Sabtu, 02 Mei 2020

Tips Makan Sehat Saat Liburan dan 16 Pilihan Menu Makanan Sehat di Luar

Tags




Artikel I. Menu Makanan Sehat Saat Liburan

Sangat menggoda untuk meninggalkan selera menikmati makanan sehat Anda saat liburan.
Photo by Monika Grabkowska on Unsplash

Meskipun Anda mungkin berusaha keras untuk pola makan sehat, mudah untuk terlupa dan mengambil es krim yang banyak di sana sini.

Namun, ada cara untuk mengontrol apa yang Anda makan saat pergi liburan. Lebih mudah daripada hari ini untuk meminta makanan rendah lemak atau vegetarian pada penerbangan pesawat.

Jika Anda memilih untuk berkendara sendiri ke tujuan liburan Anda, pencarian untuk menemukan makanan sehat bisa menjadi sedikit lebih rumit.

Daripada hanya mengandalkan makanan berminyak untuk mendapat nutrisi yang dibeli di luar, lebih baik bungkuslah beberapa makanan bergizi dalam pendingin penuh es.

Seperti buah-buahan dan sayuran, kerupuk rendah lemak, yogurt, dan sandwich semuanya tentu enak untuk Anda nikmati di jalan.

Setelah Anda tiba di hotel, Anda harus membantu diri sendiri dan menghindarkan diri dari melihat minibar karena ini membantu menghindari godaan.

Jika hotel Anda menawarkan sarapan kontinental, pilihlah buah-buahan, sereal, dan protein. Jika hotel Anda memiliki kompor atau microwave, pertimbangkan untuk membawa makanan sehat Anda sendiri.

Jika Anda hanya harus makan di luar, lakukan hanya saat Anda lapar. Restoran biasanya akan menyajikan porsi besar, jadi berhati-hatilah. Jika Anda makan sedikit, cukup kurangi porsinya.

Jika Anda merasa sulit untuk terbiasa makan hanya dalam 3 kali sehari, cobalah untuk konsumsi 6 kali sehari tetapi makanan kecil atau camilan, karena faktanya tubuh Anda membutuhkan bahan bakar setiap 4 jam atau lebih.

Saat Anda makan di luar, hindari makanan pembuka. Apa pun yang Anda lakukan, jangan cicipi semua cemilan yang terlihat.

Jika memungkinkan, Anda harus bisa menghindari makan porsi besar di malam hari. Ketika tubuh Anda siap untuk tidur dan pencernaan melambat, tubuh juga akan membakar kalori dengan kecepatan yang jauh lebih lambat.

Jangan pernah makan roti sebelum tidur, dan pastikan untuk menghindari mentega. Sebaliknya, pilih ikan atau unggas untuk hidangan Anda, dan sertakan sayuran sebagai lauk.

Meskipun mungkin terdengar sulit, makan sehat saat liburan sebenarnya tidak terlalu sulit.

Yang harus Anda lakukan adalah mengurangkan sedikit keinginan dan melewatkan makanan yang Anda tahu tidak baik untuk Anda.

Dengan cara ini, Anda akan menikmati makan sehat dan gaya hidup sehat ke manapun Anda pergi. Lain kali ketika Anda pergi berlibur, selalu ingat bahwa makan sehat adalah cara bertahan hidup.

Anda bisa saja mendapatkan sesuatu yang Anda idamkan, meskipun Anda seharusnya tidak membiasakannya.

Cukup satu es krim atau pizza tidak akan menjadi masalah selama Anda tahu kapan harus berhenti.

Artikel II. Pilihan Menu Makan Sehat Saat Berada di Luar
Photo by Edgar Castrejon on Unsplash

Jika Anda pergi ke restoran untuk makan, Anda mungkin memperhatikan kalori Anda dengan sangat cermat.

Untuk membantu Anda mengawasi kalori saat makan di luar, kiat-kiat ini akan membantu Anda memaksimalkannya.

1. Selalu meminta terpisah dari saus salad atau menuangkan sendiri sausnya, karena dengan cara ini Anda memiliki kontrol atas berapa banyak yang Anda tambahkan ke makanan Anda.

2. Ketika Anda memesan ikan atau sayuran panggang, Anda harus meminta makanan panggang tanpa mentega atau minyak, atau disiapkan dengan sangat sedikit atau salah satu saja.

3. Setiap kali Anda memesan hidangan pasta, pilihlah saus yang terbuat tomat, bukan saus berbasis krim.

Saus dari tomat jauh lebih rendah lemak dan kalori, dan saus tomat bahkan dapat dihitung sebagai sayuran!

4. Anda harus selalu mencoba rutin minum air putih, soda diet, atau teh, bukannya soda gula berlebih atau bahkan minuman yang mengandung alkohol.

5. Jika Anda memesan makanan penutup, berbagilah dengan teman jangan habiskan semua. Setengah dari makanan penutup akan sama dengan setengah dari kalori.

6. Ketika Anda memilih sup, ingat bahwa sup yang ditambahkan saus krim lebih tinggi lemak dan kalori daripada sup lainnya.

Sup bisa menjadi hidangan pembuka yang enak, karena kebanyakan sup mengandung rendah kalori dan Anda cukup cepat kenyang.

7. Saat memesan kentang panggang, mintalah saus salsa alih-alih krim asam, mentega, keju, atau bahkan bacon.

Salsa sangat rendah kalori dan menyediakan saus alternatif yang sehat dengan banyak rasa dan rempah-rempah.

8. Saat kenyang, berhentilah untuk makan. Dengarkan tubuh Anda dan apa yang coba dikatakannya kepada Anda.

9. Jika Anda sudah kenyang, cobalah bungkuslah setengah dari makanan Anda ke rumah.

Bagian kedua dari makanan Anda bisa berfungsi sebagai makanan waktu kedua nanti. Dengan cara ini, Anda mendapatkan dua kali makan dengan satu kali pembelian.

10. Jika Anda ingin makan lebih sedikit, pesan dua makanan pembuka atau hidangan pembuka dan cukup salad sebagai makanan Anda.

11. Jika Anda mendapatkan pilihan lauk, pilihlah kentang panggang atau sayuran kukus sebagai ganti kentang goreng.

12. Selalulah mencari makanan di menu yang dipanggang, dibakar, direbus, atau dikukus. Jenis masakan ini memiliki kandungan sedikit lemak dalam proses memasak dan biasanya jauh lebih rendah kalori.

13. Roti non isi atau roti tawar biasanya rendah lemak dan kalori. Saat Anda menambahkan mentega dan minyak, Anda akan menambah asupan lemak dan kalori.

14. Sebagai bahan utama makanan Anda, pilihlah hidangan dengan buah-buahan dan sayuran. Baik itu buah-buahan dan sayuran merupakan sumber serat makanan yang baik serta banyak vitamin dan mineral.

15. Lalu, pilih makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, seperti roti gandum dan hidangan yang terbuat dari beras merah.

16. Jika Anda menginginkan makanan penutup, cari sesuatu dengan lemak rendah, seperti beri atau buah lainnya.

Perlu diketahui, selalu ingat untuk tidak menghilangkan makanan yang benar-benar Anda sukai. Semua jenis makanan bisa masuk ke dalam diet seimbang Anda asal dikonsumsi dengan jumlah yang wajar.
Baca Juga :