Jumat, 14 Agustus 2020

Cara Melatih Cabang Mengarah ke Posisi yang Anda Inginkan

Tags









Banyak orang yang mengasosiasikan pemangkasan dengan mengubah struktur pohon Anda agar sesuai dengan bentuk atau gaya yang berbeda.
Photo by Mikhail Alexandrov on Unsplash

Namun, sebenarnya bukan itu masalahnya. Mengubah struktur pohon tanpa memangkasnya dikenal juga sebagai “Pelatihan Pohon”.

Sebenarnya ini adalah cara yang jauh lebih baik untuk mengembangkan bentuk alternatif untuk pohon Anda.

Pemangkasan harus digunakan untuk mencegah penyakit, mencegah ketidakseimbangan, dan mendorong pertumbuhan buah yang lebih sehat.

Pemangkasan juga digunakan untuk mempertahankan bentuk pohon yang bagus serta membuat daun menjadi rindang.

Misalnya, jika tanaman Anda memiliki banyak cabang di satu sisi tertentu, maka Anda akan menerapkan pemangkasan untuk menyingkirkan cabang yang lebih besar yang membebani pohon ke satu sisi.

Pikirkan juga tentang hal yang lebih penting yaitu mempertahankan posisi pohon tanpa harus mengubah bentuknya.

Meskipun pemangkasan terkadang berguna, namun sebenarnya sebagian besar waktu Anda dapat digunakan untuk melatih pertumbuhan pohon sebagai alternatif yang lebih sehat dan efisien.

Teknik melatih pohon belum dikenal lama oleh masyarakat.

Teknik ini dilakukan dengan cara mengikat cabang, menopangnya dari tanah, maka kita dapat mengarahkan pertumbuhan pohon pada bentuk apapun yang diinginkan.

Teknik melatih pohon ini biasanya diterapkan pada masa-masa awal pohon tumbuh untuk mendorongnya berkembang sepenuhnya.

Jika Anda mengarahkan pohon dan memulainya dengan waktu yang tepat, maka Anda akan menghemat banyak waktu pada pemangkasan nantinya.

Biasanya, pelatihan terjadi selama musim panas. Daripada hanya memotong semua cabang dengan cara yang tidak benar, sebaiknya Anda mencoba untuk beralih ke cara yang lain.

Mekanisme yang Anda gunakan dapat dianggap mirip seperti kawat gigi ortodontik untuk pohon buah Anda.

Kawat bisa menarik atau mendorong dahan, seperti mendorong gigi ke arah mana pun Anda inginkan. 

Akhirnya tanaman secara alami tumbuh seperti keinginan Anda karena pelatihan. Tetapi, sulit untuk memutuskan bagaimana cara yang tepat melatih arah pohon Anda.

Karena, ada berbagai cara membentuknya sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Beberapa orang melakukan dengan maksud untuk memadatkan jumlah pohon di satu kebun dan beberapa lagi dimaksudkan untuk menghasilkan buah yang maksimal per pohon.

Tergantung di mana pohon Anda berada dan bagaimana Anda menginginkan hasilnya, Anda harus mencari berbagai jenis bentuk yang sesuai dengan situasi Anda.

Teori melatih arah pohon juga dapat diterapkan meskipun Anda menanam dan mengarahkan pohon dengan alat tradisional.

Terkadang cabang akan tumbuh terlalu berdekatan dan menghalangi satu sama lain, jadi melatih mereka untuk tumbuh menjauh satu sama lain dapat mencegah pemangkasan yang berlebihan nantinya.

Ini sangat bermanfaat bahkan jika Anda baru saja menanam pohon di halaman belakang Anda atau di lingkungan yang kurang mendukung.

Untuk melatih pohon, Anda membutuhkan semacam penjepit besar, tali, tongkat atau lainnya untuk mendorong atau menarik cabang.

Cara lainnya lagi, jika Anda ingin mendorong 2 cabang lebih rapat atau lebih jauh, Anda dapat menempatkan sesuatu di antara keduanya atau mengikatnya dengan tali.

Kunci keberhasilan melatih cabang tanaman Anda hanya membutuhkan sedikit imajinasi dalam menentukan apa yang akan diikat dan apa yang harus didorong.

Saya telah menemukan bahwa pasak, pagar, atau sekadar tiang tegak berjumlah 2 sampai 4 batang yang miring yang dapat menghasilkan keajaiban.

Tidak ada penanam pohon yang tidak mendapat manfaat dari menggunakan sedikit pelatihan dalam petualangan menanam pohon mereka.

Apakah Anda telah memutuskan untuk memberikan pohon Anda bentuk yang benar-benar baru.

Atau hanya mengoptimalkan penempatan cabang untuk buah yang lebih sehat, pasti ada beberapa cara yang dapat dilakukan pada pelatihan yang bermanfaat bagi Anda.
Baca Juga :