Selasa, 28 Juli 2020

Kiat Jitu Menghemat Uang Moda Transportasi Anda

Tags





Harga barang akan naik lebih tinggi di setiap tahunnya, terutama biaya bahan bakar. Transportasi adalah salah satu faktor besar yang membuat anggaran rumah tangga sulit untuk menanggung semua pengeluaran Anda.
Photo by Grant Ritchie on Unsplash

Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu Anda menghemat uang dari transportasi:

1. Untuk menghemat uang, Anda harus selalu memeriksa kendaraan Anda secara teratur. Kendaraan yang dirawat dengan baik dapat menghindarkan Anda dari masalah biaya perbaikan.

Anda sebenarnya dapat menghabiskan hanya $ 50 untuk merawat kendaraan Anda dan menghemat hingga $ 800 untuk biaya perbaikan dalam setahun.

Anda bahkan dapat menghemat lebih banyak jika Anda melakukan perawatan sendiri dan tidak membawa mobil Anda ke bengkel mobil.

2. Jika Anda ingin menghemat lebih banyak uang, disarankan untuk tidak membeli mobil baru. Nilai mobil terdepresiasi (penyusutan nilai) secara otomatis saat Anda membawanya keluar dari showroom toko dealer mobil.

Anda dapat membeli mobil yang digunakan setidaknya satu tahun atau kurang dari itu. Ini akan menghemat ribuan dolar dengan nilai mobil yang sebenarnya ketika masih baru.

Pemilik kemudian akan membayar semua nilai penyusutan mobil jika mobil dibeli dalam kondisi baru.

3. Menghemat uang untuk membeli mobil bekas dengan membandingkan harga di dealer mobil dan harga aktual pada daftar iklan dealer mobil bekas.

Untuk memastikan mobil yang Anda beli dalam kondisi yang baik, Anda dapat meminta bantuan mekanik untuk memeriksa apakah mobilnya cukup bagus dan sesuai harganya.

Lebih baik membeli mobil bekas dari orang yang Anda kenal dan percayai, contohnya teman atau saudara Anda.

Ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda memiliki kesepakatan yang baik dalam memperoleh mobil.

4. Cobalah membandingkan tarif penggunaan bensinnya. Anda dapat mengisi bahan bakar mobil Anda dengan pompa bensin yang menawarkan harga bensin terendah.

Anda bahkan dapat menghemat lebih banyak dengan membeli di tempat yang bisa memompa sendiri bahan bakarnya dan menggunakan oktan terendah di mobil Anda.

Tetapi sebenarnya penggunaan oktan yang tidak sesuai juga tidak bagus untuk kesehatan mesin mobil Anda.

Anda juga disarankan untuk membayar tunai bahan bakar Anda, daripada kartu kredit yang tentunya bisa menghindari biaya tambahan.

Jangan lupa untuk memeriksa tutup bahan bakar mobil, jadi agar dikencangkan untuk memastikan tidak ada bahan bakar yang tumpah.

5. Selalu menjaga mesin Anda dalam kondisi prima dan angin ban mobil Anda pada tekanan yang disesuaikan untuk menghemat lebih banyak bahan bakar.

Mesin yang dirawat dengan baik dan ban yang diisi angin pada tekanan yang pas akan mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar.

Jaga kebersihan bagasi mobil Anda untuk menghemat lebih banyak bahan bakar, maksudnya jangan membebani mobil dengan barang-barang yang tidak digunakan.

Beban berat di kendaraan Anda dapat mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar karena kelebihan berat yang ditimbulkannya.

6. Cobalah membatasi penggunaan mobil pada rute harian Anda. Sesekali Anda dapat menggunakan bus kota atau sepeda motor sebagai pengganti penggunaan mobil Anda.

Anda juga dapat menghemat waktu dengan menghindari lalu lintas macet yang Anda temui setiap hari di jalanan, apakah itu mengambil jalan pintas atau menggunakan rute lain dengan bantuan GPS.
Baca Juga :