Rabu, 27 Mei 2020

Tips Jitu Hemat Bahan Bakar dan Penggunaan Kartu Kredit

Tags





Artikel I. Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan

Harga bensin selalu akan naik. Ini benar-benar masalah besar jika Anda mengikuti metode anggaran yang ketat. Jadi bagaimana Anda bisa menghemat uang untuk bahan bakar? Baca tips ini.

Photo by Connor Wang on Unsplash

1. Sistem mobil bersama

Ini adalah ide yang bagus untuk karyawan dan siswa. Karena Anda semua akan memiliki tujuan yang sama, tidak perlu membawa kendaraan pribadi jika Anda semua bisa muat dalam satu mobil atau van. 

Jika Anda bersama rekan kerja Anda, sebaiknya bawa mobil Anda secara bergantian atau berotasi.

Jika Anda memiliki anak yang Anda bawa ke sekolah atau acara sosial, bisa bertukar tanggung jawab mengemudi dengan teman-teman Anda.

2. Transportasi umum saat pergi bekerja

Anda selalu dapat menggunakan sistem transportasi umum saat pergi ke kantor. Ini juga cara yang bagus untuk bersantai karena Anda tidak perlu mengemudi.

Anda bahkan dapat tidur sebentar saat dalam perjalanan.

3. Lihatlah harga di pompa bensin yang berbeda

Luangkan waktu untuk berkeliling dan memeriksa harga di pompa bensin di dekat lingkungan Anda. 

Ingatlah bahwa perbedaan beberapa sen dapat bertambah banyak jika Anda terus mengisi ulang mobil Anda di pompa bensin yang sama setiap saat.

4. Bersihkan keringat

Cara yang baik untuk menghemat uang untuk bahan bakar dan menjaga kesehatan Anda secara bersamaan adalah dengan berjalan atau mengendarai sepeda ke tempat tujuan Anda.

Ini menghemat waktu karena Anda tidak perlu mencari parkir dan juga membuat Anda lebih sehat tanpa perlu latihan.

Memanfaatkan alternatif ini juga akan mencegah Anda terjebak dalam kemacetan yang pasti akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga Anda.

5. Jaga mobil Anda dalam kondisi sangat baik

Sangat penting untuk menjaga mesin mobil Anda dalam kondisi baik sehingga tidak akan mengkonsumsi banyak bahan bakar.

Saat berkeliling dengan tugas, rencanakan rute Anda sebelum Anda keluar dari rumah. Ini akan meminimalkan perjalanan bolak-balik Anda.

Juga langkah ideal untuk menggunakan AC seminimal mungkin, karena AC berlebih secara drastis meningkatkan konsumsi bahan bakar mobil.

6. Periksa tekanan ban mobil Anda

Biasakan untuk memeriksa ban mobil Anda sehingga masing-masing memiliki jumlah tekanan yang tepat.

Memiliki tekanan yang tidak setara dapat sangat mempengaruhi penghematan bahan bakar mobil.

Anda juga disarankan untuk tidak melakukan akselerasi terlalu cepat karena ini berarti membakar lebih banyak bahan bakar.

Ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghemat bensin. Bensin bukanlah sumber daya terbarukan, oleh karena itu menggunakannya dengan bijak sangat penting untuk melestarikan komoditas berharga ini.

Artikel II. Tips Menghemat Penggunaan Kartu Kredit
Photo by Clay Banks on Unsplash

Memiliki kartu kredit sangat mudah karena membawa banyak uang tunai menjadi tidak perlu dan Anda mungkin akan tidak pernah meninggalkan kartu kredit di rumah.

Tetapi dengan banyak kelebihannya, tentu juga ada kerugiannya. Karena Anda selalu dapat membeli barang tanpa membawa uang tunai, Anda selalu tergoda untuk membeli sesuatu yang Anda temui.

Jika Anda memiliki kontrol yang sangat baik pada keuangan Anda, maka itu baik untuk Anda. Jika Anda kesulitan mengelola kartu kredit Anda, maka petunjuk ini dapat membantu Anda.

1. Harus terorganisir

Hal pertama, buatlah catatan transaksi kartu kredit Anda untuk memiliki gagasan yang lebih baik tentang pengeluaran Anda.

Pastikan untuk memeriksa ulang catatan melihat kesalahan dan memastikan keakuratannya.

Contoh yang baik adalah mencari tahu apakah Anda memiliki hutang yang tidak seharusnya ada di sana serta keakuratan daftar alamat lama dan sekarang Anda.

2. Evaluasi kartu kredit Anda

Periksa catatan kartu kredit Anda baru-baru ini dan lihat besaran suku bunganya secara berkala.

Beberapa perusahaan kartu kredit memiliki promo di mana mereka menawarkan suku bunga yang lebih rendah untuk jangka waktu tertentu dan promo ini mungkin sudah berakhir namun Anda tidak tahu dan sudah membayar dengan suku bunga yang lebih tinggi.

Juga perhatikan biaya member yang mereka bebankan setiap tahun karena beberapa darinya memiliki biaya keanggotaan yang sangat tinggi.

Pertimbangkan untuk membatalkan layanan kartu kredit ini jika Anda tidak sering menggunakannya.

3. Bayar dan kelola tagihan tepat waktu

Penting untuk membayar tagihan Anda tepat waktu karena dapat berdampak negatif pada catatan atau peringkat kredit Anda ke depannya.

Anda juga dapat menghindari tagihan lain karena tidak membayar tepat waktu. Coba minta perusahaan kartu kredit untuk menghapus tagihan yang tertunda jika Anda lupa membayar tepat waktu untuk pertama kalinya.

4. Kelola hutang Anda

Jika Anda melihat memiliki lebih banyak utang daripada yang sewajarnya, pikirkan dengan baik dan rencanakan bagaimana Anda akan membayarnya atau setidaknya mengurangi hutang Anda.

Rancang cara untuk membayar lebih dari yang diminta sehingga Anda akan mengurangi jadwal pembayaran.

Jika hutang pada kartu kredit, prioritaskan kartu yang memiliki tingkat bunga tertinggi. Jangan membawa kartu kredit Anda selalu ketika Anda berkeliling karena godaan akan berlimpah.

5. Ingat pepatah, jangan menggigit lebih dari yang bisa Anda kunyah

Seperti kata pepatah Amerika Serikat "Jangan menggigit lebih dari yang Anda bisa kunyah", yang artinya jangan menghabiskan lebih dari yang Anda mampu.

Benar, gelang emas yang indah mungkin menyenangkan untuk dikenakan tetapi label harganya mungkin berarti Anda perlu membayar banyak untuk bulan-bulan berikutnya.

Jika Anda ingin menghemat uang saat menggunakan kartu kredit Anda, barang-barang yang tidak perlu seperti perhiasan dan sejenisnya harus di bagian bawah pertimbangan Anda.
Baca Juga :