Minggu, 26 Juli 2020

8 Tips Jitu Menghemat Uang di Kehidupan Sehari-Hari

Tags





Di dunia ini hari ini, harga barang-barang kebutuhan tampaknya naik lebih tinggi setiap tahun.
Photo by Morning Brew on Unsplash

Menghemat uang terkadang bisa menjadi pekerjaan berat bagi sebagian orang. Namun, kami punya tips untuk membantu Anda menghemat uang, berikut adalah beberapa petunjuknya:

1. Tentukan kebutuhan yang paling penting bagi Anda.

Identifikasi item yang Anda butuhkan dan item yang ingin Anda miliki. Selalu ingat bahwa Anda hanya boleh membeli barang-barang yang penting dan dibutuhkan dalam kehidupan keluarga Anda.

2. Pastikan Anda menghabiskan uang hanya untuk kebutuhan dasar seperti makanan, transportasi, tempat tinggal, dan pakaian.

Kebutuhan dasar ini layak untuk dibelanjakan karena ini penting untuk kesehatan dan keamanan Anda.

Kebutuhan pokok adalah hal-hal yang Anda tidak bisa hidup tanpanya dan harus dialokasikan dalam anggaran keluarga Anda.

3. Buat daftar barang yang ingin Anda beli dan pastikan barang yang Anda beli cukup baik untuk menopang kebutuhan dasar Anda.

Anda harus merasa puas dengan hal-hal yang Anda miliki sekarang, selama barang itu masih bermanfaat dan dapat memenuhi kebutuhan Anda.

4. Anda dapat menghindari pembelian yang tidak diinginkan dengan mencoba item itu terlebih dahulu sebelum membelinya.

Contohnya ketika ingin membeli sepeda motor, mobil atau hal mahal lainnya, cobalah untuk tes kemudi dengan kendaraan teman atau saudara Anda.

Tujuannya agar jangan sampai Anda merasa kurang puas setelah membeli dan membawanya pulang. Ini juga untuk memastikan bahwa barang itu cukup layak untuk dimiliki.

Ada beberapa contoh di mana orang-orang cenderung membeli barang tanpa mengetahui efektivitas dan kualitasnya.

Anda harus ingat bahwa Anda selalu perlu membelanjakan uang dengan bijak untuk barang-barang yang berkualitas dan tentunya sesuai dengan anggaran Anda.

5. Anda dapat mencoba menganggarkan uang belanja Anda di awal-awal.

Anda dapat membuat rencana terlebih dahulu sebelum menghabiskan uang Anda. Ada beberapa contoh di mana Anda menghabiskan uang tanpa berpikir bahwa itu bukan waktu yang tepat untuk memilikinya.

Ada juga saran lain dari kami, di beberapa toko menawarkan harga yang tergolong rendah dan banyak diskonnya yang bisa Anda jadikan waktu untuk berbelanja.

6. Anda dapat membandingkan harga pada barang yang ingin dibeli.

Jangan membatasi pilihan Anda hanya pada satu toko saja. Anda mungkin menemukan barang terbaik yang dapat bermanfaat dan terjangkau bagi Anda melalui survei lapangan terlebih dahulu daripada membeli dengan spontan.

Banyak toko di luar sana yang menjual barang yang sama dan dapat menawarkan harga yang lebih rendah, tetapi dengan kualitas yang baik pula.

7. Anda dapat menghemat lebih banyak uang di rumah Anda dengan menghemat penggunaan listrik.

Pastikan untuk mematikan peralatan yang tidak digunakan, contohnya mematikan lampu di siang hari atau di waktu tidur gunakan lampu tidur, matikan kipas/AC di cuaca dingin atau di ruangan yang sudah tidak ada orang di sana.

Anda dapat membandingkan tagihan listrik bulanan Anda secara rutin untuk memeriksa apakah Anda bisa mempertahankan tagihan yang Anda inginkan.

8. Anda dapat menghemat biaya transportasi Anda dengan bepergian secara bijak.

Disarankan agar Anda membuat rencana perjalanan untuk membantu Anda agar tidak melupakan tujuan Anda. Menjadi terorganisir akan membantu Anda menghemat uang dan waktu.

Yang terpenting penghematan adalah dengan membeli atau menggunakan barang-barang sesuai kebutuhan Anda.

Patokannya adalah kebutuhan bukan keinginan atau hanya ingin diperlihatkan ke orang lain bahwa Anda mampu memilikinya.

Mengikuti tren yang sedang berlangsung akan membuat Anda kelelahan dan kehabisan uang, contohnya beli Smartphone terbaru pada bulan ini, ternyata tiga bulan kemudian ada lagi keluaran barunya.

Begitu juga dengan kendaraan, tidak mungkin untuk kita membeli kendaraan setiap setahun sekali padahal kendaraan yang lama masih layak pakai.

Bisa Anda survei sendiri berapa banyak pengusaha sukses dan kaya raya itu menerapkan kehidupan sederhananya.

Bahkan mereka menerapkan prinsip pengeluaran yang sedikit harus bisa memberi manfaat atau income yang lebih, contohnya investasi.

Walaupun terkadang mereka memiliki barang mewah, tetapi sebenarnya itu sudah diperhitungkan dengan baik dan tidak membuat mereka jatuh miskin.

Itulah buktinya mereka jadi orang kaya yang bertahan lama karena kecerdasan dan kebijakannya mengelola keuangan.
Baca Juga :