Sabtu, 25 Juli 2020

Hadiah Kepada Keluarga, Sahabat atau Pasangan Tersayang Tidak Harus Mahal

Tags









Penting untuk diingat memberi hadiah kepada seseorang tidak harus terlihat mewah dan boros.
Photo by Rustam Mussabekov on Unsplash

Hadiah diberikan pada saat momen-momen penting atau spesial dari salah satu anggota keluarga, teman atau pasangan Anda.

Hadiah  juga dapat diberikan pada hari besar keagamaan contohnya perayaan hari Raya Natal, Imlek dan lainnya.

Seperti pepatah lama mengatakan, "Ini adalah tentang mengingat momen sebagai bentuk kasih sayang".

Dari kalimat di atas menunjukkan bahwa orang dapat mulai mengurangi biaya hadiah yang mencapai jutaan rupiah tanpa mengurangi rasa kepedulian itu.

Namun, yang terbaik adalah memilih hal-hal yang tidak semahal itu tetapi bisa membawa kegembiraan dan hiburan bagi orang yang akan menerima hadiah.

Jadi, jika Anda ingin memberikan hadiah tetapi dengan anggaran yang seadanya, jangan khawatir lagi karena ada banyak cara untuk mengurangi biaya belanja hadiah tetapi masih bisa yang akan sangat dihargai.

Berikut caranya :

1. Mulai rencanakan hadiah dan simpan di lemari khusus

Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, coba lakukan mulai sekarang. Merencanakan dan membuat lemari sebelum belanja hadiah tahunan adalah cara baru yang bisa dicoba.

Dengan cara ini, berarti lebih sedikit kerumitan dan sedikit pengeluaran, serta akan membuat pengeluaran lebih terukur dan lebih aman.

Intinya di sini adalah bahwa jika Anda tidak berencana sebelumnya, Anda akan menghabiskan lebih banyak uang dengan tanpa sadar.

Anda dapat mencoba membeli hadiah di pasar, toko khusus, dan oleh-oleh dari perjalanan luar kota dan dapat Anda simpan di lemari hadiah Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat membeli barang-barang dengan harga yang jauh lebih rendah daripada yang akan dijual selama musim liburan.

Namun, untuk memastikan bahwa Anda tidak memberikan hadiah yang sama 2 kali, Anda harus membuat catatan inventaris sederhana untuk semua hadiah Anda.

Ini juga akan memungkinkan Anda untuk mengawasi apa yang Anda miliki dalam stok hadiah Anda.

Selain Anda bisa menimbun hadiah untuk orang tersayang, mengumpulkan kertas kado, pita, dan aksen lainnya juga perlu untuk membungkus hadiah, agar hadiah lebih disukai jika dibungkus dengan indah.

2. Jadilah kreatif membuat hadiah

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada hadiah yang dibuat secara khusus oleh orang yang memberikan hadiah itu.

Personalisasi atau hadiah karya Anda sendiri jauh lebih baik daripada barang yang dibuat secara komersial atau yang dibeli seutuhnya.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya membuat senyum seseorang yang akan menerima hadiah tetapi juga akan memotong sejumlah besar dari pengeluaran Anda.

3. Tips pengorganisasian hadiah

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang pada belanja hadiah adalah dengan mengatur prosesnya. Artinya, sebelum pergi ke toko untuk berbelanja hadiah, selalu bawa daftar belanjaan.

Jangan lupa nyatakan juga di sana nama-nama orang yang Anda beri hadiah dan anggaran untuk setiap orangnya.

Intinya adalah bahwa hadiah tidak boleh mahal, kecuali memang Anda telah merencanakannya dengan matang dan itu sangat berharga bagi Anda dan bagi penerima.

Yang paling penting adalah bahwa Anda telah memikirkan orang tersebut pada hari yang sangat istimewa dan itu cukup untuk membuat mereka merasa istimewa di mata Anda.
Baca Juga :