Selasa, 19 Mei 2020

Punya Cita-Cita Astronom ? Anda Wajib Tahu Radio Astronomi







Photo by Nick Owuor (astro.nic.visuals) on Unsplash - 

Bagi sebagian besar dari kita gagasan astronomi merupakan sesuatu yang secara langsung kita hubungkan dengan pengamatan bintang, teleskop dan melihat pajangan luar biasa di langit bagaikan penampakan surga.

Pengetahuan itu adalah bidang astronomi yang mengasyikkan dan sangat populer. Tetapi bagi orang-orang yang belum tahu, gagasan radio astronomi akan tampak aneh.

Kami punya 2 (dua) alasan untuk itu. Pertama adalah manusia jauh lebih tertarik pada penampakan visual daripada berorientasi audio.

Dan yang kedua adalah bahwa astronomi radio tidak benar-benar melibatkan pendengaran ke kosmos, kecuali sejauh mana para ilmuwan menggunakan bentuk canggih dari pengamatan bintang ini yang tidak bergantung pada studi visual untuk melakukan pekerjaan mereka.

Untuk menghargai apa yang benar-benar menarik tentang radio astronomi, pertama-tama kita harus mengubah cara kita memandang astronomi.

Itu karena bagi para astronom profesional, mempelajari alam semesta lebih banyak tentang frekuensi daripada tentang dokumentasi visual fenomena. Ini membawa kita kembali ke Fisika 101.

Cahaya, jelas adalah fenomena fisik yang memberdayakan kemampuan kita untuk menggunakan sistem konfirmasi visual kita, misalnya mata kita melihat dan menghargai sesuatu yang dalam hal ini adalah bintang-bintang.

Jadi ketika kita melihat ke langit, kita bisa melihat cahaya memancar dari sebuah bintang atau memantul dari sebuah planet atau bulan.

Dalam banyak teori, jika kita melihat bintang yang jauh itu sebenarnya kita sedang melihatnya ratusan atau ribuan tahun yang lalu.

Aneh bukan ?

Ya tentu, karena itu adalah berapa lama waktu yang diperlukan cahaya untuk menyeberangi alam semesta dan terlihat di langit kita.

Itu saja adalah sebuah teori yang cukup mengejutkan.

Sekarang cahaya itu sendiri adalah zat yang cukup aneh. Tetapi bagi para ilmuwan astronomi kita, cahaya hanyalah energi lain yang ada dalam frekuensi tertentu.

Sekarang, kita cenderung memikirkan frekuensi ketika kita berbicara tentang gelombang suara.

Dalam istilah ilmiahnya cahaya, energi dan suara hanyalah beberapa bentuk dari hal yang sama dan membentuk frekuensi energi yang ditiru dari suatu sumber.

Sekarang kita sampai pada mengapa radio astronomi sangat diperlukan. Rentang frekuensi yang dihuni cahaya dalam spektrum frekuensi yang besar sangatlah kecil.

Singkatnya, kita hanya bisa melihat bagian kecil dari alam semesta yang sebenarnya ada hal besar di luar sana.

Sekarang ketika Anda melihat ke langit malam, ketahuilah bahwa itu adalah pemandangan yang sangat luar biasa.

Ketika Anda menyadari bahwa kita hanya melihat sedikit dari apa yang sebenarnya terjadi di sana, sekali lagi pikiran kita bisa menjadi sangat kewalahan.

Astronomi radio dilengkapi dengan peralatan sensor canggih untuk mempelajari semua frekuensi energi yang datang kepada kita dari dunia kosmos.

Dengan cara itu, para ilmuwan ini dapat melihat segala sesuatu yang terjadi di luar sana dan mendapatkan ide yang tepat tentang bagaimana bintang-bintang terlihat, berperilaku saat ini dan menebak akan berperilaku seperti apa di masa depan.

Bagi sebagian dari kita yang telah mendengar tentang astronomi radio, kita memikirkannya dalam istilah mendengarkan tanda-tanda kehidupan di alam semesta.

Dan ya, Search for Extra Terrestrial Intelligence (SETI), atau Pencarian untuk Kecerdasan Terestrial Ekstra adalah bagian dari misi astronomi radio, meskipun hanya sebagian kecil.

Tetapi yang jauh lebih penting adalah bagaimana astronomi radio telah memberdayakan para astronom yang serius yaitu mereka yang dibayar untuk mempelajari bintang-bintang yang berjarak beberapa tahun cahaya.

Serta, untuk mempelajari lubang hitam yang tidak pernah bisa kita lihat dengan teleskop kita.

Juga untuk mengumpulkan penelitian dan data tentang seluruh alam semesta yang sebaliknya tidak mungkin diketahui dan dipahami semua orang.

Ini adalah pekerjaan penting yang terus menerus berlangsung di dunia astronomi.

Kita harusnya layak untuk mengikuti dan belajar lebih banyak karena kami baru saja menggaruk permukaan dalam diskusi singkat kami hari ini.

Tetapi memahami betapa pentingnya astronomi radio hanya akan memperdalam dan menjadikan cinta dan pemahaman Anda lebih bermakna pada bidang besar pengetahuan yang dikenal sebagai astronomi ini.
Baca Juga :

Artikel Terkait