Satu-satunya aspek negatif dari pohon ini adalah menghasilkan lebih sedikit buah per pohon dibanding pohon espalier.

Pohon espalier tumbuh dengan satu batang vertikal di tengah, dan beberapa cabang horizontal di setiap sisinya.

Dilihat dari bentuknya, ini memungkinkan terbentuknya barisan pohon yang panjang, tetapi tetap menghasilkan buah dalam jumlah banyak. 

Jika Anda ingin mendekorasi sebuah kebun buah, Anda mungkin menggunakan bentuk ini untuk menanam sebanyak mungkin pohon espalier ke dalam area yang Anda miliki.

Ada lagi jenis pohon kipas yang jenisnya hampir sama dengan pohon espalier. Namun, bentuknya sedikit berbeda. 

Dengan bentuk batang yang vertikal tengah, tetapi cabang yang terhubung tidak horizontal. Tanaman ini tumbuh dalam pola yang sama seperti pohon pada umumnya, hanya saja seperti 2 dimensi dan bukan 3 dimensi.

Pohon ini juga digunakan untuk menghemat ruang, dan sebagai pengganti pohon espalier atau jenis pohon tertentu yang tumbuh lebih baik dengan cabang miring.

Jenis espalier lainnya adalah espalier step over. Tanaman ini seperti espalier biasa, tetapi hanya dengan satu cabang horizontal yang sangat dekat dengan tanah.

Tanaman ini sangat menarik karena tetap menghasilkan buah yang lezat tanpa membutuhkan halaman yang luas di mana pun yang Anda inginkan.

Saya telah menggunakan pohon step over untuk memagari taman saya. Tanaman ini memiliki bentuk pohon seperti favorit saya, terutama karena tanaman itu seperti pagar yang berbuah.

Maka, apa yang tidak disukai dari beberapa tanaman ini ? Seperti yang Anda telah baca, masing-masing bentuk tanaman ini memiliki manfaat dan aspek negatifnya sendiri.

Jika salah satu dari ini terdengar seperti cocok untuk taman Anda, Anda dapat meminta saran dari pegawai pembibitan setempat tentang bahan bacaan lain yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Seringkali, membuat pohon menjadi bentuk yang diinginkan adalah proses yang sangat mudah dan hanya membutuhkan beberapa panduan di awal prosesnya.
Baca Juga :