Rabu, 12 Agustus 2020

Melindungi Pohon Buah dengan Jaring Anti Burung Tulle atau Tille

Tags





Jika Anda memiliki masalah dengan hewan yang satu ini, Anda mungkin telah mencoba banyak cara sebagai solusinya.
Photo by Vincent van Zalinge on Unsplash

Beberapa yang paling populer termasuk hewan bahan plastik, orang-orangan sawah, lonceng angin, atau selotip yang sangat lengket.

Semua hal ini sebenarnya dapat membantu mengurangi masalah burung pemakan buah tanaman Anda. 

Saya memiliki cukup banyak pohon ceri di halaman belakang rumah, dan saya dulu telah sering berurusan dengan burung.

Setelah saya menerapkan semua solusi ini, masalah saya hampir hilang sepenuhnya. Sayangnya, solusinya ini hanya bertahan beberapa bulan.

Rupanya setelah saya pelajari, burung memiliki kecenderungan alami untuk menjadi lebih berani seiring berjalannya waktu.

Sementara yang pada awalnya orang-orangan sawah saya membuat mereka takut, sekarang saya melihat ke luar dan melihat mereka duduk di bahunya.

Dan mengunyah ceri dari pohon saya. Dalam emosi saya, terucap iblis kecil yang kurang ajar itu! Saya tidak mengatakan saya benci keberadaan burung.

Sebenarnya, saya suka melihat mereka beterbangan di sekitar halaman saya. Perlu Anda ketahui, saya telah berusaha menanamkan satu pohon khusus untuk memberi burung itu makan.

Tapi tampaknya burung itu tidak bisa puas dengan apa yang mereka dapatkan.

Mereka selalu merasa perlu untuk pergi ke pohon milik saya sendiri, padahal ada pohon khusus untuk mereka yang tidak memiliki hal-hal menakutkan di sekitarnya.

Saya melihat banyak toko alat perkebunan yang memasarkan sejenis jaring anti burung. Saya memutuskan untuk menggunakannya.

Jaring burung pada dasarnya adalah jaring raksasa yang Anda hamparkan ke seluruh pohon. Lubang-lubang itu lebarnya sekitar satu setengah inci.

Saya biasanya membeli cukup banyak untuk menutupi satu pohon utuh. Jadi, cukup merepotkan untuk memasangnya dan setelah lama mencoba akhirnya berhasil.

Saya tidak memiliki masalah lagi dengan burung yang memakan ceri dari pohon itu. Tetapi, suatu hari ketika saya bangun dan melakukan kegiatan harian, saya terkejut.

Karena pada hari itu, saya menemukan 2 ekor burung terperangkap di jaring dan telah tersedak sampai akhirnya mati.

Dengan kejadian itu, saya merasa sangat tidak enak. Saya menguburkan burung yang mati itu dan segera melepas jaringnya.

Saya tidak ingin melindungi pohon saya dengan mengorbankan nyawa burung! Tentu, saya akan berani membasmi beberapa serangga, tetapi bagi saya burung agak terlalu baik dan tidak banyak merusak.

Untuk sementara waktu setelah kejadian itu, saya merasa terlalu bersalah untuk mencegah burung-burung itu makan lagi.

Saya berpikir bahwa saya akan menebusnya dengan membiarkan mereka memakan ceri saya. Aku bahkan menyingkirkan orang-orangan sawahnya.

Tetapi beberapa bulan kemudian saya melihat sesuatu di toko kain yang membuat saya memikirkan kembali keinginan melindungi pohon ceri dan membuktikan kemurahan hati saya.

Hampir setiap toko kain menjual bahan yang disebut “tulle” yang hampir mirip digunakan untuk kain kelambu.

Ini adalah jaring yang sangat halus dengan lubang yang sangat kecil untuk meloloskan paruh atau kepala burung.

Disamping bahannya mudah ditemukan, harganya juga sangat murah. Membelinya cukup untuk menutupi satu pohon hanya menghabiskan biaya kurang dari setengah untuk jaring burung biasa yang mematikan.

Saya memasang tulle di halaman perkebunan saya, tetapi saya akui pemasangannya jauh lebih sulit daripada jaring burung.

Saya harus memasang beberapa potongan kayu besar pada setiap sudut dan sambungannya, setelah selesai saya memperhatikan karya saya itu selama seharian.

Pada awalnya, saya ingin mengawasinya setiap detik untuk memastikan agar jika ada burung yang terperangkap maka bisa dengan cepat membantunya.

Untungnya, selama saya perhatikan tidak ada burung yang tertangkap. Jadi, kain tulle adalah alternatif jaring burung yang jauh lebih aman dan murah, saya sarankan jika Anda memiliki masalah dengan burung.

Ingatlah untuk membiarkan mereka memiliki setidaknya satu pohon untuk sumber makanannya sendiri! Penting diketahui, berbagi dengan burung adalah bagian penting dari menjadi tukang kebun yang baik.
Baca Juga :