Sabtu, 22 Agustus 2020

4 Cara Menghemat Uang, Salah Satunya Menentukan Daftar Kebutuhan

Tags





Dengan berkembangnya institusi mall, keterjangkauan teknologi, dan meningkatnya biaya perawatan kesehatan, pinjaman, dan kenaikan inflasi, menjadi sangat sulit bagi seseorang untuk mengurangi pengeluaran dan menabung untuk kebutuhan di masa depan.
Photo by Raquel Martínez on Unsplash

Statistik saat ini memperlihatkan bahwa bank-bank menunjukkan penurunan yang cukup besar pada setiap tabungan pemegang rekening bank dan juga meningkatnya jumlah penarikan per bulan.

Artinya, orang-orang hanya memiliki sedikit uang untuk dibelanjakan sebelum gaji berikutnya masuk ke rekening mereka.

Sepanjang fakta ini juga, terjadinya peningkatan pengeluaran masyarakat saat ini kemungkinan karena lembaga swasta semakin banyak memasarkan produk-produk kebutuhan harian.

Meskipun fakta-fakta dan sejumlah godaan ini adalah skenario yang lumrah di dunia nyata, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menahan diri agar tidak berbelanja secara berlebihan.

Dan juga dapat membantu Anda dalam menciptakan dan mengembangkan kebiasaan pribadi yang terbaik untuk menabung beberapa dolar atau rupiah dari gaji pokok Anda.

1. Hindari Faktor Pembelian Kompulsif.

Sebuah survei dilakukan, ketika beberapa orang diberikan cukup uang, 7 dari 10 orang terpikat pada ide untuk membeli barang pribadi yang mereka sukai di toko pada pandangan pertama.

Dalam simulasi studi sosiologis, orang-orang yang awalnya berencana untuk window shopping atau berkeliling pasar untuk melihat-lihat saja, tetapi pada akhirnya akan membeli barang-barang jika mereka membawa kartu kredit.

Jika Anda akan melakukan window shopping, batasi pengeluaran Anda menjadi beberapa rupiah dan cobalah membuat daftar belanja Anda pada saat berencana membeli barang-barang keperluan.

Berkunjunglah dan beli barang-barang di toko yang memang Anda butuhkan dan tinggalkan barang-barang yang tidak termasuk dalam kebutuhan mendesak.

2. Buatlah Penganggaran.

Seiring dengan upaya Anda untuk menghemat uang, penting juga untuk menjaga teknik penganggaran yang teratur dan efektif, namun masuk akal.

Penganggaran dapat menghilangkan godaan pembelian yang cenderung akan menumpuk selama penjelajahan.

Penganggaran dan pembuatan daftar kebutuhan sebelum belanja juga membantu Anda menghemat uang selama prosesnya karena ada daftar barang yang perlu Anda belanjakan.

3. Melakukan Perbandingan Harga.

Teknologi internet memberikan jalan yang bagus dalam menyediakan daftar periksa harga pada barang-barang tertentu yang Anda rencanakan untuk dibeli.

Juga bagus untuk Anda jika ingin membeli dalam jumlah banyak dan berencana melakukan aktivitas penjelajahan tempat belanja Anda di suatu tempat.

Ini akan memberikan ide yang baik jika Anda ingin pergi ke toko biasa tempat Anda mendapatkan semua kebutuhan rumah tangga sehari-hari dengan memberi tahu harga yang wajar untuk produknya.

4. Lakukan Persiapan Bahan Makanan dan Minuman di Rumah.

Makan siang, makanan ringan, dan makanan utama sebenarnya adalah sesuatu yang dapat Anda persiapkan di rumah.

Jika Anda serius ingin menghemat uang, Anda dapat menyiapkan semua ini dari rumah dan beralih dari beberapa kebutuhan khusus seperti mengganti minuman soda dengan air manis buatan sendiri seperti sirup, jus, kopi dan teh.

Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi keuangan keluarga Anda, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Baca Juga :