Sabtu, 30 Mei 2020

Tips Mengontrol atau Disiplin Diri Berbelanja untuk Menghemat Uang Anda

Tags






Artikel I. Tips Mengontrol Diri dan Menyimpan Uang Pribadi

Kontrol diri adalah salah satu dari banyak kebajikan yang merupakan sesuatu yang dapat dipelajari oleh setiap orang.
Photo by frankie cordoba on Unsplash

Dan mempelajarinya akan terbukti sangat signifikan dalam cara orang menangani keuangan mereka.

Memiliki rasa kontrol diri entah bagaimana membantu orang menyisihkan uang daripada membelanjakannya.

Ini membantu orang untuk melawan rasa gatal mereka yang mengerikan untuk dapat habiskan uang begitu mereka mendapatkannya. Ini adalah perangkap umum bagi kebanyakan orang.

Seringkali, ketika orang mendapatkan sejumlah uang tertentu, mereka memiliki kecenderungan untuk bergegas keluar.

Dan secara instan memuaskan keinginan yang tak tertahankan untuk berbelanja secara royal pada apa pun yang mereka pandang.

Ini adalah kesalahan manusia yang sangat berbahaya.

Kadang-kadang orang gagal mengenali gagasan bahwa masa depan harus dipertimbangkan juga, setiap kali pengeluaran dan tabungan masuk dalam gambaran masa depan.

Klise menyebutkan bahwa tidak ada yang konstan masih berdering sampai hari ini. Barang-barang yang dilihat orang sekarang mengkilap dan baru akan memudar dan berkarat nantinya.

Dan kesabaran serta pengendalian diri membuat orang menyadari dan memikirkan banyak hal penting lainnya yang membutuhkan perhatian lebih banyak orang, khususnya yang menyangkut uang.

Keberhasilan finansial seseorang dimulai dengan upaya sadar untuk mengendalikan pengeluaran seseorang dan menabung untuk masa depan.

Menyadari tingginya korelasi pengendalian diri dan menabung, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita mulai belajar dan memperoleh sifat pengendalian diri ini, yang tampaknya begitu sulit dipahami?

Ya, ada banyak cara yang sering diterima orang begitu saja. Berikut adalah beberapa yang tidak terlalu rumit yang lebih mudah diikuti.

Pelajari tips ini dan berharap cara ini bisa bermanfaat pada Anda.

Cobalah untuk menerapkan langkah-langkah mudah ini dalam kehidupan sehari-hari Anda dan tentunya itu akan memberi Anda buah yang luar biasa dalam perjalanan Anda menuju stabilitas dan keamanan finansial.

1. Jangan membeli barang secara spontan.

Pertimbangkan untuk berpikir apakah Anda benar-benar membutuhkannya, atau mungkin Anda masih bisa menundanya nanti ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

2. Identifikasi kebutuhan Anda dari keinginan. Anda tidak akan ingin menghabiskan begitu banyak uang untuk sesuatu yang Anda mungkin menyesal di masa depan karena melakukannya.

3. Carilah orang yang bisa menjadi panutan bagi Anda dan sesuaikan kehidupan finansial seperti apa yang dia lakukan.

Dengan cara ini, pengendalian diri akan tampak sangat mudah ketika Anda melihat bahwa orang lain benar-benar melakukannya.

Artikel II. Membiasakan Disiplin Diri Berbelanja dan Cobalah Menghemat Uang

Cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menyadari fakta bahwa seseorang memiliki kekuatan untuk mendefinisikan keadaan keuangannya secara khusus.

Yaitu melalui upaya sadar untuk mendisiplinkan cara seseorang membelanjakan dan mengendalikan pengeluarannya.

Disiplin diri pasti akan menjadi kunci untuk mengurangi hutang seseorang sehingga meningkatkan kemungkinan menumbuhkan tabungan seseorang.

Dan dalam jangka panjang, disiplin diri dapat tingkatkan standar hidup seseorang.

Menurut penulis buku manajemen uang Robert Hastings, "Uang yang tidak disiplin, mengikuti sikap orang yang tidak disiplin".

Oleh karena itu, jika seseorang memperhatikan bagaimana uang yang diperolehnya dengan susah payah tampaknya mudah hilang begitu saja.

Jika demikian, maka sudah saatnya ia memikirkan kembali caranya dan mencoba mendisiplinkan kebiasaan belanjanya yang tidak menyenangkan.

Salah satu kunci penting untuk manajemen uang yang sukses, khususnya menabung adalah untuk memiliki sikap yang tepat.

Tentu saja, disiplin diri adalah yang teratas dalam daftar sikap yang pantas ini.

Hanya dengan disiplin diri yang orang-orang tahu bahwa mereka memiliki kebebasan dan kekuatan untuk melakukan hal yang benar daripada melakukan apa yang didiktekan oleh dorongan hati mereka.

Kedengarannya rumit? Yah, tidak juga.

Mengetahui sepenuhnya imbalan uang dari kedisiplinan fantastis di tangan orang yang disiplin harus menjadi motivasi yang cukup bagi seseorang untuk melakukan semua secara manusiawi.

Yang mungkin digunakan untuk mencapai stabilitas keuangan yang sulit dipahami dan diharapkan setiap orang.

Berikut adalah beberapa tips menghemat uang.

1. Sadarilah bahwa metode paling mudah untuk membangun kekayaan seseorang adalah dengan menabung. Uang adalah satu-satunya bahan yang masuk akal untuk ditabung.

2. Fokuskan pengeluaran pada hal-hal yang dibutuhkan seseorang. Jalani kehidupan setiap hari dengan mengetahui bahwa Anda bersyukur dan sudah merasa cukup.

3. Hindari membeli hanya dengan dorongan hati. Luangkan waktu Anda untuk berfikir jernih saat membeli, terutama untuk barang-barang mahal.

Jika Anda benar-benar membutuhkannya, pasti tidak akan tergelincir. Kalau tidak, jika Anda terus melupakan semua pertimbangan, maka itu tidak sepadan dengan uang yang harus Anda keluarkan untuk itu.

4. Utang kartu kredit memegang slot nomor satu sebagai penyebab pengurasan keuangan orang akhir-akhir ini.

Kontrol pengeluaran Anda dengan menggunakan kartu kredit Anda lebih sedikit.

Atau untuk keadaan yang tidak terhindarkan ketika Anda benar-benar harus menggunakan kartu kredit, pertimbangkan untuk menggunakan kartu yang tidak menarik bunga.

Kemudian buang layanan yang berbunga tinggi untuk selamanya. Tidak peduli bagaimana Anda melihatnya tapi faktanya menghemat uang sangat mudah dilakukan.

Sedikit imajinasi, beberapa kreativitas dan banyak disiplin diri akan membawa Anda jauh dalam menjaga uang yang Anda hasilkan dengan susah payah.
Baca Juga :