Senin, 18 Mei 2020

Penting!!! Ada Manfaat, Ada Juga Kerumitan Saat Belanja Online

Tags




Artikel I. Berikut Ini Manfaat Belanja Online

Belanja online menjadi semakin populer karena berbagai alasan.
Photo by Roberto Cortese on Unsplash

Tentu saja ada faktor-faktor luar seperti kenaikan harga gas, kesulitan masuk ke toko tradisional dan kerepotan yang sering dikaitkan dengan berbelanja di mal dan toko tradisional lainnya.

Maka hal itu dapat berkontribusi baik pada meningkatnya minat belanja online masyarakat.

Namun, ada juga banyak manfaat yang membuat belanja online menjadi pilihan terbaik bagi banyak pembeli yang sibuk bekerja.

Beberapa manfaat ini termasuk kenyamanan, kemampuan belanja perbandingan dan opsi pengiriman ekspres dan artikel ini akan membahas masing-masing manfaat ini secara lebih rinci.

1. Kemudahan Belanja Online

Salah satu manfaat paling nyata dari belanja online yang tidak dapat diabaikan adalah kenyamanan.

Salah satu kenyamanan belanja online yang paling dinikmati oleh banyak orang adalah kemampuan berbelanja untuk produk atau layanan pada waktu yang nyaman bagi konsumen.

Pengecer online menerima pesanan 24 jam sehari sementara konsumen yang ingin berbelanja di toko tradisional harus menyediakan waktu untuk mengunjungi toko selama jam kerja normal.

Ini bisa menjadi ketidaknyamanan besar terutama bagi pembeli yang bekerja berjam-jam atau pembeli yang bekerja tidak terjadwalkan.

Belanja online menghilangkan kekhawatiran ini karena pembeli hanya dapat mengakses toko online dari komputer mereka setiap kali mereka memiliki waktu luang.

Kenyamanan lain dari belanja online adalah kemampuan untuk memesan produk dari seluruh dunia.

Pembeli tidak lagi terbatas pada produk yang ditawarkan oleh pengecer lokal karena sebagian besar pengecer online menawarkan pengiriman ke banyak lokasi berbeda.

Ini dapat memudahkan pembeli online untuk mendapatkan barang yang sulit ditemukan atau barang yang merupakan spesialisasi regional dari area tertentu.

2. Bisa Membandingkan Toko dan Produk Belanja Online

Manfaat besar lain dari belanja online adalah kemampuan untuk membandingkan toko dan produk dengan mudah.

Alih-alih berlarian ke beberapa toko tradisional yang berbeda dan mencoba mengingat atau menuliskan detail seperti harga dan fitur, pembelanja dapat dengan mudah membuka dua atau lebih browser untuk dengan mudah membandingkan lebih dari satu item.

Selain itu, ada beberapa situs web dan pengecer online yang membuat perbandingan belanja menjadi lebih mudah.

Situs web ini bahkan dapat menyediakan bagan yang membandingkan fitur untuk produk yang serupa untuk memungkinkan pembelanja online membuat perbandingan yang akurat dari dua item atau lebih sebelum melakukan pembelian.

Keuntungan lain dari perbandingan belanja online adalah memberi konsumen kemampuan untuk membandingkan barang-barang yang mungkin tidak tersedia di lokasinya.

Ini penting karena beberapa barang mungkin hanya tersedia di beberapa bagian negara. Ini dapat membuat membandingkan barang sulit untuk pembeli tradisional.

Namun, pembeli online dapat dengan mudah membuat perbandingan ini dan belajar lebih banyak tentang produk serupa yang membantu mereka membuat keputusan sebaik mungkin.

3. Menggunakan Opsi Pengiriman Ekspres saat Berbelanja Online

Salah satu keuntungan berbeda dari belanja online adalah metode pengiriman yang tersedia.

Opsi ini sangat bermanfaat bagi pembeli online yang bermasalah karena sering menunggu sampai menit terakhir untuk membeli barang sebagai hadiah atau barang yang diperlukan karena alasan lain.

Untuk pembeli online ini, paket pengiriman kilat adalah salah satu fitur yang paling menguntungkan.

Meskipun pembelanja akan membayar lebih banyak untuk opsi pengiriman ekspres, pembelanja akan memiliki keuntungan untuk dapat membeli suatu barang sehari sebelum barang diperlukan dan mengirimkan barang langsung ke pihak yang diperlukan.

Opsi pengiriman bermanfaat lainnya sering kali mencakup pemasukan paket hadiah serta opsi pengantaran kado.

Ini sangat penting bagi pembeli online yang tertarik untuk mengirimkan hadiah kepada teman dan anggota keluarga.

Ini dapat menghemat banyak waktu pembelanja online karena mereka dapat pelayanan membeli hadiah yang dikirim langsung ke teman atau anggota keluarga.

Sebagai perbandingan dari membeli hadiah yang dikirim ke diri mereka sendiri terlebih dahulu dan kemudian harus membungkus hadiah dan mengirimkannya kembali ke penerima.

Kemampuan untuk mengirim tanda terima hadiah juga penting karena memungkinkan penerima hadiah untuk mengembalikan atau menukar barang tetapi tidak mengungkapkan harga yang dibayarkan untuk hadiah.

Artikel II. Beberapa Kerumitan Belanja Online
Photo by Arif Riyanto on Unsplash

Belanja online menawarkan berbagai manfaat bagi konsumen seperti kemampuan berbelanja ketika nyaman, berbagai pilihan pengiriman, kemampuan berbelanja dengan pengecer yang berlokasi di seluruh dunia dan perbandingan belanja yang mudah tetapi ada juga kerugian saat belanja online.

Artikel ini akan membahas beberapa kerepotan belanja online termasuk berurusan dengan koneksi Internet yang lambat, membuat kesalahan ketika melakukan pemesanan dan masalah yang diakibatkan oleh kegagalan membaca cetakan kecil.

1. Berurusan dengan Koneksi Internet yang Lambat

Tidak ada yang lebih menyebalkan bagi pembelanja online daripada koneksi Internet yang lambat atau pemuatan situs web dengan sangat lambat.

Hal ini dapat menimbulkan masalah karena dapat menghabiskan banyak waktu bagi pembelanja untuk menemukan barang yang mereka cari dan melakukan pembelian.

Masalah-masalah ini mungkin disebabkan oleh koneksi Internet yang dimiliki penjual, ukuran halaman yang ia coba muat atau kualitas server tempat situs web pengecer online dihosting.

Terlepas dari penyebab masalah itu bisa sangat frustasi dan dapat sangat mempersulit proses melakukan pembelian online.

Situs web yang memuat dengan lambat dapat menyebabkan banyak waktu yang hilang yang dapat memengaruhi kepuasan pembeli dengan pengalaman belanja online.

Ini juga dapat mengurangi daya tarik belanja online dengan membuat prosesnya jauh lebih tidak nyaman.

2. Membuat Kesalahan dengan Order

Masalah lain yang mungkin terjadi selama proses belanja online adalah membuat kesalahan saat melakukan pemesanan.

Meskipun masalah ini dapat terjadi selama semua jenis belanja, sering kali bisa sangat sulit untuk diperbaiki saat berbelanja online.

Selama proses belanja online, pembeli dapat memesan dan menerima email konfirmasi pesanan hampir secara instan.

Setelah memeriksa status pesanan, pembelanja mungkin menemukan kesalahan tetapi juga cepat mengetahui bahwa memperbaiki kesalahan ini tidak mudah.

Ini karena banyak pengecer online mengotomatiskan proses belanja mereka yang membuatnya sulit untuk memperbaiki kesalahan secara manual.

Misalnya seorang pembelanja yang menyadari bahwa dia menggunakan alamat pengiriman yang salah dapat mengetahui bahwa pesanan telah memasuki proses pengiriman dan tidak dapat lagi diperbaiki dalam beberapa menit setelah pesanan dilakukan.

Pesanan mungkin tidak secara teknis dikirimkan untuk satu atau dua hari tetapi setelah pesanan ditransfer ke pengirim, pengecer mungkin tidak lagi dapat melakukan perubahan pada pesanan untuk konsumen.

Oleh karena itu konsumen harus selalu hati-hati meninjau pesanan sebelum mereka mengirimkan pesanan untuk menghindari kesalahan yang mungkin sulit untuk diperbaiki.

3. Membaca Informasi Pemesanan dan Teknis Pembelian

Akhirnya, pembeli online harus selalu membaca dengan cermat informasi kecil sebelum mereka melakukan pembelian.

Ini termasuk informasi seperti deskripsi produk, opsi pembayaran, biaya produk, pajak, opsi pengiriman dan kebijakan pengembalian.

Semua informasi ini penting karena kegagalan untuk memahami informasi ini dapat mengakibatkan masalah seperti membeli produk yang salah atau membayar lebih untuk suatu produk daripada yang diharapkan.

Mungkin juga ada masalah jika konsumen perlu mengembalikan produk dan tidak memahami kebijakan pengembalian sebelum melakukan pembelian.

Hal ini dapat menyebabkan pembelanja tidak dapat mengembalikan barang atau bertanggung jawab atas biaya pengiriman.
Baca Juga :