Sabtu, 25 Juli 2020

10 Tips Menghemat Uang Tagihan Pemakaian Listrik Rumah Anda

Tags









Alat listrik yang tidak terpakai tetapi tetap hidup pada kapasitas maksimumnya dan menghasilkan kinerja yang boros listrik menyebabkan tagihan listrik yang lebih tinggi.
Photo by Riccardo Annandale on Unsplash

Itulah sebabnya yang terbaik adalah menghemat listrik untuk menghemat lebih banyak uang Anda. Berikut ini adalah bagaimana Anda bisa menghemat semuanya:

1. Jaga peralatan listrik Anda tetap bersih dan terawat dengan baik.

Pembersihan dan perawatan rutin membuat peralatan Anda tetap dalam kondisi prima, karenanya ia akan berkinerja lebih baik dan lebih hemat energi.

Penghematan energi adalah tentang penghematan uang juga.

2. Lakukan pemeriksaan tahunan oleh teknisi layanan yang berkualifikasi baik.

Pada peralatan AC (pendingin udara), pemeriksaan dapat mengurangi biaya pengoperasian alat sebanyak 20%, memperpanjang umur sistem, dan meningkatkan keamanan dan kualitas udaranya.

3. Saat menggunakan pendingin udara, yang terbaik adalah menetapkan suhu pada kenyamanan Anda dan kemudian mengatur termostat pada tingkat itu secara permanen.

Ini pasti akan menghemat tagihan listrik, karena unit pendingin udara membutuhkan lebih sedikit energi untuk mendinginkan udara 4 hingga 5 derajat, daripada mendinginkan udara 8 hingga 10 derajat.

4. Ganti alat-alat apa pun yang mungkin sudah berusia 10 tahun atau lebih. Peralatan lama kemungkinan besar tidak pada efisiensi optimalnya.

Dengan menggantinya, tagihan listrik Anda dapat dipotong setengah dari yang seharusnya.

5. Jika Anda mengalami pemadaman listrik, pastikan Anda mematikan sakelar pada semua peranti Anda dan beri waktu untuk jeda sebelum menyalakan peranti kembali ketika daya kembali.

6. Di lemari es, jangan mengisi ruangnya terlalu banyak bahan botol dan wadah plastik. Udara dingin harus bersirkulasi dengan bebas untuk menghindari pengerjaan berlebihan kondensor.

Juga, cobalah untuk tidak membiarkan pintu lemari es Anda tetap terbuka atau terbuka lebih lama dari yang dibutuhkan. Ini akan memiliki kecenderungan untuk memungkinkan udara sejuk keluar.

7. Selalu berusaha mencari logo atau catatan "hemat energi" setiap kali Anda membeli peralatan elektronik baru.

Membeli alat dengan logo yang menyatakan konsumsi energi yang lebih rendah, pasti akan membuat Anda menghemat lebih banyak uang untuk listrik Anda.

8. Selalu gunakan lampu hemat energi atau bola lampu ramah lingkungan. Lampu hemat energi atau bola lampu ramah lingkungan ini biasanya bertahan hingga 12 kali lebih lama.

Ditambah lagi bola lampu hemat energi yang mengkonsumsi lebih sedikit listrik. Karenanya, Anda akan dapat menghemat lebih banyak uang hanya dengan menghemat listrik.

9. Gunakan fasilitas hemat energi di rumah seperti jendela hemat energi atau peralatan hemat energi lainnya.

Ini akan mengurangi konsumsi energi dan dengan demikian, akan membuat Anda menghemat uang. Misalnya, gunakan jendela "kaca ganda" alih-alih menggunakan jendela biasa.

10. Gunakan insulator di rumah Anda. Ini tidak akan membiarkan udara hangat atau dingin keluar, dan sebaliknya.

Dari informasi di atas, terlihat memang menghemat listrik pasti akan menghemat lebih banyak uang yang Anda keluarkan untuk tagihan listrik di rumah.
Baca Juga :