Senin, 10 Agustus 2020

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Pertama Kali Membeli Pohon Buah

Tags





Meskipun proses menumbuhkan dan merawat pohon pada umumnya cukup menantang dan bahkan terkadang sulit, atau salah satu bagian tersulit adalah memilih jenis tanaman yang Anda inginkan.
Photo by Amy Chen on Unsplash

Anda harus memilih di antara banyak ukuran, buah, dan atribut lainnya. Ukuran yang berbeda antara lain yaitu katai, semi-katai, dan standar.

Pilihan Anda dapat memengaruhi segala sesuatu tentang pengalaman dan pengetahuan Anda yang mulai berkembang, termasuk jumlah pekerjaan yang harus dilakukan dan jumlah imbalan buah yang akan Anda peroleh.

Pohon kerdil menjadi ideal jika Anda hanya memiliki ruang terbuka yang terbatas di halaman Anda. Pohon ini hanya mengambil sebidang tanah yang berdiameter delapan kaki.

Meskipun pohon buah kerdil berukuran lebih kecil dari yang lain, ukuran buahnya sama dan bentuknya yang pendek membuatnya lebih mudah untuk dipangkas dan dipanen.

Pohon buah kerdil dikenal tidak dapat hidup seperti selama pohon buah yang lebih besar.

Pohon kerdil mulai berbuah setelah 3 sampai 5 tahun, jadi jika Anda akan membeli pohon buah kerdil dari pembibitan, Anda harus selalu memeriksa dan melihat sudah berapa umurnya.

Pohon semi-kerdil berukuran sedang, dan ketika sudah dewasa ukurannya mencapai diameter 15 kaki atau 4,5 M.

Tinggi pohon buah semi-kerdil dapat berkisar dari sepuluh kaki hingga setinggi enam belas kaki yang dalam satuannya 1 kaki adalah 30 cm. Agar tidak membesar, Anda harus memangkasnya setidaknya setahun sekali.

Kadang-kadang pohon buah semi-kerdil dapat hidup selama satu musim dan menghasilkan sedikit atau tidak ada buah sama sekali, tetapi kebanyakan pohon ini menghasilkan ratusan buah setiap tahunnya.

Banyak orang senang memiliki pohon buah semi kerdil karena menghasilkan lebih banyak buah daripada pohon kerdil, dan pada umumnya lebih mudah dipanen atau dipelihara daripada yang standar. 

Pohon buah-buahan berukuran standar menempati lebih banyak area daripada varietas pohon yang lebih kecil, dan mereka juga lebih sulit untuk dikelola dan memanen semua buahnya.

Jika Anda tidak memangkasnya setidaknya sekali setahun, pohon berukuran standar bisa tumbuh hingga 30 kaki atau 9 M. 

Jika hanya mencari pohon yang bagus untuk menghasilkan banyak buah yang enak dan untuk menjaga halaman tetap teduh, pohon berukuran standar akan menjadi pohon yang sempurna untuk Anda.

Pohon buah berukuran standar membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencapai tinggi maksimalnya, tetapi biasanya mulai berbuah setelah 3 hingga 5 tahun.

Variasi pohon buah yang terbaik untuk dibeli adalah dapat menghasilkan buah dan tumbuh dengan baik di daerah Anda, karena pohon buah-buahan lokal membutuhkan lebih sedikit perawatan dan tumbuh paling baik.

Meskipun pohon buah-buahan yang menghasilkan jenis buah yang mungkin tampak lebih menarik di daerah lain, biasanya pohon tersebut belum tentu tumbuh baik di daerah Anda.

Bukan berarti hal itu tidak mungkin, walaupun Anda dapat mencoba menumbuhkan pohon yang lebih eksotis, tetapi itu akan membutuhkan lebih banyak usaha dan waktu merawatnya.

Faktor lain yang terlibat dalam menentukan jenis pohon adalah jenis tanah yang Anda miliki, karena beberapa pohon tumbuh lebih baik di tanah yang lembab sementara yang lain lebih cocok untuk tanah yang lebih kering.

Jika di daerah Anda sering hujan, Anda sebaiknya menanam pohon plum. Tetapi jika Anda tidak mendapatkan terlalu banyak hujan, Anda akan lebih baik menanam pohon pir atau pohon apel.

Sebelum memilih jenis pohon buah yang Anda inginkan, konsultasikan dengan ahli pembibitan atau berkebun setempat untuk mengetahui pohon mana yang akan tumbuh dengan baik di daerah Anda.

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat mencari pohon buah di persemaian adalah hal-hal seperti seberapa kokohnya pohon itu, apakah semua cabangnya rata, seberapa lurus pohon itu berdiri, kondisi akar yang menopang pohon, panjang batang, dan tinggi buah dari permukaan tanah.

Membuat keputusan dengan hati-hati atau tanpa ketelitian dapat memperlihatkan perbedaan antara memakan buah besar dan segar atau buah kerdil dari pohon yang miring.
Baca Juga :